Beberapa Faktor Cuaca Yang Pengaruhi Hasil Pancingan


  Laut memang tempat yang sangat menarik buat para pemancing. Banyak spot - spot yang potensial bisa pemancing kunjungi. Tiap - tiap spot memiliki potensi strike yang menggoda, ikan - ikannyapun bervariasi. Dan yang paling penting banyak ikan - ikan monster yang menjadikan laut jadi tempat favorit pemancing. Memancing bisa dilakukan dari pinggir laut maupun tengah laut dari atas kapal. Untuk waktu memancing tidak terbatas bisa pagi, siang, sore bahkan malam hari. Namun memancing dilaut tergantung cuaca dan faktor alam. Faktor alam dan cuaca sangat penting pemancing ketahui karena berkaitan dengan keselamatan dan posisi ikan.



  Berikut ini faktor yang mempengaruhi hasil pancingan :

1. Faktor cuaca di atas permukaaan laut

a. Matahari dan Bulan
  Memancing paling baik dilakukan pada pagi hari sampai siang hari dan cuaca cerah. Sedangkan malam hari hindari saat bulan purnama atau bulan terang. Karena pada saat bulan purnama senar pancing akan terlihat menyala karena pantulan sinar bulan. Namun untuk mancing cumi - cumi dan udang justru dilakukan saat bulan terang karena cumi - cumi dan udang sangat menyukai cahaya.

b. Angin, Awan dan Ombak
  Faktor yang tak kalah penting adalah angin, ada tidaknya awan dipengaruhi dari angin. Angin juga mempengaruhi besar kecilnya ombak, pada saat ombak besar ikan ikan kecil akab berenang menuju tengah pantai. Tentunya ikan - ikan predator juga akan berenang mengikuti untuk mencari mangsa.

2. Faktor cuaca di dalam laut

a. Kejernihan laut
  Jernih tidaknya air laut akan berdampak jumlah ikan yang ada. Laut yang keruh dan tercemar mengakibatkan jumlah ikan berkurang. Matahari juga mempengaruhi jernih tidaknya air laut. Cuaca yang terik menjadikan air laut terlihat jernih.

b. Suhu Air Laut
  Kondisi air laut yan panas menyebabkan ikan berenang menuju tengah laut bahkan dasar laut. Sedangkan suhu air yang terlalu dingin menyebabkan ikan tidak nafsi makan. Suhu yang pas sekitar 26 - 35 derajat celcius.






0 Response to "Beberapa Faktor Cuaca Yang Pengaruhi Hasil Pancingan"

Post a Comment