Tips Cara Budidaya Ikan Bawal Untuk Pemula


  Pernahkan kalian berfikir ingin membuka usaha tapi bingung mau usaha apa?? Pasti pernah bukan. Suatu bidang usaha memang akan terasa berat dan membingungkan ketika akan memulainya. Tapi lama kelamaan pasti akan terbiasa, Dan soal untung dan rugi tidak perlu kalian pikirkan jauh jauh. Yang paling utama dalam menjalankan usaha adalah niat yang bulat. Ada banyak sekali jenis usaha yang bisa kita jalankan namun akhir akhir ini usaha budidaya ikan mulai menjamur di indonesia. Dan kali ini mimin akan berbagi tips budidaya ikan bawal untuk pemula. Pasaran ikan bawal di indonesia terbilang cukup banyak, kebutuhan akan ikan bawal ini di manfaatkan para pengusaha untuk membudidayakannya. Ikan asli sungai amazon ini mempunyai nilai jual yang cukup tinggi, di indonesia harga perkilonya kisaran Rp.25.000,- sampai Rp.50.000,-.




  Sebelum memulai budidaya ikan bawal ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Diantaranya:

1. Siapkan kolam

  Kolam berfungsi sebagai media pembesaran atau tempat menampung ikan. Buat kolam dengan ukuran yang diinginkan, misalnya kolam tanah, kolam semen, atau kolam dengan terpal. Setelah kolam siap masukan air dan diamkan kurang lebih 3 hari.

2. Pemilihan bibit

Pemilihan bibit yang tepat akan sangat berpengaruh untuk kesuksesan budidaya. Bibit yang baik mempunyai ukuran 5 sampai 10 cm. Pilih bibit yang sehat dan lincah karena akan mempengaruhi perkembangan ikan itu sendiri.

3. Proses pembesaran

  Pada waktu proses pembesaran banyak hal yang harus diperhatikan. Antara lain pakan, kondisi air ( ganti air secara rutin agar kondisi kebersihan air selalu terjaga). Untuk waktu pembesaran dari bibit ke masa panen kira kira 4 bulan.

4. Pemberian pakan

  Hal yang tidak kalah penting yaitu pakan. Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian pakan antara lain pemilihan pakan, waktu pemberian pakan, jumlah pakan, frekuensi pemberian pakan. Gunakan pakan berbentuk tepung pada saat benih baru ditebar. Seiring berkembangnya benih ganti pakan ke ukuran yang lebih besar. Beri pakan setidaknya 4 kali dalam sehari yaitu pagi, siang, sore, malam.

Budidaya ikan bawal sebenarnya tidak sulit yang terpenting perhatikan kondisi air serta berikan pakan secara rutin. Dalam budidaya ikan bawal biaya paling banyak di donasi untuk pakan. Biaya untuk pakan diperkirakan kisaran lebih dari 60 % biaya keseluruhan. Sedangkan sisanya 40 % digunakan untuk  pembelian bibit perawatan dan lain lain.






0 Response to "Tips Cara Budidaya Ikan Bawal Untuk Pemula"

Post a Comment