Cara Membuat Umpan Tiruan atau Lure


  Saat memancing peranan umpan memang sangat penting. Umpan terbagi menjadi 2 jenis yaitu umpan hidup dan umpan buatan/umpan tiruan/lure. Menggunakan umpan hidup memang mempunyai kelebihan, umpan hidup lebih menarik perhatian sang predator karena gerakan alaminya. Namun umpan hidup sangat tidak efektif karena hanya bisa dipakai sekali saja. Penggunaan umpan tiruan menjadi solusi buat pemancing, umpan tiruan juga tergolong jitu. Selain itu umpan tiruan bisa dipakai hingga berkali kali. Ada banyak jenis ikan yang menjadi targer khususnya ikan predator seperti ikan hampala, ikan gabus, ikan bawal, ikan arwana dll. Sedangkan dilaut hampir semua ikan merupakan predator.

mancingmania.com image

  Tapi sayangnya umpan buatan tergolong tidak murah dan kali ini mimin akan coba share cara membuat umpan tiruan/lure. Umumnya umpan tiruan terbuat dari kayu, plastik dan juga metal. Bentuknyapun bermacam - macam ada yang menyerupai ikan - ikan kecil, katak, serangga dan juga hewan hewan kecil lainnya. Sebelum memulai membuat umpan tiruan ada baiknya perhatikan jenis lure yang akan kalian buat agar bisa sesuai dengan harapan agar bisa menambah daya tarik sang predator.



 Ok langsung saja dan inilah bahan - bahan yang harus disiapkan :

  1. Kayu ( bisa menggunakan kayu kayu sisa). 
  2. Lem Perekat Epoxy.
  3. Kawat Stainless anti karat atau berbahan neklin( bisa juga menggunakan kawat penjepit kertas).
  4. Timah atau pemberat secukupnya.
  5. Pisau Cutter.
  6. Gergaji besi.
  7. Amplas halus.
  8. Pensil/Spidol.
  9. Cat warna putih sebagai cat dasar.
  10. Cat ( warna sesuai selera), lebih baik gunakan warna yang mencolok.


Cara buatnya :

1. Langkah pertama buatlah gambarlah model bentuk pada permukaan kayu bisa gunakan spidol atau pensil. Gambar sesuai bentuk yang akan kalian buat misalnya ikan.

2. Lalu potong bentuk tadi dengan gergaji kemudian bentuk potongan itu sesuai desain tersebut dengan cutter, potong sedikit demi sedikit agar bentuknya rapi dan sesuai desain. Setelah terbentuk ikan amplas permukaan kayu hingga halus, usahkan benar - benar halus agar proses pengecatan bisa sempurna.

3. Setelah terbentuk ikan belahlah pada sisi badan hingga ekor, belahan ini nantinya untuk meletakan kawat. Lalu sayat bagian badan untuk tempat kawat dan pemberat.


 4. Bentuklah kawat bekas penjepit kertas untuk lubang trebel dan trebel hooknya.



5. Setelah terbentuk sisipkan kawat ke sayatan badan lure tadi jangan lupa taruh pemberat atau timah. Penambahan timah pemberat agar saat digunakan umpan tiruan bisa bergerak megal-megol seperti ikan aslinya. Kemudian lem dan satukan badan lure dengan lem expoxy, lalu amplas lagi bekasnya agar halus. Jangan lupa coba terlebih dahulu, kalau gerakan masih belum sesuai tambahkan atau kurangi timah pemberat sampai gerakannya sesuai.

6. Setelah bentuk dan gerakan sesuai proses terakhir yaitu pengecatan, terlebih dahulu gunakan cat warna putih sebagai cat dasaran. Kemudian gunakan cat sesuai selera untuk proses finishing. Disinilah keahlian pengecatan diuji, lakukan pengecatan semirip mungkin dengan ikan aslinya. Setelah selesai jangan lupa keringkan dengan cara menjemurnya diterik matahari.

7. Taraaaa dan umpan tiruanpun sudah jadi dan siap digunakan.





2 Responses to "Cara Membuat Umpan Tiruan atau Lure"

  1. Terimakasih Atas informasinya, dan jangan lupa kunjungi kami di http://tokoumpan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap gan. makasih telah berkunjung.semoga bermanfaat.

      Delete