Umpan Jitu Mancing Ikan Hampala Liar Di Sungai


Ikan Hampala merupakan jenis ikan air tawar yang terkenal kuat dalam perlawanan saat dipancing. Hal inilah yang menjadikan pemancing berlomba lomba ingin merasakan strike ikan hampala. Ikan yang habitat aslinya di sungai, baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Ikan hampala sangat menyukai perairan yang bersih dengan kandungan oksigen yang cukup dengan arus yang cukup deras. Tapi tak jarang ikan ini berada di perairan yang keruh. Dihabitat aslinya ikan hampala biasa bersembunyi di bebatuan batang pohon yang tergenang di sungai.


Dengan rahangnya yang besar dan bukaan mulutnya yang lebar, ikan hampala mampu memakan umpannya dengan ukuran yang besar. Ciri ciri ikan ini mempunyai sisik yang besar dan ukurannya yang panjang karena itu ikan hampala termasuk perenang yang cepat.   Saat musim penghujan ikan hampala bermigrasi ke hutan untuk bertelur, hampala bertelur di hutan bukan tanpa alasan di dalam hutan banyak sekali sumber makanan buat anak anaknya yang baru menetas.


Ikan yang menyebar di indonesia hingga malaysia ini bisa tumbuh hingga 80 cm dam berat 15 kg. Tak hanya corak tubuhbya yang menarik, dengan kecepatan berenangnya saat menyambar umpan, ikan ini sangat favorit bagi pemancing. Ikan hampala akan terus melawan dan baru akan menyerah ketika sudah mendarat.

Lalu apa umpan ikan hampala? Di alam liar Ikan Hampala memangsa ikan ikan kecil dan serangga. Namun umpan paling jitu bisa menggunakan ikan ikan kecil, biasanya pemancing terkendala pada umpan. Umpan hidup biasanya mati atau sudah tidak segar lagi saat akan digunakan untuk umpan. Untuk mensiasati itu pemancing biasa menggunakan umpan tiruan ikan ikan kecil. Dengan corak yang cerah dan bisa bergerak di dalam air ketika pemancing mainkan, umpan tiruan/lures lebih efektif di gunakan. Mainkan umpan dengan menarik senar sehingga umpan terlihat hidup dan bergerak dan lama kelamaan ikan hampala akan terusik dan menyambar umpan.

Untuk waktu memancing terbaik ketika sore hari sampai petang, dan musim panas saat sungai terlihat jernih. Saat itulah ikan hampala rajin menyambar umpan. Dan saat musim panas pula ikan hampala memijah. Ikan hampala akan menepi ke perairan dangkal dengan media pasir.





0 Response to "Umpan Jitu Mancing Ikan Hampala Liar Di Sungai"

Post a Comment