Bisnis Kolam Pemancingan Yang Menggiurkan


  Hobi memancing memang sangat mengasikan. Tidak bisa dipungkiri bahwa hobi memancing akhir akhir ini meningkat tajam. Hal ini tidak disia siakan oleh pengusaha yang melirik kesempatan dan berinvestasi di bidang ini. Meski bisnis ini tergolong tidak murah alias butuh biaya yang banyak, namun tetap banyak pengusaha yang tetap berinvestasi di bidang ini karena sangat potensial. Meski begitu pengusaha harus memperhitungkan untung rugi dari setiap usaha yang akan dibangun.


  Banyak jenis kolam pemancingan yang ada mulai dari kolam galatama, kolam harian, kolam kiloan, kolam rilis atau kolam strike. Tapi umumnya para pengusaha membuka kolam jenis harian dan kolam kiloan. Memang 2 jenis kolam inilah yang paling diminati oleh para angler(pemancing). Namun kolam galatama dan rilis juga tidak bisa diremehkan, akhir akhir ini kolam galatama dan rilis mulai banyak diminati angler. Untuk itu sebelum berinvestasi di bidang pemancingan ada baiknya investor tau mengenai gambaran kolam pemancingan yang baik. Kali ini mimin akan menggambarkan tentang kolam pemancingan.


Berikut ini gambaran beberapa jenis  kolam pemancingan.

1. Kolam Pemancingan Harian

Kolam pemancingan harian merupakan jenis kolam pemancingan yang paling banyak peminatnya. Sistem kolam pemancingan harian yaitu setiap pemancing mebayar dengan harga 1 kilogram ikan untuk kemudian dilepas di kolam pemancingan. Setiap pemancing dibatasi maksimal 2 joran. Untuk waktu memancing biasanya dimulai dari jam 07:00 sampai 17:00. Semua ikan dari pemancing dilepas dan di perebutkan oleh semua pemancing. Disini skill masing masing pemancing sangat dibutuhkan, begitu pula dengan umpan.  Umpan terbaiklah yang bakal dapat ikan paling banyak.

2. Kolam Pemancingan Kiloan

  Jenis kolam pemancingan ini memakai sistem kiloan yaitu pemancing membayar hasil pancingan mereka dengan cara menimbangnya. Misal angler dapat 4 ekir ikan setekah ditimbang beratnya 2,5 kilogram berarti pemnacing hardan harga perkilonya Rp30.000,- jadu pemancing harus membayar Rp.75.000,-. Kolam pemancingan kiloan sangat cocok untuk pemancing yang mebawa keluarga misal anak dan istri.

3. Kolam Pemancingan Galatama/Lomba

  Untuk kolam pemancingan galatama perlu diperhatikan dan perawatan lebih dari pada kolam harian dan kolam kiloan. Oleh karena itu biaya perawatan lebih besar dari pada kola pemancingan yang lain. Kolam galatama biasanya juga memakai pompa air agar sirkulasi didalam kolam bisa terjaga kadar oksigennya. Biasanya ikan yang kolam galatama berupa ikan mas, tetapi ada juga yang memakai ikan lele dengan bobot ikan rata rata mencapai 1/2 kg sampai 3 kg. Untuk aturan main kolam galatama yaitu setiap peserta galatama/lomba membayar dengan harga yang ditentukan setelah itu dikumpulkan untuk nantinya dijadikan hadiah. Pemenang lomba ditentukan dari berbagai katagori mulai dari ikan terberat, jumlah terberat, ikan target atau babon, dengan nominal hadiah yang sudah ditentukan panitia.

4. Kolam Pemancing Rilis / Kolam Strike

  Jenis kolam pemancingan yang satu ini paling beda dengan kolam kolam yang lain. Dimana tidak akan ada ikan atau hadiah yang bisa pemancing bawa pulang. Disini pemancing memancing hanya untuk mencari sensasi strik yang beda yakni ikan dengan bobot 2 kg sampai puluhan kilogram. Dan memang pemilik pemancingan sengaja melepas ikan dengan ukuran jumbo dengan jumlah ratusan ikan untuk setiap kolam. Untuk ukuran kolam rilis juga harus luas agar pemancing bisa melempar umpan lebih jauh dan bisa merasakan strik yang lebih puas. Untuk harganya pun pasti lebih mahal dari kolam pemancingan yang lain. Biasanya pemilik pemancingan membandrol dengan harga kisaran Rp.15.000,- per jamnya atau Rp. 120.000,- perharinya. tapi menurut saya harga itu juga sebanding dengan kepuasan memancing ikan ikan babon yang ada dikolam.

  Itu sedikit gambaran tentang jenis jenis kolam pemancingan yang perlu kalian ketahui sebelum terjun ke bisnis ini. Semoga gambaran diatas bisa bermanfaat.

Salam GENTAKK!! MANTAP!!





Related Posts:

0 Response to "Bisnis Kolam Pemancingan Yang Menggiurkan"

Post a Comment