Umpan Jitu Ikan Sepat Paling Galak


Umpan Jitu Ikan Sepat Paling Galak - Ikan sepat merupakan jenis ikan air tawar yang sangat banyak di temui di indonesia. Bentuk ikan sepat sangatlah mirip dengan ikan gurami, bedanya ikan sepat mempunyai ukuran yang lebih kecil. Ikan sepat dewasa hanya seukuran telapak tangan orang dewasa. Sedangkan ikan gurami bisa tumbuh hingga panjang 1meter lebih.

Habitat Ikan Sepat

Ikan sepat hidup diperairan yang kondisi airnya tenang seperti tepi sungai, rawa, dan danau serta persawahan. Ikan sepat sangat menyukai perairan yang banyak ditumbuhi tanaman air seperti enceng gondok, kangkung dan tanaman air lainnya.


Disekitar tumbuhan air ikan sepat mencari makan dan juga dijadikan tempat untuk menyimpan telur agar tidak dimangsa predator.

Karakteristik Ikan Sepat

Untuk mencari keberadaan ikan sepat tidaklah susah. Kebiasaan mengambil oksigen langsung kepermukaan air akan memudahkan kita mengetahui posisis ikan. Selain itu ikan sepat juga mempuyai kebiasaan bergerombol.

Cara Memancing Ikan Sepat

Memancing ikan sepat memang terkenal susah, hal ini membuat para pemancing angkat tangan untuk memancing ikan ini. Namun sebenarnya tidak sesusah yang kalian bayangkan asalkan kalian tahu trik dan cara memancing ikan ini.

Agar tangkapan bisa maksimal tentunya dibutuhkan piranti pendukung serta skill memancing yang lebih.  Piranti pendukung yang kita gunakan seperti  : Joran tegek, Senar/Benang, Kail, Pelampung, Timah Pemberat serta Umpan.

1. Joran Tegek

Sebenarnya kalian bisa menggunakan joran dengan tambahan reel. Namun karena spot ikan sepat berada di pinggiran sungai maupun rawa, jadi sebaiknya gunakan jorak tegek untuk mempermudah saat strike.

Joran tegek juga bisa mempermudah pemancing melempar umpan kespot tertentu. Untuk ukuran tegek bisa kalian sesuaikan dengan spot tersebut. Misalnya 1.5 meter sampai 5 meter.

Cari joran yang mempunyai kelenturan baik, sehingga mempermudah saat strike. Semakin kecil diameter joran semakin lentur pula joran tersebut. Joran seperti itu sudah banyak dijual ditoko toko alat pancing.

2. Senar / Benang

Senar juga sangat mempengaruhi hasil tangkapan kalian. Semakin kecil diameter senar maka semakin baik pula hasil yang akan kalian dapatkan. Senar dengan diameter yang tebal akan membuat ikan sepat malas dan takut menyambar umpan.

Senar ukuran 0.5 sampai 1 kg dirasa sudah cukup untuk meladeni ikan sepat. Lebih baik lagi gunakan senar dengan diameter kecil namun punya kekuatan yang baik. Selain itu gunakan senar dengan warna yang tidak mencolok.


3. Kail

Berbeda dengan jenis ikan tawar lainnya, ikan sepat mempunyai ukuran mulut yang sangat kecil. Bahkan bisa dibilang super kecil, untuk mengimbangi ukuran mulut sepat gunakan kail yang kecil pula. Kalian bisa menggunakan kail ukuran 0.1 - 0.5.

Namun untuk mencari kail ukuran 0.1 sangatlah susah. Tidak semua merk kail mengeluarkan ukuran 0.1. Ada juga merk import dan untuk mencarinya juga sangat sulit karena barangnya yang memang langka. Kail ukuran ini juga sangat jarang sekali pembelinya. Hal ini yang membuat para importir enggan memesannya.

Meskipun kail ukuran 0.1 sangat cocok untuk mancing ikan sepat dan prosentase strik lebih besar. Namun seringkali kail tertelan sampai tenggorokan karena ukurannya yang super mini.

