Umpan Jitu Ikan Lele Di Sungai Dan Danau Paling Ampuh


Umpan Jitu Ikan Lele Di Sungai Dan Danau Paling Ampuh - Ikan lele, rasanya sudah tidak perlu lagi dibahas lebih jauh tentang apa itu ikan lele. Sudah dipastikan semua orang pasti tahu ikan yang satu. Memang penyebaran ikan lele bisa ditemukan diberbagai daerah di indonesia. Ikan lele juga sangat mudah didapat di pasar - pasar tradisional maupun swalayan. Karena memang banyak petani yang membudidayakannya. Di alam liar ikan lele banyak ditemukan di sungai, rawa dan juga danau.

Namun sangat disayangkan populasi ikan lele di alam liar sudah mulai berkurang. Hal ini disebabkan karena ulah manusia yang mengeksplor secara berlebihan, setrum, maupun menggunakan potas atau obat untuk menangkap ikan. Alhasil tidak hanya ikan besar yang mati namun ikan - ikan kecilpun ikut mati.

mancing ikan lele

Tentu saja kondisi seperti ini sangat memprihatinkan. Tidak menutup kemungkinan 5 sampai 10 tahun lagi populasi ikan di sungai bakal hilang, jika kerusakan ini tidak dicegah. Sekedar contoh sungai di kampung halaman mimin "admin" di Kebumen, Jawa Tengah. Dulu waktu mimin kecil populasi ikan sangatlah banyak, memancing sangatlah mudah karena memang populasinya yang sangat banyak. Apalagi pas musim kemarau datang, saat sungai surut dan kondisi air sedikit dengan mudahnya kita menangkap ikan.


Tetapi sangat berbeda dengan kondisi sungai saat ini. Sebenarnya air sungai tidak terlalu tercemar, bisa dibilang kondisi air juga jernih namun populasi ikan sudah jauh sangat berkurang. Itu diakibatkan faktor - faktor diatas tadi. Jadi mulai sekarang STOP Strum ikan, Potas atau obat. 

Okelah kita kembali ke topik utama tentang umpan jitu ikan lele di sungai maupun danau. Ikan lele merupakan ikan yang rakus dan agresif. Ikan lele juga termasuk ikan yang gampang dipancing. Itulah kenapa pemancing suka memancing ikan jenis ini. Namun agar hasil pancingan bisa maksimal tentunya kalian harus menyiapkan umpan jitu kalian.


Inilah Umpan Jitu Ikan Lele Di Sungai maupun Danau yang Wajib Kalian Coba :

Kalian bisa menggunakan umpan seperti usus ayam, kulit ayam (sebaiknya kalian rebus dulu usus dan kulit ayam, saat merebus tambahkan sedikit garam agar aromanya khas). Selain itu kalian juga bisa menggunakan umpan jangkrik, orong-orong, kroto, anakan katak, dan juga laron. Menurut pengalaman mimin itulah beberapa umpan ikan lele paling jitu yang Wajib kalian coba.

Selain umpan ada beberapa hal yang perlu pemancing ketahui. Misalnya lokasi atau spot yang potensial.

Pilih Lokasi atau Spot yang agak dalam dengan kondisi air yang keruh dengan kedalaman air sekitar 50 sampai 100 cm. Dengan kondisi air yang tenang dan biasanya spot seperti itu ada di pinggiran sungai atau danau. Ikan lele menyukai daerah seperti itu karena disana banyak terdapat hewan hewan kecil yang menjadi mangsanya.

Untuk waktu mancing paling tepat ketika habis hujan turun. Biasanya saat memangsa umpan ikan lele akan langsung menelan umpan dengan mulutnya yang besar. Jadi ketika umpan disambar sesegera mungkin hentakan joran kalian.

Itulah beberapa tips dan umpan jitu ikan lele yang bisa mimin bagikan. Bila kurang jelas silakan hubungi kami di kolom komentar atau kontak kami. Salam Gentak





Related Posts:

5 Responses to "Umpan Jitu Ikan Lele Di Sungai Dan Danau Paling Ampuh"

  1. Ada lagi gk min selain umpan itu , semuanya udah di coba tapi gak work

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling penting!! pilih spot yang potensial gan. biasa tempat yang agak dalam dibanding yang lain. atau yang ada tanaman air disekitarnya.

      Delete
  2. Saya biasa pakai cacing tanah..lebih bagus....TDK hanya lele..Muhajir, patin dan gabus juga mau makan

    ReplyDelete
  3. Saya biasa pakai cacing tanah..lebih bagus....TDK hanya lele..Muhajir, patin dan gabus juga mau makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih infonya gan. cacing tanah sebenarnya juga jos. karena pada dasarnya semua ikan (terutama air tawar) doyan cacing.

      Delete