Umpan Jitu Ikan Toman Dan Cara Mancingnya


  Ikan toman termasuk kedalam keluarga snakehead, yaitu ikan dengan kepala mirip ular. Keluarga snakehead memang terkenal dengan predator yang punya tarikan yang sangat mantap. Hal ini yang jadikan ikan toman banyak dicari para pemancing. Sebelum mengulas resep umpan untuk ikan toman sebaiknya kalian terlebih dahulu tahu karakter ikan toman. Mengetahui karakteristik ikan toman sangat penting agar saat memancing tahu kebiasaaan dan umpan yang pas untuk ikan tersebut.


Karakter Dasar Ikan Toman

  Karakter Ikan Toman pada dasarnya sama seperti Ikan Gabus. Karena ikan toman dan ikan gabus memang masih satu keluarga. Baik ikan toman maupun ikan gabus mempunyai sifat yang sangat sensitif dengan panas. Bila kondisi air sungai atau danau memanas ikan toman akan pergi kepinggir atau bersembunyi di bawah ranting-ranting atau tumbuhan air. Keadaan seperti itu akan sangat menyulitkan untuk memancing ikan toman. Ikan Toman akan memburu mangsanya namun pada saat matahari terik ikan toman lebih suka bersembunyi dan berdiam di tempat yang lebih teduh.


Umpan Ikan Toman

  Untuk mengakalinya teknik mancing yang cocok gunakan teknik dasaran yaitu umpan dilempar tanpa menggunakan pelampung. Dan tunggu hingga ikan toman menyambar umpan. Pada dasarnya ikan toman termasuk ikan predator yakni ikan pemakan ikan ikan kecil dan daging. Ikan toman sangat menyukai kodok, dan pengalaman pemancing lain sering menggunakan daging ayam sebagai umpan. Ambil daging ayam dan buang kulit dan tulangnya, lalu potong kurang lebih 2 cm. Kemudian lempar ke spot yang kalian rasa ada ikan toman. Kalian juga bisa menggunakan umpan tiruan kodok/froggy. Froggy juga terbilang efektif namun perlu teknik khusus agar froggy terlihat berenang seperti kodok aslinya.


Teknik Memancing Ikan Toman dengan Teknik Casting/Popping

  Hal pertama tentunya tentukan spot yang potensial, yang kalian rasa banyak ikan toman. Ikan toman sangat menyukai rawa rawa dengan banyak ditumbuhi tumbuhan air. Karena didaerah seperti itu banyak sumber makanan ikan toman. Usahakan memancing pada pagi atau sore hari. Kenapa?? Karena pada pagi dan sore hari, dimana terik matahari sudah redup dan saat itulah ikan toman lebih aktif saat mencari makan. Bila kalian tetap memaksa ingin mancing di siang hari kalian harus bersabar ekstra.

  Gunakan joran yang lentur karena dikhawatirkan saat disambar ikan toman dengan sambaran yang liar joran akan rusak. Pakai kenur dengan kekuatan 20 kg, dimaksudkan untuk berjaga - jaga bila mendapat sambaran babon toman. Untuk kail ukuran 8 dirasa pas. Itulah umpan jitu ikan toman dan tips mancingnya. Semoga bermanfaat.





Related Posts:

0 Response to "Umpan Jitu Ikan Toman Dan Cara Mancingnya"

Post a Comment