Tips Cara Merawat Reel Dan Joran Yang Benar Agar Tetap Awet


  Selamat siang angler semua?? Gimana pada sehat kan?? Kali ini mimin akan menjelaskan sedikit tentang tips dan trik merawat Joran dan Reel. Pastinya angler semua sudah tidak asing dengan piranti joran dan juga reel. Kedua piranti ini mempunyai fungsi yang sangat penting dan dua piranti ini yang paling rentan kerusakan. Reel berfungsi menggulung senar panring agar bisa menyimpan senar hingga puluhan meter. Sedangkan joran mempunyai fungsi sebagai piranti untuk membantu menghentakan pada saat umpan disambar. Joran juga mempunyai fungsi membantu melemparkan umpan agar bisa jauh ke spot yang dituju.


  Kedua piranti ini sangat menentukan hasil kita memancing. Dengan adanya reel dan joran bisa mengaplikasikan teknik trolling, jigging, casting, atau teknik standar lainnya. Mengenai harga angler semua pasti sudah tahu kisaran ratusan ribu rupiah sampai puluhan juta rupiah. Dan setiap pemancing pasti mempunyai piranti ini lebih dari satu bahkan lebih.

  Dalam memancing sangat disarankan menggunakan piranti terbaik, karena akan sangat berpengaruh dengan hasil pancingan. Piranti terbaik disini bukanlah soal harga tetapi kualitas piranti itu sendiri. Memang kualitas suatu barang ditetapkan dari sebuah harga, namun percuma saja bila piranti terbaik tapi tidak terawat. Terbaik yang saya maksud disini adalah piranti dengan harga yang standar tapi dengan perawatan rutin jadi reel atau joran tetap bagus kualitasnya.



  Untuk merawat reel dan joran sebenarnya tidaklah susah malah tergolong mudah. Tidak perlu waktu lama untuk merawat piranti kalian, yang terpenting perawatan secara rutin. Caranya basuh reel dan joran setelan memakainya, terutama setelah kalian memancing di laut. Kandungan garam pada air laut sekitar 3 sampai 20 % yang masuk kedalam reel dapat merusaknya. Bila hal itu dibiarkan dalam jangka panjang reel akan berkarat bahkan rusak. Basuh reel dengan air tawar tujuannya untuk menghilangkan debu dan pasir yang menempel.

  Bila perlu bongkar reel dan bersihkan bagian dalam dengan air. Setelah kering beri pelumas secukupnya pada sela sela gear lalu pasang kembali reel tersebut. Untuk joran cukup basuh dengan air lalu lap hingga kering. Perlu di ingat reel dan joran juga rentan rusak karena sinar matahari jadi simpan reel dan joran ditempat yang sejuk.

  Tips merawat reel dan joran seperti ini sudah lama mimin lakukan dan alhamdulillah sampai sekarang reel dan joran masih bagus. Sekian tips dari mimin semoga bermanfaat. Salam "STRIKE".





0 Response to "Tips Cara Merawat Reel Dan Joran Yang Benar Agar Tetap Awet"

Post a Comment