Cara Budidaya Ikan Bandeng Lengkap Untuk Pemula


  Budidaya yang satu ini memang sangat menggiurkan. Ikan bandeng memang sangat menggiurkan karena ikan ini memiliki nilai jual yang lumayan tinggi. Dan memang budidaya ikan bandeng mulai berkembang pesat hingga saat ini. Selain perawatannya yang terggolong mudah, ikan bandeng juga tidak membutuhkan perawatan khusus. Ikan bandeng sudah sangat menjamur dan sudah melekat di lidah orang indonesia. Dan tak heran jika ikan bandeng salah satu ikan yang paling banyak dicari.


  Ikan yang habitat aslinya di air asin ini juga bisa hidup di air tawar. Jadi tak perlu kawatir buat para budidaya yang jauh dari pantai. Kalian juga bisa membudidayakan ikan bandeng di danau atau di waduk. Namun sebelum mulai budidaya kalian harus tahu step demi step yang harus dijalani. Inilah langkah langkahnya :
1. Pemilihan dan Persiapan Tambak
2. Pemilihan dan Penebaran Bibit
3. Pemberian Pakan.


1. Pemilihan Lokasi dan Persiapan Tambak

  Sebelum memulai budidaya tentunya petani harus mempersiapkan tempat. Rasanya tak mungkin budidaya tanpa tempat, setelah lokasi budidaya siap selanjutnya adalah pemberantasan hama. Keberadaan hama di tempat budidaya akan sangat mempengaruhi hasil panen nantinya. Biasanya hama berupa ikan mujair, ikan mujair akan sangat mengganggu pertumbuhan ikan bandeng bila terus dibiarkan. Ikan Mujair yang ada ditambak bersifat parasit karena ikut makan pakan yang seharusnya diperuntukan ikan bandeng. Gara gara hama ini biaya budidaya akan melonjak sedangkan keuntungannya berkurang. Petani juga perlu melakukan pemupukan. Pemupukan juga tidak boleh dianggap remeh, pemupukan bertujuan untuk menumbuhkan umpan umpan alami. Sehingga menambah nutrisi buat ikan bandeng.

2. Pemilihan dan Penebaran Bibit

  Bibit yang baik pada umumnya memiliki berat 50 gram perekor sedangkan panjangnya sekitar 7 sampai 10 cm. Tiap 1 meter persegi tebarkan kurang lebih 500 ekor bibit. Waktu pembesaran sampai masa panen kira kira sekitar 4 bulan dengan berat 400 sampai 450 gram perekor.

3. Pemberian Pakan

  Inilah faktor yang paling penting dalam budidaya. Pemberian pakan yang tidak tepat akan sangat berpengaruh pada hasil panen. Pemberian pakan harus disesuaikan dengan ukuran ikan. Tentunya pakan sewaktu ditebarkan dengan bibit umur 3 bulan berbeda ukurannya.


  Dari tahap tahap persiapan sampai masa panen saling berkaitan. Menghilangkan salah satu tahapannya akan sangat berpengaruh sukses tidaknya budidaya. Sekian tips dari mimin "admin". Semoga bermanfaat.





Related Posts:

0 Response to "Cara Budidaya Ikan Bandeng Lengkap Untuk Pemula"

Post a Comment