Jenis - Jenis Snakehead / Gabus Yang Hidup Di Dunia


  Snakehead merupakan ikan predator yang mempunyai ciri ciri fisik badan memanjang, mempunyai sirip atas, dan kepala seperti ular (inilah kenapa diberi nama snakehead). Snakehead ditemukan hampir di seluruh benua asia dan juga afrika. Di indonesia sendiri snakehead banyak dikenal sebagai predator air tawar dengan banyak nama seperti bayong, kutuk, licingan, kocolan, gabus, aruan, haruan, dan lain lain.

  Sekilas ikan ini mempunyai kepala mirip ular itulah alasan kenapa diberi nama snakehead. Sebenarnya nama snakehead berasal dari bahasa inggris yang artinya kepala ular. Snakehead menyebar di benua Asia dan Afrika dan mempunyai sekitar 30 jenis didunia. Ikan ini mempunyai daya tahan tubuh yang baik. Snakehead mampu bertahan hidup dibawah 0' celcius. Snakehead bisa mencapai ukuran hingga 1.5 meter dan berat hingga puluhan kilo.


  Berikut ini contoh jenis jenis snakehead yang ada di dunia :

1. Toman



2. Gabus


3. Channa Diplograma



4. Channa Pulchra



5. Channa Micropeltes



  Snakehead banyak ditemukan di sungai, rawa, sawah dan juga danau. Di habitat aslinya ikan ini memangsa ikan ikan kecil, serangga, kodok dan hewan hewan kecil lainnya. Kebanyakan dari snakehead hidup di air yang tenang dan agak keruh. Namun ada juga jenis snakehead yang hidup di air yang berarus deras. Jumlah meraka di alam liar sangat banyak karena snakehead termasuk puncak rantai makanan di habitat aslinya.

  Selain menjadi ikan konsumsi snakehead juga dijadikan ikan hias, karena dari beberapa jenis mempunyai corak yang indah. Untuk memelihara snakehead sebagai ikan hias pastinya diperlukan aquarium yang luas karena ukuran dewasa ikan ini memang cukup besar. Perawatan ikan ini tidaklah susah cukup beri makan secukupnya dan bahkan di air yang kadar oksigennya rendah sekalipun.





0 Response to "Jenis - Jenis Snakehead / Gabus Yang Hidup Di Dunia"

Post a Comment