Menyiapkan Umpan Ikan Mas Agar Cepat Disambar


  Memilih umpan untuk memancing sebenarnya tidak sulih. Semua jenis ikan akan menyambar umpan karena beberapa hal. Ikan tidak akan mengetahui keberadaan umpan kalau umpan tersebut tidak ada gerakan, tidak berbau, warna umpan kurang mencolok/menarik. Itu juga alasan kenapa umpan buatan/lure dibuat berwarna warni dan juga bisa bergetar. Dengan warna dan berbau yang lebih menyengat ikan akan mengetahui keberadaan umpan lebih cepat. Contohnya ikan mas, ikan mas lebih menyukai umpan yang berwarna merah, hijau atau coklat. Maka dari itu seorang pemancing sangat disarankan untuk memperhatikan hal itu agar sukses dalam memancing.

caramancingikan.com image

Berikut ini penjelasan lebih detail tentang hal - hal yang harus diperhatikan dalam menyiapkan umpan Ikan mas :

1. Getaran / Gerakan

  Getaran lebih cenderung kesuara, suara itu dihasilkan saat kita menjatuhkan umpan ke dalam air. Suara yang dihasilkan menjadi daya tarik tersendiri buat ikan target. Pada saat umpan baru dilempar potensi disambar ikanpun lebih besar. Namun saat melemparpun tidak boleh berlebihan, hal ini malah akan menakuti ikan. Getaran yang cenderung keras membuat ikan lari menjauh.


2. Warna Umpan

  Memilih warna umpan juga sangatlah penting. Ikan mas biasanya menyukai umpan berwarna merah, hijau dan juga coklat. Dalam memilih warna umpan juga harus disesuaikan dengan karakteristik kolam. Tentunya tiap tiap kolam warna umpannyapun berbeda. Karena kondisi air tiap kolam juga berbeda, jadi perlu penanganan yang berbeda pula. Bila kita sudah sering mancing di kolam tersebut tentu sudah tidak susah lagi menentukan warna umpan, berbeda dengan kolam yang baru saja kalian kunjungi.

3. Aroma dan Berbau lebih menyengat

  Dengan aroma yang lebih menyengat ikan akan lebih cepat mengetahui keberadaan umpan. Memilih aroma umpan juga harus disesuaikan dengan warna air kolam, kolam dengan warna air kecoklatan merupakan kondisi air yang paling baik. Namun untuk warna air kolam kehijauan akan lebih baik menggunakan umpan berbahan dasar ubi. Bisa juga menggunakan umpan pelet dicampur tuna kaleng.

  Selain 3 hal diatas dalam menyiapkan umpan. Pemancing juga harus mengetahui kapan waktu makan ikan, ikan mas akan lebih galak saat menyambar umpan di pagi hari dan akan berhenti saat siang hari. Hal ini dikarenakan panas terik pada siang hari yang akan mengurangi kadar oksigen dalam air sehingga menurunkan nafsu makan ikan. Ikan mas akan kembali galak saat sore hari, saat terik matahari mulai hilang. Saat grimis juga dirasa waktu yang tepat untuk mancing ikan mas, dan juga saat hujan berhenti dan terik matahari mulai muncul. Kondisi air akan kembali menghangat dan bakal menambah nafsu makan ikan mas.





Related Posts:

0 Response to "Menyiapkan Umpan Ikan Mas Agar Cepat Disambar"

Post a Comment