3 Umpan Ikan Nilem Jitu Terbukti Ampuh


3 Umpan Ikan Nilem Jitu Terbukti Ampuh - Ikan Nilem merupakan ikan air tawar yang menyebar di Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia, Brunai Darussalam dan juga Indonesia. Di Indonesia ikan nilem menyebar hampir di seluruh wilayah. Di pulau jawa ikan nilem termasuk ikan konsumsi favorit. Ikan ini juga banyak dibudidayakan di pulau jawa.

Ikan nilem bertubuh sedang dengan panjang hingga 26 cm. Moncong berbentuk bulat tumpul dengan bibir yang berkerinyut. Suatu percobaan di Danau maninjau, Sumatera Barat, Ikan nilem diberi pakan secara khusus berupa fitoplankton yang banyak terdapat didanau tersebut. Sehingga bisa membersihkan air danau dari fitoplankton.

umpan mancing ikan nilem

Habitat ikan nilem ialah sungai maupun danau yang masih jernih dan belum tercemar. Ikan nilem atau ikan melem termasuk jenis ikan omnivira, yaitu pemakan segala. Untuk nemancing ikan nilem sebenarnya tidak begitu sulit. Namun kita harus tahu faktor yang mempengaruhi nafsu makan ikan nilem.

Misalnya cuaca, pada saat turun hujan kondisi air akan keruh. Pada kondisi seperti ini umpan yang pas adalah umpan alami seperti udang segar atau cacing tanah. Bisa juga gunakan jenis serangga kecil lainnya.

Pada saat cuaca atau keadaan air normal, kalian bisa menggunakan lumut sebagai umpan. Bisa juga gunakan umpan racikan agar bisa lebih jitu. Gunakan umpan yang masih segar berbau wangi agar lebih menggoda ikan nilem.


Sebenarnya banyak sekali racikan yang digunakan dikalangan pemancing. Namun kali ini mimin akan share umpan ikan melem atau ikan nilem yang menurut mimin paling jitu.

>> Racikan Umpan Jitu Ikan Nilem 1

Bahan - bahan :

  1. 2 butir telor bebek
  2. 2 helai daun pandan
  3. 1 buah ubi jalar (rebus)
  4. 1 bgks biskuit marie susu
  5. Tepung terigu secukupnya
  6. Keju kraft 1/4 bungkus.


Cara pembuatan :
Pertama tama rebus telor (masukan putuh dan kuning telor) bersama daun pandan agar aroma wangi menyerap kedalam telor. Rebus hingga air habis. Setelah matang pisahkan telor dengan daun pandan. Lalu campurkan telor dengan keju (parut terlebih dahulu keju tersebut) aduk hingga menyatu. Lalu masukan ubi jalar yang telah direbus, biskuit marie susu, dan tepung terigu. Kemudian aduk kembali hingga semuanya benar-benar menyatu.

>> Racikan Umpan Jitu Ikan Nilem 2

Bahan-bahan :

  1. 5 tetes essens nangka
  2. 1 bungkus Indomie
  3. 2 buah roti marie susu


Cara membuatnya :
Rebus indomie (ambil mie.nya saja dan ingat rebus jangan terlalu matang). Setelah itu siapkan wadah dan masukan roti marie susu kemudian tumbuk hingga halus, lalu tambahkan indomie dan aduk hingga tercampur rata. Setelah itu tambahkan 5 tetes essens nangka, aduk kembali hingga menyatu. Dan umpanpun siap digunakan.


>> Racikan Umpan Jitu Ikan Nilem 3

Bahan-bahan :

  1. 1 bungkus Kinoy Cristal
  2. 1 Kaleng Deho
  3. 1 bungkus Pa ikin
  4. Air panas secukupnya.


Cara membuatnya :
Siapkan wadah lalu masukan Deho (ambil dagingnya saja). kemudian campurkan kinoy crystal dan pa ikin lalu aduk hingga menyatu. Bila adonan dirasa kurang pulen tambahkan air panas secukupnya.

Demikian umpan jitu ikan nilem yang bisa mimin bagikan. Semoga bisa bermanfaat.





0 Response to "3 Umpan Ikan Nilem Jitu Terbukti Ampuh"

Post a Comment