Umpan Jitu Ikan Sidat Yang Terbukti Ampuh !!!! Wajib Coba


Tahukan anda Ikan Sidat?? Pasti tau bukan. Tapi memang tidak semua orang tahu ikan air tawar satu ini. Karena memang ikan sidat jarang ditemui baik di pasar. Ikan sidat juga jarang sekali dibudidayakan, memang ikan sidat kurang diminati masyarakat indonesia. Ikan sidat kalah populer dengan ikan lain seperti ikan lele, ikan nila, ikan mas maupun belut. Namun jangan salah ikan sidat memiliki kandungan gizi yang tinggi dan merupakan sumber protein yang tinggi.

Tentang Ikan Sidat

Ikan sidat masih satu keluarga dengan belut. Perbedaan mencolok keduanya adalah adanya sepasang sirip pada ikan sidat yang tidak dimiliki belut. Di beberapa daerah ikan sidat biasa disebut Moa, Pelus, Uling dan lain - lain. Ikan sidat dewasa akan melakukan migrasi kelaut untuk pemijahan, sedangkan ketika anakan ikan sidat akan menuju perairan tawar hingga dewasa.


Habitat asli ikan sidat meliputi rawa - rawa, perairan mangrove dan muara. Didaerah mimin"admin", kebumen jawa tengah ikan sidat masih banyak ditemukan di rawa - rawa bahkan dipersawahan. Didaerah mimin ikan sidat biasa disebut Pelus. Ikan sidat termasuk jenis ikan yang unik. Ikan sidat mampu dengan cepat beradaptasi dengan perairan baru saat bermigrasi. Di laut lepas ikan sidat dewasa hidup di kedalaman 200 hingga 1000 meter. Saat anakan ikan sidat akan kembali menuju perairan tawar hingga dewasa.

Umpan Jitu Mancing Ikan Sidat

Ikan sidat termasuk jenis ikan karnivora, jadi sangat disarankan gunakan hewan atau serangga kecil sebagai umpan. Kalian bisa menggunakan cacing, jangkrik, ulat daun, udang hidup. Namun untuk sidat ukuran dewasa gunakan umpan yang berbau tajam seperti katak kecil, daging keong sawah, usus ayam dan lain - lain.

Waktu Mancing Ikan Sidat

Saat akan mancing ikan sidat kalian harus mengetahui trik, kebiasaan dan cara mancing ikan sidat. Ikan sidat biasa keluar dari sarang saat gelap atau malam hari. Karena ikan sidat keluar pada malam hari jadi sangat disarankan untuk memancingnya di malam hari. Jadi percuma bila kalian mancing ikan sidat di siang hari kecuali kalian tahu sarang atau lubang ikan sidat. Selain malam hari waktu yang tepat untuk mancing ikan sidat yaitu pada saat hujan dan kondisi air keruh, pada saat itu ikan sidat juga akan keluar dari sarang.


Jadi pada intinya ikan sidat memyukai kondisi gelap. Ikan sidat akan keluar dari sarang dan mencari makan saat gelap. Agar lebih maksimal mancing disekitaran sarang ikan sidat. Bila kalian akan memancing ikan sidat pada siang hari dan sudah mengetahui letak lubang sidat, cukup letakan umpan didepan lubang atau sarang dan tunggu sampi umpan disambar. Untuk mengetahui ciri - ciri sarang sidat tidaklah sulit.


Berikut ini ciri - ciri sarang ikan sidat yang baik :
1. Lubang tidak ada kotoran atau bersih
2. Adanya hewan hewan kecil disekitaran lubang
3. Arus air normal
4. Kondisi lubang sangat tidak beraturan
5. Bila di dalam lubang sidat besar, bau bangkai hewan lebih menyengat. Bau bangkai berasal dari sisa makanan sidat yang membusuk.

Piranti mancing ikan sidat tidaklah sulit. Cukup gunakan joran tegek, namun perlu diingat ukuran ikan sidat biasanya dengan ukuran yang cukup besar jadi gunakan joran tegek yang kuat dan lentur. Kalian juga bisa menggunakan Reel saat mancing ikan sidat. Bahkan dibeberapa daerah memancing ikan sidat hanya menggunkan kenur dan kail dengan cara kenur di ikatkan kekayu yang ditancapkan di pinggiran rawa maupun sungai.

itulah cara mancing ikan sidat mulai dari umpan, waktu mancing yang tepat dan cara mancing ikan sidat. Terima kasih telah berkujung dan semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian saat akan mancing ikan sidat.





0 Response to "Umpan Jitu Ikan Sidat Yang Terbukti Ampuh !!!! Wajib Coba"

Post a Comment