Piranti / Peralatan Yang Harus Pemancing Siapkan Saat Mancing Ikan Mas Kolam Harian


  Banyak sekali kolam pemancingan yang tersebar di Indonesia. Jenis ikannya pun beragam seperti ikan bawal, ikan patin, ikan nila, ikan lele, ikan mas dan masih banyak jenis yang lainnya. Dari sekian banyak jenis ikan pemancingan, ikan mas.lah yang paling diminati. Selain rasa dagingnya yang enak ikan mas memberikan perlawanan yang kuat saat strike terjadi.


  Kenapa kolam pemancingan ikan mas lebih disukai?? Ikan mas merupakan jenis ikan pemancingan yang paling sulit dipancing. Diperlukan umpan khusus agar bisa merasakan strike ikan ini, terlebih lagi kalian memancing di kolam pemancingan. Tak hanya sampai disitu, setelah umpan terbaik kalian dapatkan pemancing harus menyiapkan piranti mancing terbaik pula. Memang memancing ikan lele tergolong ribet dan banyak hal yang harus pemancing siapkan. Namun mimin yakin hal itu akan terbayarkan setelah strike menghampiri pemancing.


  Tak usah basa basi lagi langsung saja mimin akan coba share piranti pendukung mancing ikan mas. Agar hasil mancing kita maksimal pastinya harus didukung dengan piranti yang pas dan terbaik.

  Berikut piranti / peralatan yang perlu dipersiapkan :

1.  Reel

>> reel merupakan piranti yang sangat penting. fungsinya menahan perlawanan ikan dan menggulung senar. Gunakan reel dengan rasio 4:1 atau lebih dengan ukuran sedang.

2.  Joran

>> untuk joran gunakan joran yang lentur, kelenturan joran sangat berpengaruh ketika pemancing menghentakan joran. Semakin lentur prosentase ikan terkait kail saat menghentak akan lebih besar. Ukuran joran 160 cm - 200 cm dirasa cukup.

3.  Senar

>> peranan senar juga sangat penting, jangan gunakan senar yang terlalu tebal. Terlalu tebal akan menyulitkan saat pemancing menghentakan dan menggulung senar. Pakai senar ukuran 3 kg sampai 4 kg mimin rasa cukup. Karena ukuran ikan mas kolam biasanya hanya sekitar 1/2 kg sampai 1 kg saja.

4.  Pelampung

>> Gunakan pelampung yang ringan dengan ukuran kecil dan panjang. Pelampung digunakan sebagai indikator disambar atau tidaknya umpan. Penggunaan pelampung yang ringan akan lebih mudah diketahui sewaktu umpan disambar.

5.  Kail

>> piranti satu ini tidak boleh duanggap sebelah mata. Salah memilih ukuran kail bisa berakibat gagal strike atau ikan lepas. Kail yang terlalu kecil atau besar akan menyulitkan saat mengaitkan ke mulut si ikan. Jadi pilih kail yang pas dengan ukuran ikan mas target pemancing semua.

6.  Jaring ikan (tempat ikan), Lap Tangan, Air bersih (untuk cuci tangan).

>> meski sepele piranti pendukung ini harus ada agar proses mancing bisa berjalan  lancar.

  Cukup itu saja yang bisa mimin share. Semoga bisa menambah kesiapan pemancing semua. Selamat Memancing. Salam STRIKE.!! MANTAP.!!





Related Posts:

0 Response to "Piranti / Peralatan Yang Harus Pemancing Siapkan Saat Mancing Ikan Mas Kolam Harian"

Post a Comment