Cara Membuat Pelampung Pancing Paling Lengkap Dan Mudah


Cara Membuat Pelampung Pancing Paling Lengkap Dan Mudah - Pelampung pancing merupakan bagian yang penting saat memancing. Fungsinya sangat penting yaitu sebagai indikator pada saat umpan disambar. Sesuai fungsinya yaitu sebagai indikator, pelampung akan bergerak gerak pada saat umpan dimakan. Ketika pemancing melempar umpan, bisa umpan buatan maupun umpan hidup. Setelah dilempar umpan akan tenggelam sampai ke dasar dan pelampung akan berdiri mengambang di permukaan air. Dan biasanya ikan - ikan kecil akan mrndekati dan memakan umpan. Pada saat umpan dimakan pelampung akan bergerak naik turun, sedangkan apabila umpan dimakan ikan dengan ukuran besar pelampung bergerak cepat dan tenggelam ke dalam air. Pada saat itulah moment yang tepat untuk kalian menghentakan joran. Itulah cara kerja pelampung pancing yang sangat membantu pemancing sebagai petunjuk dimakannya umpan.

membuat pelampung pancing

Karena fungsinya yang penting seorang pemancing disarankan mempunyai dan membawa serep atau persediaan pelampung lebih dari satu. Pelampung yang ada dipasaran biasanya gampang rusak karena berbahan dasar plastik bahkan busa. Sebenarnya ada juga pelampung yang berbahan dasar kayu karet atau bahan terbaik lainnya. Namun sangat disayangkan pelampung seperti ini mempunyai harga yang tidak murah. Memang sih kualitasnya terjamin tapi harganya kurang bersahabat dengan dompet kita.



Ada baiknya pemancing membuat sendiri pelampung agar bisa berhemat dan membuat pelampung dengan kualitas yang bagus. Dengan membuat pelampung sendiri kalian bisa menyesuaikan ukuran yang tepat sesuai keinginan. Bentuknyapun bisa kalian kreasikan sendiri sesuai kreatifitas kalian. Bahan yang dipakai bisa berupa kayu, plastik, gabus, fiber, karet. Bentuknya juga bermacam - macam antara lain memanjang, bulat, oval, dan masih banyak bentuk lainnya tetapi fungsinya tetap sama yaitu sebagai indikator.


Cara Membuat Pelampung Sendiri


Pemilihan bentuk pelampung sangat dipengaruhi lokasi dan arus air spot yang akan kita pancing. Bila kalian memancing di empang atau kolam pemancingan sebaiknya gunakan pelampung yang panjang antara 9 - 12 cm. Namun bila memancing di pantai gunakan pelampung bulat atau model gansing. Tetapi lain cerita bila mancing ditengah laut atau trolling biasanya tanpa menggunakan pelampung.

Memancing tidak hanya dilakukan siang hari ada kalanya dilakukan malam hari. Penggunaan pelampung pada malam hari juga tentunya berbeda. Kondisi malam yang gelap berdampak pada pandangan mata yang berkurang. Pada akhirnya pelampungpun tidak terlihat jelas, maka dari itu diperlukan tambahan starligh pada ujung pelampung. Gunakan pelampung yang bagian ujungnya bisa diganti ganti. Starligh memancarkan cahaya sendiri sehingga pelampung tetap terlihat meski kondisi malam gelap.

Langkah - Langkah Cara Membuat Pelampung Sendiri

Bahan - bahan :

  1. Kayu jumlahnya sesuai kebutuan
  2. Lidi atau fiber
  3. kawat
  4. Lem Alteco
  5. Cat (untuk warna sesuai selera).


Cara Membuatnya :
1. Pertama - tama bubut kayu sesuai keinginan bisa model memanjang, lonjong dan juga oval, sesuai kebutuhan anda.


2. Buat lubang ditengah pelampung menggunakan bor, gunakan mata bor ukuran 1.5 mm, atau lebih sesuaikan dengan ukuran lidi. Bor pelampung tembus hingga kebagian ujung satunya.


3. Masukan lidi atau fiber kedalam lubang yang kalian bor tadi lalu tuangkan lem.

4. Biarkan lem hingga kering lalu tambahkan kawat pada ujung atas lidi. Kalian bisa menancapkan atau melilitkan kawat keujung lidi.


5. Setelah semua siap tinggal proses finishing. Cat pelampung dengan warna dasar putih. Setelah kering cat pelampung sesuai selera. Pengecatan bisa 2 warna atau lebih.


Sedikit tips bila tidak ada alat bubut atau gerinda kalian bisa menggunakan pisau untuk membentuk dan menghaluskan pelampung. Lalu gunakan amplas untuk menghaluskan permukaan pelampung.

Itulah cara membuat pelampung yang bisa kalian coba di rumah. Semoga bisa bermanfaat. Salam Gentak. MANTAP





4 Responses to "Cara Membuat Pelampung Pancing Paling Lengkap Dan Mudah"

  1. Bos itu Kawat'nya bisa beli di mana..kawat yang di masukin senar maksud saya..

    ReplyDelete
  2. di toko alat pancing juga banyak gan.

    ReplyDelete