Umpan Ikan Tombro/Mahseer Di Sungai Paling Ampuh


Umpan Ikan Tombro/Mahseer Di Sungai Paling Ampuh - Pernahkah kalian mendengar ikan tombro atau ikan mahseer, ada juga yang menyebutnya ikan lepon. Dibeberapa daerah sebutan untuk ikan tombro atau ikan mahseer berbeda-beda. Namun sebutan atau nama umum untuk ikan ini adalah ikan semah. Ikan semah atau tombro merupakan ikan air tawar yang berasal dari Indo-Australia dan india.

Setiap daerah mempunyai sebutan yang berbeda-beda misalnya ikan kancra (Sunda), ikan tombro (jawa), ikan sapan (kalimantan), ikan batak (toba), ikan mahseer/kelah (Malaysia), ikan jurung (sumatra utara), ikan kerling (aceh), ikan pedih (gayo), ikan gariang (padang), ikan semah (palembang), ikan dewa (jawa barat), ikan torsoro (batak), ikan kancra bodas(kuningan), ikan tombro (jawa), ikan mahseer (internasional), dan masih banyak lagi sebutan didaerah lainnya.


Habitat Ikan Tombro atau Ikan Mahseer

Habitat Ikan ini berada di sungai-sungai yang beraliran deras di tadataran tinggi dengan kondisi air yang masih jernih. Namun sangat disayangkan populasi ikan tombro saat ini sangat memprihatinkan bahkan bisa dibilang hampir punah. Akibat penangkapan yang berlebihan, hal ini mengakibatkan sudah sangat jarang ditemukan ikan tombro di alam liar, biarpun ada ukurannyapun sangat kecil.

Kerabat ikan mas ini menjadi bahan pangan populer diberbagai negara karena rasanya yang enak dan gurih. Dan panjang maksimal bisa mencapai ukuran 1 meter, namun saat ini ukuran yang banyak ditemui hanya sekitar 30 cm.

Untuk mengantisipasi punahnya ikan tombro diberbagai tempat memberlakukan aturan zona larangan penangkapan. Contohnya di Padang Pariaman yang memberlakukan larangan penangkapan ikan tanpa seijin tetua adat setempat. Dipulau jawa ikan tombro atau mahseer bisa ditemukan di sekitar gunung ceremai di Kabupaten Kuningan. Dan untuk penangkapannyapun mulai dibatasi.


Cara Mancing Ikan Tombro atau Mahseer

Ikan mahseer banyak ditemukan di alama liar seperti sungai dan danau. Dengan kondisi air yang masih jernih dan berarus deras namun terkadang di arus tenang. Yang artinya ikan mahseer hidup di dataran tinggi atau pegunungan.

Karena habitat ikan tombro berada di aliran sungai yang deras sebaiknya gunakan timah pemberat agar umpan tidak bergeser dan terbawa arus. Selain itu disarankan menggunakan crane swipel untuk meminimalkan senar kusut karena derasnya arus.

Gunakan juga reel serta joran yang panjang, dengan tujuan dapat mencapai spot potensial yang kalian tuju.

Umpan Jitu Ikan Tombro atau Mahseer

Ikan tombro biasanya berdiam di pertemuan aliran air deras dengan air tenang. Selain itu ikan tombro juga suka di pusaran air dan juga diantara bebatuan besar. Dengan kondisi habitat dengan arus deras gunakan umpan dengan bahan dasar yang tidak gampang hancur terkena arus. Untuk memancing Ikan tombro sebenarnya tidak terlalu sulit, ikan ini termasuk omnivora atau pemakan segala.


Umpan yang bisa dipakai berupa belalang, ulat, jagung, umbi-umbian(rebus terlebih dahulu). Namun menurut para pemancing umpan berupa umbi-umbian dan jagung tergolong paling Jitu. Ada juga pemancing yang memakai kulit kelapa sawit sebagai umpan. Pemakaian kulit kelapa sawit bisa di kukus terlebih dahulu, bisa juga diiris mentah-mentah dan langsung dikaitkan ke mata pancing.

Untuk penggunaan jagung kalian bisa merebus jagung terlebih dahulu lalu ambil dagingnya dan kaitkan langsung kekail. Atau bisa juga daging jagung diparut sampai halus kemudian digiling agar pulen dan tidak mudah hancur, lalu bentuk bulat kecil-kecil seukuran kail.

Karena umpan jagung mudah sekali hancur terbawa arus. Periksa umpan secara rutin minimal 15 menit. Sedangkan 1 atau 2 jam untuk umpan berupa umbi-umbian dan kulit kelapa sawit. Agar ikan lebih tertarik menyantap umpan beri taburan umpan disekitarnya atau pemancing biasa menyebut dengan istilah umpan bom.

Sekian artikel dari mimin mengenai umpan jitu dan cara mancing ikan tombro atau mahseer. Semoga bisa bermanfaat.





0 Response to "Umpan Ikan Tombro/Mahseer Di Sungai Paling Ampuh"

Post a Comment