Tips Dan Umpan Paling Jitu Mancing Ikan Sepat Di Alam Liar


Siapa yang tidak tahu Ikan Sepat, Ikan sepat adalah ikan air tawar yang masih satu suku dengan ikan gurami. Bedanya ikan sepat hanya tumbuh kurang lebih sampai telapak tangan orang dewasa saja, namun terkadang bisa mencapai ukuran 20 cm. Ikan ini juga mempunyai pola yang khas yaitu warna belang –belang di isis tubuhnya. Dengan bentuk pipih dan mulut agak runcing, sedangkan sirip – sirip punggung, ekor, dada berwarna gelap. Sepasang sirip perut yang berfungsi sebagai alat peraba yang menyerupai cambuk dan memanjang hingga ekor. Terkadang sisi tubuhnya nampak agak terang dan mengkilap. Ikan sepat menyebar di hampir semua wilayah di asia tengara.


 Image result for ikan sepat

 Ikan sepat sangat menyukai rawa –rawa, danau, sungai dan parit – parit yang berarus tenang, terutama daerah – daerah yang banyak ditumbuhi tumbuhan air. Terkadang juga sering ditemui di saluran – saluran air dan juga persawahan. Makanan utama iakan sepat adalah lumut, namun terkadang ikan ini juga memangsa hewan – hewan kecil air lainnya. Untuk masalah adaptasi ikan ini jangan ditanya, ikan sepat mampu hidup diperairan yang kotor dan tercemar sekalipun. Didalam insangnya terdapat labirin yang berfungsi membantu pernafasan saat berada di daerah yang minim oksigen. Dengan adanya labirin ikan ini juga mampu bertahan di luar air. Kemampuannya dalam beradaptasi dan juga reproduksi yang tergolong cepat, alhasil ikan sepat banyak sekali ditemukan disetiap perairan. 



 Meskipun jumlahnya yang sangat melimpah namun ikan sepat justru sangatlah susah dipancing. Terkadang pemancing sampai gregetan karena umpan mereka tak kunjung dimakan juga. Dengam ukuran mulut yang tergolong kecil pakailah umpan yang seukuran dengan mulut ikan tersebut. Untuk memancing ikan sepat sebaiknya gunakan umpan lumut, lumut merupakan umpan paling jitu mancing ikan ini. Bisa juga gunakan kroto dan laron, umpan ini juga tidak jarang zonk. Gunakan joran tegek dengan ukuran sesuai spot yang kalian tuju, namun 2 meter dirasa sudah cukup. Untuk waktu memancing paling baik mulai dari pagi hingga sore hari.

 Lemparkan umpan ke spot yang kalan rasa ada ikan sepat. Biasanya merekan berdiam diantara tumbuhan air seperti enceng gondok. Ikan sepat tergolong agresif, ikan sepat akan menyambar umpan dan langsung memakannya. Selian itu ikan ini juga bergerombol seperti  mujair, jadi bila kita menemukan ikan ini pasti banyak ikan – ikan lain disekitarnya. Kebiasan ini tentunya akan memudahkan pemancing mencari ikan ini.





Related Posts:

0 Response to "Tips Dan Umpan Paling Jitu Mancing Ikan Sepat Di Alam Liar"

Post a Comment