Umpan Ikan Baung : Umpan Kucur Paling Ampuh


Umpan Ikan Baung : Umpan Kucur Paling Ampuh - Tentu kalian tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini. Ikan baung mempunyai rasa daging yang gurih serta sensasi strike yang akan membuat pemancing kewalahan saat bertarung. Ikan baung banyak ditemukan di indonesia seperti jawa, sumatera, kalimantan dan beberapa daerah lainya.

Ikan baung mempunyai nama yang berbeda-beda disetiap daerah. Misalnya ikan sengol di jawa barat, ikan beong di jawa tengah, ikan patik di Kalimantan dan masih banyak nama lain diberbagai daerah.

mancing ikan baung dengan umpan kucur

Umpan Kucur Umpan Jitu Mancing Ikan Baung

Untuk memancing ikan baung tidaklah susah, ikan baung termasuk ikan yang rakus dan tidak pilih-pilih umpan. Namun kita juga harus tetap mempersiapkan umpan terbaik agar hasilnya bisa lebih memuaskan. Bicara tentang ikan baung tidak akan lengkap tanpa membahas umpan kucur.

Apa itu umpan kucur?? Didaerah sumatera dan kalimantan ada umpan yang khusus digunakan untuk memancing ikan baung yaitu umpan kucur. Umpan kucur terbilang sangat ampuh untuk bisa mendaratkan ikan baung.

Cara Membuat Umpan Kucur

Umpan ini terkenal sangat jitu namun baunya sangat menyengat dan busuk. Umpan kucur ialah umpan yang terbuat dari daging ikan baung juga ditambah jeroan kambing atau usus ayam ditambahkan segumpal kapas sebagai medianya.


Bahan - bahannya :

  1. Daging ikan baung secukupnya (bisa juga pakai daging ikan lain. 
  2. Usus ayam secukupnya.
  3. Lemak kambing atau lemak sapi secukupnya.
  4. Kapas secukupnya.


Cara Meracik :

  1. Masukan semua bahan kedalam wadah kecuali kapas yang bisa ditutup rapat seperti toples. 
  2. Tutup toples rapat dan usahakan kedap udara.
  3. Setelah itu timbun toples dalam tanah sampai semua bahan membusuk kurang lebih 3 hari 3 malam. 
  4. Lalu angkat toples kemudian campurkan kapas kedalam adonan. Lalu tutup kembali toples dan diamkan kembali adonan 1 hari 1 malam agar bau menyengat meresap kedalam kapas. 
  5. Dan umpanpun siap dugunakan. Ambil secuil kapas lalu kaitkan ke kail. 
  6. Lempar umpan ke spot tertentu lalu tunggu sampai umpan disambar.


Karena prosesnya yang cukup lama serta baunya yang sangat menyengat banyak pemancing yang enggan menggunakan umpan ini.

Namun bila kalian malas dan repot meracik umpan ini, Sekarang sudah banyak yang menjual umpan kucur ini. Hanganyapun tidak terlalu mahal kisaran Rp. 25.000 - Rp. 35.000. Cukup mencuil sedikit kapas lalu kaitkan kekail dan lempar ke spot tertentu.

Bila kalian tidak kuat dengan bau yang dihasilkan umpan kucur. Bisa menggunakan umpan alternatif yang tidak kalah jitu.

1. Usus Ayam

Salah satu umpan jitu selain kucur adalah usus ayam. Perlu kita ketahui pada dasarnya ikan kucur sangat menyukai umpan dengan bau yang menyengat. Usus ayam juga memiliki bau yang cukup menyengat meski masih mentah. Agar hasilnya lebih memuaskan tambahkan kuning telor bebek atau lemak sapi atau kambing agar baunya lebih khas dan menggoda.

2. Pelet Udang

Umpan pelet juga mempunyai bau yang menyengat sehingga cocok untuk memancing ikan baung. Dari berbagai macam pelet menurut pengalaman para pemancing pelet udang yang paling disukai ikan baung. Untuk menggunakan umpan pelet kalian bisa mencampurnya dengan kuning telor bebek atau terasi agar lebih jitu.

3. Cacing

Cacing memang jadi umpan wajib buat hampir semua jenis ikan. Tak terkecuali ikan baung, di habitat aslinya cacing juga menjadi makanan favorit ikan baung. Karena memang banyak hidup di rawa dan sungai yang menjadi habitat ikan baung sendiri.

Untuk menggunakan umpan cacing mimin rasa tidak memerlukan campuran bahan lainnya. Cukup kaitkan dua atau tiga cacing kekail dan umpan siap digunakan.

Selain beberapa umpan diatas masih banyak umpan alami lainnya seperti: jangkrik, ulat daun pisang, kroto, laron dan jenis serangga lainnya.

Tips Mancing Ikan Baung

Ikan baung termasuk kedalam keluarga lele atau ikan berkumis. Ikan jenis akan lebih aktif malam hari saat mencari makan. Pada malam hari ikan baung lebih mengandalkan indera penciumannya saat mencari makan.

Maka dari itu gunakan umpan yang berbau tajam agar lebih ampuh. Dan perlu mimin ingatkan lagi umpan kucur bisa jadi andalan karena baunya yang wauww.

Sebagai tambahan saja ikan baung senang berdiam du lubuk-lubuk sengai dengan membuat sarang atau liang didasar sungai.






Related Posts:

0 Response to "Umpan Ikan Baung : Umpan Kucur Paling Ampuh"

Post a Comment