10 Racikan Umpan Ikan Lele Jitu Dan Ampuh


10 Racikan Umpan Ikan Lele Jitu Dan Ampuh - Ikan yang satu ini terkenal dengan patil, kumis serta licin saat ditangkap. Gerakan yang gesit serta kebiasaan hidup bergerombol, Ikan lele juga sangat agresif saat mencari makan.

Habitat Asli Ikan Lele

Habitat ikan lele berada di sungai, rawa, danau, serta areal persawahan. Bahkan tak jarang juga ikan lele juga banyak ditemui di selokan-selokan depan rumah.

Ikan lele memang memiliki kemampuan beradaptasi yang baik, sehingga dapat hidup di perairan yang kotor serta kadar oksigen yang rendah.

umpan ampuh ikan lele

Ikan ini merupakan ikan nokturnal yang aktif pada malam hari. Ikan lele akan lebih aktif mencari makan pada malam hari. Sedangkan pada siang hari ikan lele akan lebih sering berdiam di bebatuan dan tempat-tempat yang teduh.

Namun berbeda lagi jika kalian memancing ikan lele di kolam pemancingan. Tidak seperti di alam liar, sifat nokturnal ikan lele yang hanya aktif di malam hari TIDAK berlaku. Di kolam pemancingan ikan lele mencari makan kapan saja baik pagi, siang maupun malam.

Kenapa ? ? ?

Kebiasaan ikan lele diberi makan pagi hari, siang hari, sore hari maupun malam hari. Hal ini menyebabkan sifat alami nokturnal ikan lele hilang. Jadi tak perlu menunggu malam hari saat kalian akan memancing ikan lele di kolam pemancingan.

Umpan Jitu dan Ampuh Memancing Ikan Lele

Sesuai dengan topik mimin"admin" akan share umpan Ikan lele di alam liar maupun di kolam pemancingan. Memancing ikan lele sebenarnya tidaklah sulit, ikan ini termasuk pemakan segala. Namun harus tepat dalam pemilihan umpan.

Berikut ini umpan mancing ikan lele malam hari paling ampuh, Umpan ini bisa di gunakan di sungai, rawa, danau maupun kolam  :


1. Cacing

Cacing merupakan umpan ikan lele yang sudah paling sering digunakan. Menurut pengalaman sesama pemancing umpan cacing memang terbukti ampuh. Jenis cacing yang digunakan seperti cacing cobra, cacing merah dan cacing lur.

pemancing bisa menggunakan 4 sampai 5 cacing sekaligus dalam satu kail. Bentuk bergerombol dalam satu kail secara tidak langsung akan menarik perhatian ikan lele untuk menyambarnya.

2. Jangkrik

Umpan yang satu ini tergolong cukup ampuh untuk mendaratkan ikan lele. Sebelum dipasang kekail buang kaki dan kepala lalu tancapkan kail dari leher kebawah. Keluarkan sedikit isi perut jangkrik agar lebih menarik ikan lele untuk menyambarnya. Biar lebih jitu dan ampuh bakar sebentar jangkrik agar aromanya keluar.


3. Orong-orong

Selain jangkrik, orong-orong juga disukai ikan lele. Ukurannya yang pas, tidak telalu kecil dan besar pula sehingga bisa langsung dipasang kekail. Usahakan umpan tetap hidup agar ikan lele lebih tertarik mendekati dan melahapnya.

4. Katak kecil atau kodok

Di alam liar kodok atau katak kecil menjadi makanan utama buat ikan lele. Sebaiknya gunakan kodok ukuran kecil agar bisa langsung dipasang kekail dalam keadaan utuh. Umpan kodok bisa digunakan untuk memancing di sungai maupun di kolam.

5. Ikan ukuran kecil

Dengan julukannya sebagai predator air tawar. Sama seperti ikan gabus, ikan lele juga gemar menyantap ikan-ikan yang ukurannya lebih kecil darinya. Bahkan saat lapar ikan lele tak segan memakan lele lain yang lebih kecil darinya.

6. Usus ayam

Dari beberapa jenis umpan diatas mungkin umpan satu ini yang mimin anggap paling jitu dan ampuh. Aroma amis yang khas akan sangat menggoda ikan lele untuk langsung menyambar. Umpan usus ayam bisa digunakan di sungai, kolam maupun saat lomba galatama.

Agar aromanya makin tajam rendam usus kedalam minyak ikan beberapa menit. Kemudian kaitkan kekail dengan cara menggulung-gulungkan usus sampai kail tertutupi.

7. Umpan Daging

Karena ikan lele termasuk ikan predator, umpan dengan bahan dasar daging juga tergolong ampuh. Adapun jenis daging yang bisa kalian pakai seperti daging ayam, kambing, sapi dan jenis daging lainnya. Tapi umpan satu itu tidaklah murah, namun baunya yang khas akan lebih menarik nafsu makan ikan lele.

