Cara Memilih Pelampung Mancing Arus Deras dan Arus Tenang


Cara Memilih Pelampung Mancing Arus Deras dan Arus Tenang - Pasti kalian tau piranti mancing yang satu ini. Yapp Pelampung atau kumbul merupakan bagian penting untuk memancing. Kumbul biasa digunakan untuk memancing di perairan yang tenang seperti kolam pemancingan, sungai, danau. Memilih kumbul atau pelampung yang tepat sangatlah penting, karena fungsi utama pelampung merupakan indikator. Yakni sebagai tanda saat umpan di sambar, Namun pelampung juga berfungsi membuat umpan tidak sampai tenggelam kedasar air tetapi menggantung.

Penempatan umpan pada posisi menggantung lebih baik dari teknik glosor karena pada posisi ini umpan lebih terlihat oleh ikan target. Biasanya pelampung terbuat dari bahan kayu, gabus, plastik atau fiber dengan bentuk yang sangat beragam. Tetapi pada umumnya bentuknya bulat, memanjang, oval, bulat memanjang, kerucut dan masih banyak bentuk lainnya, akan tetapi pada umumnya mempunyai fungsi yang sama.

Berdasarkan fungsinya pelampung atau kumbul bisa dibedakan menjadi dua jenis. Yaitu pelampung untuk arus air yang deras dan juga pelampung untuk air tenang.

Cara Memilih Pelampung Untuk Arus Air Yang Deras

Karena kondisi Air yang Deras jadi penggunaan pelampungpun sangat berbeda. Bentuk pelampung lebih besar dan menggembung serta lebih besar dari bagian pangkal. Dengan bentuk yang seperti ini pelampung tidak mudah terbawa arus air yang deras. Selain itu sangat disarankan menggunakan timah atau pemberat agar umpan tidak terbawa arus air.

pelampung pancing

Pelampung seperti ini biasanya dipakai untuk memancing di sungai dengan arus deras. Jenis ikan yang hidup diperairan ini seperti ikan tawes, ikan hampala, ikan lunjar dan masih banyak jenis ikan perenang cepat lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat Pelampung Pancing Paling Lengkap Dan Mudah

Untuk jenis umpan yang dipakai juga harus diperhatikan, umpan yang digunakan harus bertekstur kenyal dan tidak lembek. Menggunakan umpan yang lembek akan mudah hancur dan terbawa arus air. Misalnya kecoa, laron, ulat daun, larva capung dan lain - lain.

Cara Memilih Pelampung Untuk Arus Air Tenang

Berbeda dengan arus air deras, untuk kondisi arus air yang tenang dan bisa dibilang tidak berarus. Pelampung atau kumbul yang digunakan mempunyai bentuk yang lebih ramping. Biasanya berbentuk silindris dan memanjang, ada juga silindris dengan bagian ujung mengembung.


Pelampung yang satu ini sangat cocok digunakan untuk memancing di pinggiran sungai, danau, maupun kolam pemancingan. Karena bentuknya yang kecil dan silindris kumbul jenis ini sangat sensitif. Sedikit saja ikan memangsa umpan, pelampung akan langsung bergerak gerak. Gerakannyapun terlihat sangat alami dengan kondisi air yang tenang.

Karena bentuk pelampung yang kecil jadi sesuaikan umpan dengan pelampung yang kalian pakai. Usahakan pelampung tidak sampai tenggelam. Posisi pelampung harus mengambang setengah diaatas permukaan air.

Atur panjang pendeknya senar antara kail ke pelampung. Bila pelampung ikut tenggelam panjangkan jarang pelampung ke kail. Namun sebaliknya apabila pelampung mengambang seluruhnya berarti jarak atara pelampung ke kail terlalu panjang.

Ada Juga Pelampung mancing Malam Hari

Sebenarnya pelampung jenis ini tidak ada  bedanya dengan kedua jenis pelampung diatas. Hanya saja ada tambahan pada bentuk pelampung yang digunakan, untuk memancing pada malam hari diperlukan tambahan starlight atau lampu. Starlight dipakai agar pelampung tetap terlihat meski kondisi gelap.


Bentuk pelampung harus bolong dibagian atas. Lubang tersebut difungsikan untuk memasang starlight agar tertancap kuat dan menyatu dengan pelampung.

Itulah beberapa tips mancing di arus air yang deras dan air tenang. Semoga bisa bermanfaat. Bila kurang jelas bisa tanyakan kepada kami di kolom komentar atau kontak kami. Terima kasih. Salam SATU HOBI. mantaaaaaap





Related Posts:

0 Response to "Cara Memilih Pelampung Mancing Arus Deras dan Arus Tenang"

Post a Comment