Jenis Jenis Joran Pancing


  Banyak sekali jenis joran yang ada di kalangan pemancing. Joran yang digunakan dalam memancing berfariasi, Umumnya dibedakan berdasarkan teknik yang akan digunakan dalam memancing. Hal itu terkait dengan kelenturan dan kekuatannya maupun terkait dengan panjang pendek joran. Joran merupakan piranti wajib dalam memancing. Peran joran sangatlah penting, Maka dari itu alangkah baiknya kenali dulu jenis - jenis joran dan fungsi dari setiap joran. Hal ini sangat menunjang hasil memancing kalian.




  Dan berikut jenis - jenis joran yang wajib angler semua ketahui. Diantaranya :

1. Surf Casting Rod

  Joran ini biasa digunakan untuk memancing dari pinggiran karang atau pantai, ukurannya bisa mencapai 5 meter, mempunyai dudukan reel yang kuat dan grip yang besar untuk dipegang oleh kedua tangan waktu melempar umpan.

  Karena ukuran joran dan pemberat yang besar pula angler bisa melempar umpan hingga ratusan meter, Misalnya Pendulum Cast. Joran ini sama dengan joran yang lain bedanya joran ini punya ukuran yang panjang, Sehingga joran ini sangat cocok digunakan di pinggiran karang atau pinggiran pantai.

2. Ice Fishing Rod



  Joran ini cocok digunakan untuk memancing di es. Seperti daerah kutub selatan maupun kutub utara. Dimana kondisi air danau, kolam, pantai yang membeku dengan cara membuat lubang es. Joran ini cocok digunakan di lubang es karena ukurannya yang pendek sekitar 80 - 100 cm. Jenis reel yang cocok adalah spinning reel.

3. Fly Fishing Rod

  Joran jenis ini mempunyai ukuran yang panjang dengan diameter yang kecil tetapi punya kelenturan yang tinggi. Meski diameternya kecil joran ini dirancang mampu melempar umpan khusus berbentuk tipis dan ringan dengan jarak yang jauh. Sedangkan reel yang cocok untuk joran ini fly fishing reel.

4. Trolling Rod

 
  Joran trolling rod khusus digunakan untuk memancing dengan teknik trolling, Yakni memancing dengan cara menyeret umpan buatan maupun alami dengan kapal yang berjalan. Teknik ini cocok diaplikasikan di laut, sedangkan ukurannya 5 feet sampai 7 feet.

  Ada 2 tipe line guide untuk joran trolling, yaitu light dan medium trolling sampai dengan 50lbs yang biasanya menggunakan ring Gide. Untuk heavy trolling 50lbs keatas menggunakan roller guide. Semua tipe joran trolling menggunakan tipe Overhead Reel.

5. Baitcasting Rod

  Baitcasting biasanya dipakai untuk casting umpan dilokasi - lokasi yang sulit terjangkau seperti semak belukar, ranting. Baitcasting cocok dipakai dengan overhead rod. Beda joran ini dengan yang lain, joran ini ditandai dengan adanya pegangan untuk jari menyerupai senapan.

6. Spinning Rod

  Spinning Rod adalah joran yang digunakan untik casting umpan jarak jauh dengan menggunakan akurasi lemparan. Joran ini banyak dipakai di indonesia karena pemakaiannya yang mudah dan harganya relatif terjangkau. Joran ini digunakan dengan Spinning Reel.

7. Popping Rod

  Joran popping menggunkan spinning reel untuk mengggulung senar. Popping Rod adalah joran untuk mancing dengan teknik Popping yakni melempar umpan buatan dari kayu atau plastik yang disebut Popper. Teknik ini ampuh digunakan untuk mancing ikan predator,baik predator air tawar maupun air asin.

8. Jigging rod
 
   Jigging rod digunakan dengan memancing tekhnik jigging, yaitu memancibg dengan umpan berbentuk metal jig. Umpan ini dilempar kemudian ditarik tarik, sehingga seolah seperti hewan kecil yang sedang berenang. Hal ini akan menarik ikan predator untuk menyambar umpan. Dengan pemakaian metal jig juga menimbulkan bunyi bunyian yang akan menarik predator. Joran jigging punya ukuran besar dan kekuatan dan kelenturan yang lebih karena umpan yang biasanya mencapai setengah  kilogram.

9. Joran Tegek

  Joran jenis ini paling beda dengan yang lain. Joran tegek tidak memerlukan reel untuk menggulung senar. Karena joran tegek memang dikhususkan untuk spot yang dekat jadi tidak memerlukan reel untuk melempar umpan. Joran tegek biasa digunakan di danau, rawa maupun sungai dengan spot yang sulit. Kelebihan joran ini punya kelenturan yang tinggi serta mudah pemakaiannya.
Joran ini mudah dibawa kemana mana karena joran ini bisa dilipat menjadi kecil.

  Sebenarnya masih banyak jenis joran yang digunakan pemancing. Tadi macam - macam joran diataslah yang paling sering angler gunakan untuk memancing. Sekian ulasan dari mimin tentang jenis - jenis joran pancing.





Related Posts:

0 Response to "Jenis Jenis Joran Pancing"

Post a Comment