Cara Memilih Ikan Koi Berkualitas Untuk Kontes Dan Hias


Cara Memilih Ikan Koi Berkualitas Untuk Kontes Dan Hias - Bagi sebagian orang memelihara ikan koi tentunya sangat mengasikan, apalagi dipelihara sejak anakan. Namun buat pemula memilih anakan ikan koi yang bagus tentu tidak mudah. Memelihara ikan koi yang berkualitas tentu akan memberikan kepuasan tersendiri. Terlebih lagi ikan koi yang kita pelihara bisa memenangkan kontes atau lomba.

Mencari anakan ikan koi berkualitas tentu tidak mudah. Tentunya kita harus tau ciri-ciri ikan koi berkualitas namun dengan harga yang murah. Bibit ikan koi banyak dijual di pasar ikan maupun peternakan. Biasanya harga ikan koi di peternakan lebih mahal dari pada di pasar. Perbedaan harga ini disebabkan oleh biaya perawatan di peternakan lebih mahal. Namun tentunya di imbangi dengan kualitas yang bagus pula.

Sebelum membeli ikan koi alangkah baiknya kalian tahu jenis-jenis ikan koi terlebih dahulu. Biasanya ikan koi terdiri dari warna putih yang didominasi merah terang. Namun sebenarnya masih banyak warna lainnya.

Berikut ini jenis-jenis ikan koi berdasarkan warnanya :

1. Koi Doitau Showa, yaitu ikan koi dengan corak merah dan putih dan warna dasar hitam. Ikan koi jenis ini memiliki sisik hanya dibagian punggung saja.


2. Koi Hikari, yaitu Ikan koi dengan warna metalik atau silver yang berwana tunggal. Koi jenis ini termasuk langka karena memang sangat jarang ditemui dipasaran.


3. Koi Kingirin, yaitu Ikan koi jenis ini memiliki warna perak dan hitam bercampur warna emas dibadannya.


4. Koi Kohaku, Ikan Koi ini memiliki corak warna merah dan putih dibadannya.


5. Koi Sanke, yaitu ikan koi dengan corak warna hitam dan warna putih sebagai dasarnya.


Dibawah ini beberapa hal perlu kalian ketahui untuk mendapatkan ikan koi yang berkualitas  sebelum anda membelinya :

A. Tentukan dahulu kita akan memelihara ikan koi anakan atau sudah besar?? 


  1. Untuk pemula sangat disarankan untuk memelihara ikan koi anakan saja dengan ukuran kira-kira 10 cm. Adapun alasannya, karena??
  2. Harga ikan koi anakan lebih murah dibandingkan ikan koi dewasa. Jadi harga 1 ikan koi dewasa bisa untuk membeli 5 ekor ikan koi anakan.
  3. Karena kita pemula, kemungkinan ikan koi mati lebih besar.
  4. Perawatan ikan koi anakan lebih mudah dibandingkan ikan koi dewasa.
  5. Ikan koi yang dipelihara dari anakan cenderung lebih jinak.



B. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli ikan koi. Apa sajakah itu??


  1. Belilah ikan koi ditempat yang bisa dipercaya atau referensi dari teman.
  2. Carilah tempat atau penangkar yang mempunyai banyak pilihan ikan koi.
  3. Jika ingin membeli jenis tertentu pilihlah ikan koi yang mempunyai garis keturinan yang jelas.
  4. Pilihlah penangkaran yang mempunyai sirkulasi air lancar, dan pastinya kesehatan ikan koi juga terjamin.
  5. Pilihlah ikan koi ditempat yang terbuka, karena akan lebih jelas warna asli ikan tersebut.


C. Beberap Tips yang perlu diperhatikan dalam memilih ikan koi.

1. Bentuk Tubuh

  • Pilihlah ikan koi dengan bentuk yang ideal. Bentuk tubuh yang ideal yaitu mempunyai perbandingan antara tinggi tubuh dan panjang tubuh 1:2, 1:3. Serta pilih dengan bentuk tubuh bulat.
  • Pilih tubuh yang lurus dan tidak melengkung jika dilihat dari atas.
  • Pilihlah ikan koi yang tenang dan seimbang saat berenang. Gerakan seperti itu dipengaruhu posisi sitrip yang simetris. Dikalangan pehobi ikan koi yang bergaris seimbang dianggap memiliki jitai yang baik.
  • Bentuk jitai yang baik dan ideal terdapat pada ikan koi jenis cagoi, magoi dan asagi.
  • Bentuk sirip dada dan sirip perut harus sama besar. Sedanhkan sirip punggudan ekor harus proposional dengan panjang dan tinggi tubuh.
  • Bentuk anggota tubuh lainnya harus proposional dan serasi. Jangan pilih hidung yang terlampau mancung atau terlalu tenggelam tertimbun daging. Namun jika hidung ikan koi terlalu terbuka kemungkinan ikan koi terpernah mengalami sakit pada insang.


