Umpan Lumut Paling Jitu Mancing Ikan Mujair


  Ikan Mujair. Siapa yang tidak tahu ikan yang satu ini. Rasanya mustahil bisa tidak tahu ikan mujair. Ikan mujair sudah sangat familiar ditelinga orang indonesia, karena rasanya yang gurih dan lezat. Apalagi dikalangan pemancing, ikan mujair menjadi target yang wajib khususnya bagi pemancing  danau. Ikan mujair mempunyai daya tarik tersendiri buat pemancing. Dalam memakan umpan ikan mujair/nila tidak sama seperti ikan ikan lain. Ikan mujair makan umpan lalu memuntahkannya lagi, sehingga memancing ikan mujair/nila diperlukan teknik khusus.


  Populasi ikan yang satu ini terbilang melimpah, mungkin karena perkembangbiakan ikan mujair yang sangat cepat. Biasanya pemancing menggunkan umpan lumut sebagai umpan jitu mereka. Di habitat aslinya ikan mujair sangat menyukai lumut. Umpan lumut banyak ditemukan di sawah dan saluran air yang debit airnya stabil. Lumut bisa dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan teksturnya yaitu lumut halus dan lumut kasar. Lumut bertekstur halus lebih ampuh untuk memancing ikan mujair ini.


  Namun untuk pemakaiannya lumut kasar lebih disukai para pemancing, karena lumut bertekstur kasar tidak mudah mati dan busuk. Selain itu lumut bertekstur kasar lebih mudah dililitkan ke kail. Untuk mensiasati lumut yang kasar tambahkan garam secukupnya agar tekstur lumut bisa lebih halus. Agar lumut tidak mudah busuk pastikan lumut dalam keadaan bersih (buang kotoran yang bercampur dengan lumut). Pisahkan lumut yang sudah mati atau busuk agar tidak menular dengan lumut yang lain.


  Sebelum menggunakan umpan lumut siapkan dulu wadah untuk tempat umpan. Campurkan garam secukupnya untuk lumut bertekstur kasar agar teksturnya lebih halus. Agar umpan lebih jitu lagi tambahkan jentik jentik nyamuk yang merah sebagai campuran dan aduk hingga merata. Pemberian jentik dimaksudkan agar lebih menarik ikan mujair untuk menyambarnya.

"Cara memasang umpan lumut: Pegang ujung atas kail lalu celupkan kail ke wadah lumut tadi lalu putar putar sampai lumut terlilit ke kail".

  Sampai disini saja sobat reelsmancing, semoga bermanfaat. Salam STRIKE!! MANTAP.





0 Response to "Umpan Lumut Paling Jitu Mancing Ikan Mujair"

Post a Comment