Tips Dan Umpan Mancing Ikan Betutu/Bloso Paling Jitu


Tips Dan Umpan Mancing Ikan Betutu/Bloso Paling Jitu - Ikan betutu merupakan ikan air tawar yang punya sensasi tersendiri bagi pemancing ketika strike. Ikan betutu mempunyai bentuk yang mirip dengan ikan gabus, bedanya ikan betutu mempunyai sirip yang agak lebar. Bentuknya memanjang serta terdapat bercak- bercak mirip ikan kerapu.

Di setiap daerah ikan betutu mempunyai nama yang berbeda-beda. Seperti ikan broso, bloso, boboso, boso, gabus malas,  gabus bego dan maaih banyak lainnya.

umpan mancing ikan betutu

Habitat Ikan Betutu/Boso

Ikan ini biasa ditemukan di sungai, danau, waduk dan muara. Ikan betutu biasa berdiam dan menunggu makanan seperti udang, ikan-ikan kecil mendekat. Setelah ikan betutu kenyang dia juga hanya akan berdiam dan malas bergerak. Hal inilah kenapa ikan betutu disebut juga ikan gabus malas.

Ikan betutu punya tarikan yang lumayan mantap, hampir sama seperti saat strike ikan gabus. Namun sangat disayangkan populasi ikan betutu dialam liar sangatlah jarang. Hal ini diakibatkan rusaknya habitat mereka.

Parahnya lagi sangat jarang orang yang membudidayakan ikan ini. Padahal ikan betutu mempunyai nilai jual yang cukup tinggi karena memang sudah jarang ditemukan. Ukurannya ikan betutu tidak begitu besar, dan hal ini yang membuat orang enggan membudidayakannya.

Orang jawa menyebut ikan betutu kecil dengan sebutan ikan kotes. Dan biasanya banyak ditemukan di sungai dan sawah.


Umpan Mancing Ikan Betutu/Boso

Ikan betutu termasuk jenis ikan pelagic yaitu ikan pemangsa yang hanya menunggu mangsanya datang. Warna dan bentuknya yang mirip dedaunan kering dan batu memudahkannya berkamuflase. Saat mangsanya datang mendekat ikan betutu langsung menyambar.

Umpan yang paling mantap dan jitu ialah udang dan cacing. Untuk penggunaan udang gunakan udang kecil sampai sedang. Buang kepala dan kulit udang lalu ambil dagingnya serta kaitkan ke kail.

Sedangkan umpan cacing gunakan cacing merah. Kalian juga bisa menggunakan cacing jenis lain. Namun cacing merah tetap paling jitu, cacing dengan warna merah tanpa banyak kotoran dan tanah.


Tips Dan Cara Mancing Ikan Betutu/Boso

Bagi kalian yang berniat memancing ikan ini sebaiknya simak dulu tips dan cara mancing ikan betutu ini:

1. Siapkan peralatan mancing seperti joran, reel, senar, kail, pelampung serta umpan.
2. Gunakan senar atau kenur ujuran 0.35 - 0.40. Untuk kail bisa menggunakan nomor 9. Agar ikan tidak mati patahkan ruit kail agar gampang melepaskan dari kail.
3. Carilah spot sebelum mulai memancing. Ikan betutu biasa berdiam didekat bebatuan dirawa dan sungai. Terkadang juga ditemukan di dekat tanaman air seperti enceng gondok.
4. Ikan betutu paling suka arus air yang tenang dan kedalaman air kira-kira setengah sampai 1 meter.
5. Waktu makan ikan betutu pada pagi hari antara jam 6 - 10. Sedangkan sore dari jam 5 - 7 malam.
6. Pada musim air besar ikan betutu akan bermigrasi dan memulai musim kawin. Saat inilah waktu yang tepat untuk berburu ikan betutu.
7. Ikan betutu termasuk ikan yang suka bergerombol. Jadi jika kalian sudah dapat satu kemungkinan strike kedua dan seterusnya lebih besar.
8. Saat menyambar umpan ikan betutu akan langsung menyambar dan menarik umpan jauh. Disini fungsi pelampung sangat menentukan sebagai indikator.
9. Satu hal yang tidak kalah penting. Jika kalian ingin membawa tangkapan dalam kondisi hidup sebaiknya jangan masukan ikan kedalam tempat yang tertutup dengan air penuh. Jangan menekan bagian bawah perut ikan yang akan menyebabkan ikan kejang dan mati.

Itulah tips serta cara mancing ikan betutu. Semoga bisa bermanfaat.





Related Posts:

0 Response to "Tips Dan Umpan Mancing Ikan Betutu/Bloso Paling Jitu"

Post a Comment