Tips Mancing Ikan Belanak Paling jitu


Strike saat memancing tentunya hal yang paling ditunggu tunggu pemancing. Pemancing rela menunggu beberapa jam demi merasakan strike ikan target. Pastinya percuma memancing tanpa bisa merasakan strike. Perlawanan ikan yang kuat akan menambah sensasi yang pemancing rasakan. Terlebih bisa mendaratkan ikan target akan menambah kepuasan tersendiari, walaupun harus bersusah payah dahulu. Dan kali ini mimin " sebutan untuk saya(admin)" akan membahas ikan belanak.

keprifishingclub.com image
Walupun ikan belanak kurang populer dibandingkan saudara jauhnya "ikan mujair". Sebenarnya ikan belanak tidak jauh beda dengan ikan mujair tingkah laku mereka mirip satu sama lain. Ikan belanak hidup bergerombol dalam mencari makan atau sekedar jjs (jalan jalan sore), heee gaul banget tu ikan ya pake jjs segala. Umpan jitu ikan belanak juga sama yaitu lumut, tapi ada sedikit perbedaan dengan lumut yang jadi santapan ikan belanak.


Lumut untuk ikan belanak cenderung lebih halus dibandingkan makanan ikan nila/mujair. Lumut untuk ikan nila berbentuk helaian helaian memanjang bertekstur halus hingga kasar. Sedangkan lumut untuk umpan belanak berbentuk lembaran dan bertekstur halus pula, bahkan lebih halus. Lumut ini akan hancur ketika dipegang karena saking halus dan lembutnya.

argotani.com image

  Memancing ikan belanak sangatlah berbeda dengan memancing ikan lainnya. Sebenarnya mimin belum pernah mencoba strike ikan ini. Namun dari perbincangan sesama pemancing ada trik khusus untuk mengambil umpan lumut ini. Lumut seperti ini banyak ditemukan di saluran saluran air, sungai, maupun tepian danau. Lumut jenis ini tumbuh didasar air, namun kita tidak harus menceburkan diri untuk mengambilnya. Hal itu malah akan membuat lumut itu hancur. Cukup tunggu lumut naik kepermukaan air lalu ambil dengan serokan, serokan tidak berbentuk jaring tapi serokan dengan kain tipis untuk menyaring dan mengambil agar lumut tidak hancur. Selain lumut udang juga bisa menjadi alternatif umpan.

Setelah umpan siap pastinya diperlukan piranti untuk memancingnya. Disarankan menggunakan joran tegek,  ukurannya bisa kita sesuaikan dengan spot tujuan. Tapi minimal gunakan joran ukuran 1.5 meter. Gunakan senar ukuran sedang dan kail nomor 7. Pakai juga pelampung sebagai indikator saat umpan disambar ikan belanak. Disarankan pakai pelampung yang bahan dasarnya ringan sehingga lebih sensitif saat umpan disambar. Panjang senar dari pelampung sampai ke umpan kira - kira 30 cm.

Cari spot yang potensial untuk melempar umpan kalian. Terlebih dulu tebarkan umpan lumut disekitaran agar ikan ikan berkumpul. Jika sudah berkumpul segera lempar umpan ke area tadi. Perlu diketahui ikan belanak akan berebut makanan saat menyantapnya, jadi tidak menutup kemungkinan kalian akan strik berkali - kali hanya di satu area.





0 Response to "Tips Mancing Ikan Belanak Paling jitu"

Post a Comment