Umpan Jitu Kepiting Di Sungai Paling Ampuh


Umpan Jitu Kepiting Di Sungai Paling Ampuh - Kepiting atau Rajungan. Pasti kalian tahu bukan hewan yang satu ini. Rasanya yang lezat dan dagingnya yang gurih menjadikan kepiting atau rajungan jadi favorit pecinta kuliner. Khususnya pecinta Seafood, namun dari segi harga kurang bersahabat alias mahal. Demi menghemat anggaran kalian harus menangkap sendiri di alam liar. Habitat kepiting atau rajungan meliputi sungai, rawa, danau dan juga hutan bakau.

Lalu bagaimana cara menangkap kepiting atau rajungan di alam liar. Sebenarnya menangkap kepiting tidaklah susah. Kepiting termasuk hewan yang rakus. Hanya bermodal alat sederhana dan umpan yang mudah didapat kalian sudah bisa membawa pulang satu ember kepiting dengan catatan tahu cara dan trik mancing kepiting.

umpan mancing kepiting

Dalam memancing kepiting banyak faktor yang perlu diperhatikan agar hasil tangkapan bisa maksimal. Misalnya Piranti/alat memancing, Waktu memancing, Lokasi atau Spot memancing, Umpan Jitu, dan juga teknik memancing. Tapi tenang mimin akan bahas satu persatu agar bisa lebih jelas.

Piranti/Alat Memancing

Sama seperti memancing pada umumnya, saat memancing kepiting diperlukan joran. Gunakan joran tegek dengan ukuran sedang antara 1.5-2 meter. Bisa juga gunakan joran bambu atau batang kayu yang jelas fungsinya sama sebagai joran. Namun disarankan menggunakan joran tegek agar lebih mudah dan lebih lentur. Modal dikit ga papa lah biar ga malu-maluin. Setelah itu siapkan senar/kenur 2 kali lebih panjang dari panjang joran. Penggunaan kenur yang panjang akan lebih memudahkan dalam memancing karena kepiting menyukai tempat yang lebih dalam dari daerah sekitarnya. Untuk memancing kepiting TIDAK perlu menggunakan kail. Cukup ikat umpan ke senar atau kenur. Kenapa ?? karena kepiting tidak menyambar umpan tetapi mencapit dan mencabik-cabik umpan lalu memakannya. Satu lagi alat yang harus dipersiapkan yaitu serokan ikan dengan pegangan yang panjang. Serokan diperlukan untuk mengangkat kepiting dari permukaan air.

Baca Juga : Tips Dan Umpan Paling Jitu Mancing Ikan Sepat Di Alam Liar

Waktu Memancing

Waktu paling Tepat memancing kepiting pada saat hujan atau setelah hujan reda. Pada saat itu kepiting lebih aktif mencari makan yang terbawa arus air saat hujan turun. Bahkan tidak sedikit kepiting yang naik kedaratan. Bisa juga selepas Shubuh sampai menjelang matahari terbit.

Lokasi Memancing

Kepiting atau rajungan sangat menyukai perairan yang masih bersih dan terjaga. Dan biasanya semakin daerah itu bersih semakin banyak pula populasi kepiting disana. Sebaliknya hindari perairan yang sudah tercemar, banyak sampah nonorganik seperti plastik, hindari juga memancing pada saat air surut. Untuk kepiting dengan ukuran besar lebih banyak ditemui di sekitar hutan bakau.

Umpan Memancing

Pada dasarnya kepiting mempunyai sifat yang rakus. Kalian bisa menggunakan berbagai macam umpan yang biasa dipakai untuk memancing ikan. Sebaiknya gunakan umpan yang mempunyai bau tajam atau bau amis. Kepiting akan lebih tergoda dengan umpan seperti itu. Umpan bisa berupa potongan ikan, anakan katak, namun umpan paling ampuh berupa keong sawah dan belut.

Teknik Memancing

Teknik untuk memancing kepiting tidaklah susah. Setelah peralatan mancing siap ikat umpan pada kenur lalu lempar umpan ke tempat yang dirasa ada kepiting. Usahakan kenur jangan terlalu kencang. Bila umpan dimakan kenur akan menegang dan saat itulah tarik joran. Tarik joran secara perlahan dan jangan sekali-kali menghentakan joran karena INGAT kita memancing tidak menggunakan kail. Tarik perlahan sampai permukaan air, setelah kepiting terlihat lalu serok kepiting  dan angkat.





Related Posts:

0 Response to "Umpan Jitu Kepiting Di Sungai Paling Ampuh"

Post a Comment