Umpan Jitu Ikan Gabus Paling Jitu


Keluarga Snakehead yang satu ini sudah sangat terkenal dikalangan pemancing. Mungkin kalian juga pernah merasakan strike ikan ini, gimana??? Mantaaap kan. Memang salah satu jenis snakehead yang satu ini banyak diburu para pemancing karena perlawanannya yang brutal. Cara mancing ikan ini juga terbilang menantang dan perlu kesabaran lebih.

Lempar umpan lalu gulung kembali reel dan atur tempo saat menggulung agar umpan terlihat hidup. Cara tadi berlaku untuk penggunaan umpan tiruan/lure. Ikan ini sangat menyukai katak dan habitatnya di rawa - rawa. Coba tebak Ikan Apa Dia?? Yaapp jawabannya Gabus.


  Ikan gabus memang sangat menyukai perairan seperti rawa - rawa yang banyak ditumbuhi tumbuhan air. Disekitar tumbuhan air ikan gabus lebih mudah mendapatkan mangsa. Termasuk kedalam jenis ikan yang mampu bertahan hidup didalam perairan yang minim kandungan oksigen. Hal ini disebabkan karena ikan gabus memiliki alat pernafasan berupa labyrint. Pada saat mimin kecil dulu memancing ikan gabus mungkin dilakukan dengan sangat sederhana, tapi hasilnya lumayan juga masbro.

Hanya bermodalkan joran bambu dan kail seadanya serta umpan cacing atau katak. Serta teknik yang sangat tradisional, lempar umpan kedalam air lalu gerakan umpan naik turun dengan menarik joran keatas dan kebawah. Namun teknik ini punya kekurangan karena teknik itu berlaku bila ada ikan gabus disana sedangkan kita belum tau posisi ikan gabus. Namun sekarang jaman sudah berganti pengunaan reel sudah menjadi pilihan, serta lebih efektif.


  Umpan jitu untuk mancing ikan gabus adalah katak, ikan-ikan kecil, serangga kecil, keong dan juga udang. Umpan dalam kondisi hidup lebih dilirik sang predator satu ini. Kenapa??? Karena umpan dalam kondisi hidup berenang dan bergerak-gerak sehingga lebih menarik perhatian predator untuk menyambar.

Namun penggunaan lure / umpan tiruan juga tergolong efektif, untuk penggunaan umpan tiruan/lure memang diperlukan kesabaran ekstra. Berbeda dengan menggunakan livebait/umpan hidup, umpan akan bergerak dengan sendirinya selama masih hidup. Sedangkan Penggunaan umpan tiruan seorang pemancing harus pintar-pintar memainkan umpan agar umpan tiruan bergerak-gerak dan terlihat hidup.


  Bila kalian menggunakan livebait/umpan hidup sebaiknya gunakan pelampung. Pelampung berfungsi sebagai indikator saat umpan disambar ikan gabus. Saat umpan dilempar ikan akan berenang-renang (bila menggunakan umpan ikan sebaiknya gunakan ikan mas dengan warna yang mencolok). Sang predator akan lebih tergoda untuk memangsa karena warnanya yang cerah.

Sedangkan penggunaan umpan tiruan bisa gunakan Hard Frogie,  Soft Frogie, Mini Popper, Spoon dan Minnow. Untuk teknik bisa menggunakan teknik Casting, caranya lempar umpan kespot yang kalian rasa ada ikan gabus lalu gulung reel perlahan dan usahakan umpan megal-megol agar terlihat hidup. Suara gemericik air yang dihasilkan juga bakal mengganggu terotorial ikan gabus sehingga akan menyambar umpan.

Perlu mimin ingatkan lagi menggunakan teknik Casting butuh kesabaran ekstra. Tidak mesti sekali lempar ikan gabus bakal menyambar, meski disana ada ikan gabus. Lakukan teknik ini berulang-ulang sampai ikan gabus menyambar.

  Teknik Casting memang cukup melelahkan karena harus tarik ulur umpan berulang kali. Namun semua itu bakal terbayar saat umpan disambar. Itu saja yang bisa mimin share dan semoga bisa bermanfaat dan tambah pengetahuan.

Salam Joran Melengkung.. MANTAAAAAAP





Related Posts:

0 Response to "Umpan Jitu Ikan Gabus Paling Jitu"

Post a Comment