4 Jenis Reel Mancing


  Malam Sobat Reels mancing. Sebelum mulai mancing alangkah baiknya kita kenali dulu Jenis Reel untuk mancing dan kegunaannya. Reel adalah piranti atau alat pancing yangdiguankan untuk menggulung senar atau tali pancing bagi para pemancing sekalian yang mana alat ini memberikan kemudahan bagi kitadlam menggulung senar, melempar umpan bahkan saatbertarung dengan ikan yang kita pancing.

  Sebenarnya Banyak Jenis reel yang ada di dunia ini, namun yang sering kita jumpai ada 4 jenis Reel Untuk Mancing :

 1. Reel Spincasting

 2. Reel Spining


3. Reel baitcasting/troling


4. Reel fly 


  secara umum reel tersebut di peruntukan sesuai dengan fungsinya masing masing, apakah bisa reel satu digunakan untuk semua jenis mancing? memang bisa mas bro .... tapi apa efektif? tentu saja tidak. karena masing masing jenis reel punya kelebihan dan kekurangan masing masing. berikut adalah fungsi dari setiap jenis reel.


1. Ril Spincasting

  Ril jenis ini sangat ideal untuk pemancing pemula, karena penggunaanya yang relatif mudah. Ril jenis ini biasanya digunakan untuk memancing ikan yang tidak terlalu besar. Ril ini memerlukan joran khusus spincasting yang memiliki guide line / pengatur senar diatas. Karena pemasangan ril ini juga berada diatas joran. Untuk menggunakan ril ini sangat mudah, di atas ril ini terdapat tombol, jadi ketika kita akan melempar umpan ke tengah perairan tombol itu ditekan, sehingga senar akan keluar pada saat kita melempar.




2. Ril Spinning

  Ril Spinning atau Spinning Reel adalah ril yang biasa kita jumpai dan biasa digunakan oleh para pemancing pada umumnya. Ril ini juga sering di sebut ril open-face karena tidak ada penutup pada gulungan senar. Ril ini biasanya dipasang dibawah pegangan joran. Untuk menggunakan ril ini pertama kita buka dulu pengalaman gulungan / bail , setelah itu gunakan jari telunjuk untuk menahan senar sebelum melakukan lemparan. Setelah umpan dilempar, lepaskan jari telunjuk dan kembalikan pengaman ke posisi semula. Ril ini mungkin agak sulit digunakan bagi pemancing pemula.


3. Ril Baitcasting

  Ril ini biasanya digunakan oleh para pemancing pro, karena ril ini memerlukan kontrol yang baik saat kita melempar umpan. Jika tidak, akan membuat senar kusut. Tidak semua pemancing memiliki kemapuan untuk mengontrol ril baitcasting ini, sehingga hanya pemancing pro saja yang sering menggunakan ril jenis ini.









4. Ril Fly 

  Ril ini jarang kita jumpai di negara kita, karena teknik fly fishing jarang digunakan disini. Ril ini lebih banyak berfungsi hanya untuk menggulung senar saja. Karena teknik fly fishing adalah teknik memancing dengan menggunakan umpan yang sangat ringan, perlu keahlian khusus untuk melakukan teknik ini.





Related Posts:

0 Response to "4 Jenis Reel Mancing"

Post a Comment