Umpan Jitu Ikan Keting/Lundu Di Sungai Dan Rawa


Umpan Jitu Ikan Keting/Lundu Di Sungai Dan Rawa - Pastinya semua orang tahu ikan keting. Ikan ini juga biasa desebut ikan lundu, ikan kating, ikan berengit, ikan ndaringan, ikan sengat, ikan ririgi, ikan senggiringan dan juga ikan kalibere. Ikan keting sebenarnya masih satu keluarga Dengan ikan patin maupun ikan sembilang, yakni sama-sama keluarga catfish yang ciri-cirinya mempunyai kumis, patil, dan tubuhnya tanpa sisik.


Habitat Ikan Keting/Ikan Lundu


Ikan keting banyak dijumpai di Asia Tenggara seperti Malaysia, Brunei Darusalam, Singapura, Thailand juga Indonesia.Di Indonesia ikan lundu menyebar hampir diseluruh pulau-pulau seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan pulau-pulau kecil lainnya. Habitat asli ikan ini adalah sungai, muara dan juga rawa. Namun ikan keting juga tak jarang dijumpai di danau, persawahan, selokan kecil maupun pinggiran laut.

umpan ikan keting


Karakter Ikan Keting/Ikan Lundu


Ikan keting termasuk jenis ikan omnivora yang artinya pemakan segala. Ikan kating dikenal sangat rakus dalam memangsa umpan. Ikan ini bisa tumbuh hingga 20 cm. Didalam akuarium ikan kating juga sering memangsa ikan-ikan yang lebih kecil. Saat kalian memelihara di akuarium sebaiknya pisahkan dengan ikan yang ukurannya lebih kecil. Tidak hanya siang hari namun pada malam hari ikan keting juga sangat aktif. Saat banjir tiba Ikan Keting akan bermigrasi ke sungai dan akan kembali lagi ke muara saat hujan turun.


Kebanyakan pemancing kurang menyukai ikan ini. Ukurannya yang relatif kecil daginya yang sangat sedikit menjadiian ikan keting kurang diminati. Bahkan ikan keting bisa disebut hama. Saaat memancing ikan kakap atau baramundi tak jarang justru ikan kating yang menyambar dan memangsa umpan.


Umpan Jitu Mancing Ikan Keting/Lundu


Namun sebenarnya strike ikan keting juga lumayan lohh. Meski ukurannya kecil namun ikan keting sangat agresif, dan rakus saat memangsa umpan. Tidak sulit untuk memancing ikan keting. Karena jumlahnya yang banyak dan bergerombol kalian akan dengan mudah merasakan strike berulang-ulang bahkan untuk angler/pemancing pemula sekalipun.


Dalam memancing ikan keting tidak diperlukan umpan khusus, asalkan umpan berbau amis pasti akan langsung disambar ikan yang satu ini. Namun tidak ada salahnya menyiapkan umpan jitu kalian. Disarankan gunakan umpan berupa Cacing, Udang, Ikan kecil dan Katak kecil.

Untuk peralatan memancing bisa menggunakan Joran tegek maupun menggunakan reel, tergantung spot itu sendiri. Sebaiknya gunakan pelampung agar saat menggunakan umpan hidup bisa leluasa bergerak. Pilih spit yang masih bersih dan tidak tercemar, dan biasanya spot yang seperti itu lebih banyak ikan jenis ini.

Sekian penjelasan dari mimin mengenai ikan keting. Selain mudah dipancing juga tidak akan menguras kantong kalian karena umpannya sangat mudah didapat. Cukup menarik bukan???Mungkin bisa menjadi alternatif saat akan memancing. Sekian dan semoga bisa bermanfaat.






0 Response to "Umpan Jitu Ikan Keting/Lundu Di Sungai Dan Rawa"

Post a Comment