Racikan Umpan Ikan Wader Paling Ampuh Di Sungai Dan Rawa


Racikan Umpan Ikan Wader Paling Ampuh Di Sungai Dan Rawa - Sebelum membahas Umpan Jitu Ikan Wader, sebaiknya ketahui dahulu apa itu ikan wader?. Ikan Wader merupakan ikan air tawar yang banyak ditemukan di sungai kecil, persaeahan, saluran irigasi maupun sungai besar. Dibeberapa daerah ikan wader mempunyai sebutan yang berbeda-beda. Misalnya orang betawi menyebutnya ikan cere, ikan paray sebutan ikan wader oleh orang Sunda, di sumatera disebut ikan pantau dan ikan seluang di kalimantan, sedangkan orang jawa menyebutnya ikan wader ijo, ikan gotor, ikan lunjar, ikan kepek dan ikan tompok dua.

Habitat yang disukai ikan wader yaitu aliran air yang deras dengan kondisi air yang masih jernih, dengan bebatuan. Karena umpan alami ikan wader  berupa hewan kecil yang hidup disekitar bebatuan. Ikan wader dewasa tumbuh hanya sekitar 4 sampai 5 jari saja, namun ikan ini tetap menjadi target para pemancing karena tarikannya yang kuat. Meski ukurannya yang tergolong kecil namun dengan bentuk tubuhnya yang memanjang dan merupakan perenang cepat, ikan wader akan membuat pemancing kewalahan.


Sebelum memancing ikan wader di alam liar kalian wajib mempersiapkan peralatan, umpan serta teknik untuk mancing ikan wader sesuai spot atau lokasi mancing.

1. Peralatan/Piranti (Joran, Senar, Kail) untuk mancing ikan wader.

Dalam memilih piranti tidak boleh di anggap remeh. Meskipun ikan wader tergolong ikan yang gampang dipancing namun sebaiknya gunakan piranti yang pas agar sensasi saat memancing lebih terasa. Untuk pemilihan joran kalian bisa menggunakan joran dengan panjang antara 120 - 150 cm dengan tingkat kelenturan yang tinggi. Namun apabila kalian menemukan spot yang sulit dijangkau kalian bisa gunakan joran lebih panjang.

Dalam memilih senar juga tidak kalah penting. Untuk sungai atau spot dengan arus deras dan kedalaman sekitar 1 meter disarankan menggunakan senar dengan ukuran 1.5 lbs - 2.5 lbs. Namun jika spot berupa rawa, kolam, atau danau dengan air yang tenang gunakan ukuran 0.5 lbs - 1 lbs.

Selain joran dan senar ada satu lagi piranti yang perlu perlakuan khusus yaitu pemilihan kail. Ukuran mulut ikan wader yang kecil harus disesuaikan dengan kail juga. Dalam menentukan ukuran kail sebaiknya gunakan kail no. 0.1 sampai no. 0.8.


2. Teknik atau cara mancing ikan wader liar di sungai, rawa atau danau

Kebiasaan ikan wader mencari makan di dasar sungai. Maka dari itu teknik paling jitu untuk mancing ikan wader yaitu teknik glosor dimana umpan berada diujung dan dibawah pemberat serta tanpa menggunakan pelampung. Namun apabila spot dangkal dan kurang dari 1 meter sebaiknya gunakan pelampung. Tapi  tetap gunakan pelampung ukuran kecil agar terlihat saat umpan disambar ikan wader.

Dalam menyambar umpan ikan wader akan langsung dibawa di santap. Biarpun bentuk tubuhnya yang kecil namun saat memakan umpan terlihat seperti ikan babon. Berbeda sekali dengan ikan mas dan ikan nila, yang saat menyantap umpan dengan pelan dan hati-hati.

3. Umpan Jitu Mancing Ikan Wader/Benter/Beunteur di Alam Liar

Hal paling utama saat akan mancing tentu saja umpan. Kenapa?? Karena umpan yang jitu dan ampuh akan lebih menarik ikan untuk menyambarnya. Inilah beberapa umpan yang jitu untuk mancing ikan wader di sungai maupun danau.

  1. Cacing Sawah
  2. Cacing Merah
  3. Rayap Karet
  4. Rayap Bambu
  5. Larva Buah Nangka
  6. Ulat Batu
  7. Cacing Kawat
  8. Laron
  9. Kecoa



Selain umpan alami diatas kalian juga bisa menggunakan umpan racikan. Inilah beberapa umpan racikan yang juga ampuh untuk mancing ikan wader.

1. Mie Instant + Sari Buah (essen rasa buah)

Cara membuatnya :
Tumbuk mie instant sampai halus lalu rebus mie instant setelah matang tambahkan 3 tetes essen kedalam adonan lalu ratakan. Kemudian bentuk bulat kecil-kecil, umpanpun siap digunakan.

2. Umpan Ikan Wader 2

Bahan :

  1. Jagung muda
  2. Mentega
  3. Perangsang Ikan
  4. Kinoy kristal


Cara membuatnya :
Parut jagung muda lalu kukus sampai matang dan mengeras lalu tambahkan perangsang. Bila adonan masih kurang keras tambahkan kinoy kristal secukupnya. Setelah tekstur adonan dirasa cukup bentuk sesuai keinginan. Umpan ini mampu bertahan hingga 4 jam.

Sekian tips dan umpan memancing ikan wader liar di sungai, danau maupun rawa. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat.





Related Posts:

3 Responses to "Racikan Umpan Ikan Wader Paling Ampuh Di Sungai Dan Rawa"