Sebelumnya kukus daging terlebih dahulu lalu suir atau potong sesuai ukuran kail. Agar lebih ampuh celupkan kedalam kuning telur bebek sesaat sebelum digunakan.

8. Cicak

Memang jarang sekali pemancing menggunakan umpan yang satu ini. Tapi jangan salah umpan cicak juga cukup ampuh lohh..!!. Tidak seperti jenis umpan lainnya yang bisa dipakai mentah-mentah. Umpan cicak harus dibakar terlebih dahulu agar aromanya keluar.

Aroma gosong serta amis setelah dibakar dapat memancing nafsu makan ikan lele. Biasanya pemancing memotong menjadi 3 bagian sebelum dipasang kekail.

9. Belut

Untuk umpan berupa belut, bakar terlebih dahulu agar aroma dan bau amisnya lebih terasa. Potong seukuran kail saat akan digunakan.

10. Keong Sawah

Umpan alami yang terakhir adalah keong sawah. Sebelumnya pecahkan cangkang keong sawah lalu ambil dagingnya saja. Bila terlalu besar potong keong menjadi 2 bagian. Baunya yang amis tentu akan sangat menggoda ikan lele untuk memakannya.

Sebagai tambahan mimin bagikan racikan umpan ikan lele di sungai dan kolam. Bebeda dengan umpan diatas. Umpan dibawah ini terdiri dari beberapa bahan yang harus diracik terlebih dahulu agar bisa digunakan.

Racikan Umpan Ikan Lele di Sungai dan Kolam :


1. Racikan Umpan Ikan Lele 1

Bahan :

  1. Terasi
  2. Kuning telur rebus
  3. Pelet ikan 781 - 2 SP
  4. Bawang Putih
  5. Air Secukupnya.


Cara meraciknya :
Siapkan wadah lalu campur semua bahan dan aduk hingga rata. Bila adonan kurang encer tambahkan air secukupnya.

2. Racikan Umpan Ikan Lele 2

Bahan :

  1. Terasi
  2. Kuning telur rebus
  3. Pelet udang
  4. Bawang putih
  5. Ati ayam rebus
  6. Madu
  7. Air secukupnya.


Cara meraciknya :
Campur semua bahan jadi satu lalu aduk hingga rata. Kemudian bentuk adonan bulat sesuai ukuran kail.

3. Racikan Umpan Ikan Lele 3

Bahan :

  1. Terasi
  2. Kuning telur rebus
  3. Pelet ikan PF 1000
  4. Bawang putih
  5. Madu
  6. Air panas secukupnya.


Cara meraciknya :
Siapkan wadah lalu masukan semua bahan kemudian aduk hingga merata.

4. Racikan Umpan Ikan Lele 4

Bahan :

  1. Terasi
  2. Kuning telur rebus
  3. Pelet ikan PF 1000 + 781-2 SP
  4. Bawang Putih
  5. Ikan teri
  6. Tepung udang
  7. Air secukupnya.


Cara meraciknya :
Sama seperti meracik ketiga umpan diatas,  campurkan semua bahan jadi satu lalu aduk sampai rata. Kemudian bentuk adonan bulat-bulat.


Cara Memancing Ikan Lele

1. Siapkan Piranti/Peralatan Memancing

Piranti wajib yang harus ada yaitu Reel, Joran, Senar, Pelampung, Kail. Gunakan senar pancing ukuran miminal 3 kg usahakan gunakan senar dengan warna tidak mencolok. Sedangkan kail bisa menggunakan ukuran 8 sampai 10 atau bisa disesuaikan dengan ukuran ikan target.

2. Tempat atau Spot

Pilih spot yang dalam, biasanya ikan akan berdiam di tempat paling dalam atau bekas galian. Selain itu ikan lele juga suka berdiam di pojok kolam. Bila kalian memancing di siang hari carilah tempat yang teduh, karena disiang hari ikan lele akan berdiam ditempat seperti itu.

3. Selera Makan Ikan Lele Yang berubah-ubah

Saat memancing bawalah 2 atau lebih umpan. Ikan lele akan cepat bosan dan tidak nafsu makan. Jadi bila umpan yang pertama sudah tidak ada lagi sambaran ganti dengan umpan yang lainnya.

Itulah tips dan umpan ampuh untuk memancing ikan lele yang perlu kalian coba. Selamat mencoba.






Related Posts:

4 Responses to "10 Racikan Umpan Ikan Lele Jitu Dan Ampuh"

  1. A lavabo costuma ser considerada que nem a natureza mais proveitoso e
    também flexível a fim de fins terapêuticos.

    ReplyDelete
  2. As the admin of this website is working, no question very soon it will be well-known, due to its feature contents.

    ReplyDelete