Jenis Jenis Kail Berdasarkan Cara Makan Ikan


  Dalam memancing tidak bisa lepas dari mata kail. Mata kail merupakan piranti yang sangat penting dalam memancing. Bayangkan bila memancing tanpa menggunakan mata kail, hal itu pasti akan sangat menyulitkan. Piranti inilah yang langsung bersentuhan dengan ikan, fungsi mata kail adalah mengaitkan ikan dengan ujung yang tajam sehingga ikan tidak bisa lepas. Tiap ikan mempunyai cara makan yang berbeda beda, ada yang makan dengan cara menyambar, meragut, memagut, dan menghisap. Kali ini mimin akan menjelas tentang jenis jenis mata kail berdasarkan cara makan ikan. untuk itu kita harus tau cara makan ikan target kita, sehingga kita tahu mata kail yang tepat untuk dipakai. Hal itu akan sangat mempengaruhi kesuksesan kita dalam memancing.


Berikut jenis-jenis Mata Kail berdasarkan cara makan ikan

1. Menyambar

Untuk ikan jenis ini disarankan pemancing untuk menggunakan mata kail "Tuna Hook" dimana mata kail ini tegak lurus kepangkal. Mata kail ini di sarankan karena apabila ikan tersebut menyambar, mata kail akan terus mengait ikan tersebut. Kelebihan dari mata kail ini mempunyai daya tahan dari hentakan yang lebih kuat. Menurut penelitian kuat hentakan 10 kali lebih kuat dari berat ikan, jadi bila ikan itu beratnya 5 kg maka kekuatan saat hentakan bertambah jadi 50 kg. Bayangkan jika kail yang kita pakai tidak seimbang pastinya kail akan langsung patah.

2. Meragut

Biasanya ikan dengan cara makan meragut memakan umpan dalam keadaan diam. Hal seperti ini terjadi pada saat kita gunakan teknik glosor/tekhnik dasaran. Pada saat makan ikan tidak menelan umpan tetapi hanya menempel dimulut saja, jadi tidak dianjurkan untuk menghentakan joran ketika umpan dimakan. Tunggu hingga umpan benar benar dimakan, lalu tarik dan gulung senar. Sedangkan untuk penggunaan kail dianjurkan gunakan dengan ujung membengkok atau "Circle Hook".

  Kelebihan dari mata kail ini tidak akan melukai ikan target karena mata kail hanya terkait dibibirnya saja.

3. Memagut

  Umumnya cara makan seperti ini dikakukan oleh ikan berukuran kecil. Ikan ini makan umpan tanpa banyak pergerakan dan dalam kondisi diam. Disarankan gunakan mata kail lurus atau kail dengan ujung yang mencuat kedepan. Untuk ukuran mata kailpun disarankan gunakan mata kail ukuran kecil, lakukan hentakan ketika ada tanda tanda umpan dimakan, karena ikan jenis ini tidak akan menyambar umpan.



4. Menghisap

  Cara makan jenis ini umumnya dimiliki pada ikan predator. Ikan predator menghisap umpan lalu memotongnya dengan gigi tajam didalam mulut. Adapun untuk jenis kail yang cocok yaitu mata kail dengan tangkal dan panjang. Ikan predator lebih agresif dalam memakan umpan. Oleh karen itu disarankan agar menghentakan joran ketika ada tanda tanda umpan dimakan.


 Sekian ulasan mimin tentang beberapa jenis kail berdasarkan cara makan ikan. Semoga bisa menambah pengetahuan angler(pemancing) semua.





0 Response to "Jenis Jenis Kail Berdasarkan Cara Makan Ikan"

Post a Comment