6 Jenis Ikan Nila Terbaik Yang Cocok Untuk Budidaya


  Ikan Nila merupakan salah satu ikan konsumsi yang banyak dicari di indonesia. Karena rasanya yang gurih ikan nila menjadi ikan favorit untuk dikonsumsi. Melihat peluang yang begitu menggiurkan para pengusaha barlomba lomba membudidayakan ikan nila terbaik. Nilai jual ikan nila pun tergolong tinggi yakni sekitar Rp. 25.000,- sampai Rp. 35.000,-. Habitat asli ikan nila adalah sungai, danau, rawa dan sawah.

  Sebelum memulai usaha budidaya ikan nila ada baiknya kalian pilih bibit dari jenis ikan nila terbaik. Budidaya ikan nila sebenarnya tergolong gampang, hanya bermodal wadah atau kolam seadanya. Yang paling penting dalam hal budidaya sebenarnya bibit yang unggul. Pemilihan bibit yang unggul akan sangat mempengaruhi kualitas panen nantinya.


 Banyak jenis ikan nila yang bisa dibudidayakan diantaranya:

1. Ikan Nila Best



  Ikan nila yang ini mempunyai beberapa keunggulan dari pada ikan nila yang dipelihara masyarakat. Ikan nila best mempunyai daya tahan yang lebih di bandingkan yang lain. Selain itu ikan nila yang satu ini mempunyai perkembangan yang lebih cepat dibandingkan ikan nila lokal. Pada umumnya ikan nila lokal membutuhkan waktu sekitar 6 bulan hingga masa panen. Namun ikan nila best hanya butuh 4 bulan saja sampai masa panen.

2. Ikan Nila Srikandi



  Ikan nila srikandi mempunyai keunggulan yakni mempunyai daya tahan yang lebih terhadap segala macam penyakit.

3. Ikan Nila Larasati



  Ikan nila yang satu ini merupakan hasil persalingan dari ikan nila hitam dan nila merah. Daya tahan ikan ini terhadap penyakit lumayan bagus. Disamping itu ikan nila larasati mempunyai daging yang tebal.

4. Ikan Nila Gesit



   Sebenarnya ikan nila yang satu ini tidak jauh beda dengan ikan nila lokal pada umumnya. Bedanya ikan ini lebih cepat pertumbuhannya dibandingkan ikan lokal.

5. Ikan Nila Jatimbulan



  Ikan nila yang satu ini merupakan hasil rekayasa dari unit pelaksana teknis PBAT jawa timur. Keunggulan ikan nila jatimbulan mempunyai waktu pertumbuhan yanh lebih cepat dari jenis lainnya. Selain itu ikan jenis ini punya daging yang kenyal.

6. Ikan Nila Nirwana



Selain mempunyai daging yang kenyal ikan nila satu ini lebih cepat pertumbuhannya. Ikan ini bisa mencapai ukuran 1 kg hanya dalam waktu 6 bulan.

  Itulah jenis jenis ikan nila yang cocok untuk anda budidayakan. Sekian dan terimakasih semoga bisa bermanfaat.





Related Posts:

0 Response to "6 Jenis Ikan Nila Terbaik Yang Cocok Untuk Budidaya"

Post a Comment