2. Warna dan Pola

  • Pilih warna yang cerah, cemerlang dan kontras. Misalnya warna merah pada jenis kohaku harus benar-benar cemerlang dan cerah. Sementar itu warna putihnya harus putih salju dan tidak kekuningan atau ada bercak lainnya.
  • Pilih ikan koi yang pola warnanya seimbang atara tubuh sebelah kiri dan kanan.
  • Pertemuan antara wqrna merah dan putih harus berbatas tajam. Artinya pada pertemuan itu tidak ada warna lain atau bayangan warna merah.
  • Belilah ikan koi pada musim panas, alasannya ikan koi sedang tumbuh pesat pada miswim panas. Jadi jika ada perubahan warna akan tetlihat jelas.


3. Kesehatan

  • Hindari memilih ikan koi yang tampak lesu, gerakannya lamban dan tidak seimbang atau malas bergerak. Biasanya ikan koi seperti itu sedang sakit.
  • Gerakan insang yang cepat, artinya ikqn tersebut sedang kesulitan bernafas karena kondisinya tidak sehat.
  • Hindari ikan koi yang selalu menyendiri, hal itu naluri ikan koi yang tidak mqu menularkan penyakit ke temannya. Dan artinya koi tersebut sedang sakit.
  • Walaupun bentuk tubuh dan warnanya sempurna namun jika ciri-ciri diatas ada sebaiknya tidak mengambil resiko. Meskipun dapat disembuhkan namun pertumbuhan ikan itu akan terhambat.


D. Bagaiman Cara membedakan antara koi lokal dan Impor?? 


  1. Warna ikan koi lokal kurang tajam dibandingkan koi impor,  misalnya warna putih pada koi impor tidak pudar dan tidak kekuningan.
  2. Bentuk tumbuh koi import cenderung bulat, berbeda dengan koi lokal yang bentuknya cenderung pipih.
  3. Sifat ikan koi lokal lebih liar dan cenderung agresif berbeda dengan koi impor yang lebih mudah ditangkap.


E. Cara Memilih Ikan Koi Untuk Lomba Atau Kontes

Berbeda dengam ikan koi hias untuk keperluan kontes kriteria ikan koi swmakin ketat. Ikan koi kontes harus berkualitas dan seauai dengan kriteria penjurian.

Pada umumnya level ikan koi yang berkualitas dapat dikelompokan dalam 3 level, yaitu :

1. Pond Quality

Pada level ini ikan koi diperoleh dari pedagang tabg yang telah melewati proses penyortiran dari penjual, toko ikan atu peternak ikan hias. Ikan koi di level ini kebanyakan tidak diketahui histori garis keturunannya.

Meskipun garis keturunannya tidak jelas namun terkadang banyak juga ikan koi yang berkualitas dan indah. Dan yang paling menonjol harganya relatif lebih murah.


2. Ornamental Quality

Di level ini ikan koi mempunyai catatan garis keturunan yang bisa dipertanggung jawabkan. Ikan koi di level ini mempunyai warna yang indah dan lebih berkualitas.

Namun ikan koi level ini masih belum bisa diikutsertakan lomba karena biasanya tidak memiliki pola warna yang serasi. Ikan koi ini bisa dijadikan indukan yang baik dan harganyapun tidak terla mahal.

3. Show Quality

Level inilah yang paling bagus dan mempunyai kriteria layak kontes atau lomba.

Ciri-cirinya :

  1. Bentuk tubuhnya bagus
  2. Agak bulat menyerupai torpedo dengan warna yang cerah cemerlang
  3. Bentuk tubuhnya bagus, biasanya menyerupai torpedo dengan kualitas warna yang cerah cemerlang
  4. Kulit sisik tampak mengkilap
  5. Batas warna yang tegas, tidak membayang misalnya pertemuan warna merah dan putih harus jelas dan tidak membayang
  6. Pola seimbang


Itulah beberapa tios dalam memilih ikan koi yang berkualitas untuk kontes maupun sekedar ikan hias. Semoga bisa bermanfaat.





Related Posts:

0 Response to "Cara Memilih Ikan Koi Berkualitas Untuk Kontes Dan Hias"

Post a Comment