Umpan Jitu Mancing Ikan Muajir/Nila Liar


Makasih buat sobat reelsmancing semua yang sudah berkunjung ke blog ini. Kali ini mimin akan bahas tentang Umpan mancing Ikan Mujair / Nila liar. Sobat reelsmancing pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini, ikan nila banyak dijumpai di sungai, danau, rawa, waduk, maupun kolam. Sebenarnya  kampung halaman ikan nila berasal dari Afrika. Ikan Muajir dibawa ke indonesia oleh bapak mujair, dan dari situlah nama mujair berasal. Ikan satu ini termasuk salah satu jenis ikan air tawar yang sangat mudah dalam perkembangbiakannya. Ikan Nila juga banyak dibudidayakan karena rasanya yang gurih. Selain itu nilai jual untuk ikan ini cukup tinggi, selain itu ikan nila banyak dijadikan sebagai target mancing para mancing mania.



Sebenarnya tidak susah memancing ikan nila, karena ikan air tawar ini bersifat omnivora atau pemakan segala. Banyak jenis umpan yang bisa kita gunakan seperti  cacing, serangga - serangga kecil, pelet, maupun lumut. Namun umpan paling jitu mancing ikan nila liar adalah lumut. Untuk penggunaan lumut boleh lumut yang masih muda kehijauan atau yang tua kehitaman yang penting serat lumut panjang sehingga gampang di pasang dikail. Umpan lumut banyak ditemukan di pinggir sungai, rawa, maupun sawah. Umpan lumut dibedakan menjadi 3 berdasarkan teksturnya.

Jenis jenis lumut berdasarkan teksturnya.

1. Lumut bertekstur halus

Lumut jenis ini mempunyai tekstur yang kecil dan halus menyerupai kapas, jenis ini sangat disukai ikan nila berukuran kecil atau anakan. Mamun terkadang ikan nila besar ikut memyambar, tergantung keberuntungan kita.

2. Lumut bertekstur sedang

Jenis ini memiliki helaian yang kasar dan campuran halus, hal itu memudahkan lumut dililitkan ke kail. Lumut jenis ini banyak dijumpai di air yang keruh dan kotor. Seperti di saluran air dan juga got samping rumah.

3. Lumut Bertekstur kasar

Memiliki helaian yang besar - besar dan cenderung kasar menyerupai sapu ijuk. Jenis ini sangat disukai ikan nila babon. Karena teksturnya yang kasar sehingga cukup susah dililitkan ke kail. Tapi tenang sobat reels mancing tak perlu khawatir. Tambahkan sedikit garam pada lumut terus aduk hingga rata sehingga teksturnya lebih lembut dan halus.

Untuk penggunaannya cukup tempatkan lumut di ember kecil serta tambahkan sedikit air. Agar lumut bisa bertahan lebih lama jauhkan dari paparan langsung sinar matahari. Disarankan agar JANGAN menggunakan bahan kimia seperti essen, vanilli, meski penggunaan bahan kimia akan lebih menarik umpan target tapi justru menambahkan bahan kimia akan membuat lumut cepat membusuk. Penambahan jentik jentik nyamuk pada lumut juga disarankan agar ikan nila lebih tertarik menyantapnya.

Untuk teknik memancing ikan nila liar biasanya angler (pemancing) menggunakan teknik semi casting dengan menggunakan pelampung. Teknik semi casting dirasa paling jitu mancing ikan nila liar dengan lumut. Namun terkadang banyak angler memakai teknik glosor yaitu umpan dilempar sampai kedasar air tanpa menggunakan pelampung.





Related Posts:

0 Response to "Umpan Jitu Mancing Ikan Muajir/Nila Liar"

Post a Comment