Umpan Jitu Ikan Sili Paling Ampuh Dan Cara Mancingnya


Umpan Jitu Ikan Sili Paling Ampuh Dan Cara Mancingnya - Jenis ikan satu ini memang sangat jarang ditemui. Habitat Ikan Sili atau Ikan tilan, sisili, soleng dan ada juga yang menyebutnya ikan belut berduri berada di sungai dalam dan arus yang cukup deras. Bentuk ikan sili memang sangat aneh dan unik, bagi mereka yang baru melihatnya pasti merasa aneh dengan bentuknya yang lebih menyerupai ular dan belut. Namun corak dari ikan sili sangat indah, itulah kenapa banyak orang menjadikan ikan ini sebagai ikan hias.

mancing ikan sili

Ikan yang berasal dari AS ini paling suka berada didasar sungai dan bersembunyi didalam lumpur. Di indonesia ada 11 jenis ikan sili yang menyebar di sungai - sungai di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan juga Sulawesi. Namun populasi ikan sili saat ini sudah jarang. Itu dikarenakan banyaknya perburuan untuk konsumsi maupun sebagai ikan hias.

Habitat  Ikan Sili

1. Sungai dengan Arus deras

Pada dasarnya ikan sili hidup di aliran sungai yang dalam dan berarus deras. Ikan sili lebih suka menyembunyikan diri di lumpur dasar sungai.

2. Air Sungai Kehijauan

Ikan ini bisa hidup di berbagai jenis kondisi air. Termasuk sungai yang airnya cenderung kehijauan. Air sungai berwarna hijau bisa disebabkan oleh masuknya air dari persawahan atau bisa juga banyaknya lumpur yang ada di sungai tersebut. Ikan sili juga bisa hidup di sungai dengan kondisi air kecoklatan.


Ikan sili termasuk jenis ikan yang sulit dipelihara maupun dibudidayakan. Perbedaan karakter tempat budidaya dengan habitat aslinya yang mempengaruhi sulitnya budidaya ikan ini. Makanan utama ikan ini adalah serangga dan hewan-hewan kecil yang hidup disungai.

Namun umpan paling ampuh untuk mancing ikan sili adalah udang. Dan sangat disarankan udang dalam kondisi masih segar dan hidup.


Cara Pasang Udang Kekail

Kaitkan kail pada ekor udang agar udan tetap hidup dan bisa berenang bebas. Untuk mencari udang kalian bisa menangkapnya di pinggiran sungai maupun kolam ikan dengan bantuan serokan ikan.

Cara Memancing Ikan Sili

Saat akan memancing ikan sili sebaiknya gunakan pelampung agar udang tetap melayang di air, serta bisa bergerak bebas. Usahakan umpan hampir menyentuh dasar sungai. Kira-kira 10 cm dari dasar sungai. Bila arus sungai terlalu deras gunakan timah atau pemberat agar umpan tidak terbawa arus. Mancing Mania MANTAAAP.





0 Response to "Umpan Jitu Ikan Sili Paling Ampuh Dan Cara Mancingnya"

Post a Comment