Agar tidak terlalu merepotkan lebih baik menggunakan kail ukuran 0.3 atau 0.5. Meskipun tingkat keverhasilan strik tidak setinggi kail 0.1, namun setidaknya kail ukuran 0.3 atau 0.5 tidak terlalu merepotkan kita karena tertelan ikan sepat.

4. Pelampung

Dalam memilih pelampung tidak boleh asal - asalan. Pelampung jarum dengan bentuk lonjong memanjang dirasa yang paling pas untuk memancing ikan ini. Dengan ukuran ikan yang kecil tentunya tidak diperlukan pelampung yang besar pula bukan??.

Pelampung berbentuk jarum dirasa paling tepat. Ukurannya yang kecil serta ringan akan sangat membantu sebagai indikator saat umpan disambar.

5. Timah Daun / Pemberat

Sebaiknya gunakan timah daun atau timah lembaran. Kelebihan dari timah jenis ini kalian bisa dengan mudah menyesuaikan ukuran dan berat timah yang pas.

Sesuaikan ukuran timah agar umpan tidak terbawa arus air. Saat menambahkan timah usahakan pelampung jangan sampai tenggelam. Seting pelampung agar mengambang dan tenggelam setengahnya. Posisi seperti ini akan lebih efektif saat umpan disambar ikan.


6. Rangkaian

Untuk memancing ikan sepat bisa menggunakan 2 rangkaian mata kail. Rangkaian seperti itu biasa disebut rangkaian engkel. Buat rangkaian mata kail mengambang ditengah-tengah air, kira-kira 20 cm dengan panjang kail ke pemberat 5 cm saja. Hal ini dimaksudkan karena ikan sepat sering berada dipermukaan  air.

7. Umpan

Inilah hal yang sangat penting. Pemilihan umpan memang tidak boleh dianggap remeh. Salah memilih umpan tentunya akan berakibat fatal.

Sebenarnya banyak sekali jenis-jenis umpan yang dapat kalian gunakan. Seperti cacing, pelet, laron dan juga kroto. Namun berdasarkan pengalaman para pemancing umpan kroto dianggap paling jitu.

Untuk mendapatkan umpan kroto juga tidak susah. Banyak sekali penjual umpan kroto di toko toko pancing. Selain itu kroto juga banyak diperjualbelikan di pasar burung. Karena memang kroto menjadi makanan utama buat burung kicau.

Cara menggunakannya juga tidaklah susah. Cukup kaitkan kroto kekail 1 atau 2 ekor setiap kail. Lalu lemparkan umpan kespot yang kalian rasa ada ikan sepat.

Agar ikan sepat berkumpul di titik tertentu kalian bisa menggunakan bekatul atau dedak dengan cara menaburkannya disekitar spot tersebut.


Waktu Yang Tepat Memancing Ikan Sepat

Atur waktu memancing kalian agar hasilnya bisa lebih maksimal. Waktu yang paling tepat adalah pagi dan sore hari. Pada pagi dan sore hari matahari sudah mulai redup dan kondisi sekitar terlalu panas.

Selain itu saat musim penghujan datang juga menjadi saat panen ikan jenis ini. Pada musim penghujan ikan sepat akan berkembang biak sehingga jumlahnya akan bertambah banyak. Pada musim penghujan kadar oksigen dalam air akan bertambah sehingga akan menambah nafsu makan ikan.

Tips Memancing Ikan Sepat

Setelah semua perlengkapan siap kalian bisa langsung mulai memancing. Pertama tama carilah spot yang kalian rasa banyak terdapat ikan sepat. Hal ini ditandai dengan nongolnya ikan sepat keatas permukaan untuk mengambil oksigen. Sifatnya yang bergerombol saat mencari makan jadi bisa dipastikan akan banyak ikan sepat lain disekitarnya.

Jangan lupa bawa bekal air minum atau kopi agar dan cemilan agar saat memancing bisa lebih enjoy.

Lempar umpan kespot tersebut dan tunggu hingga umpan disambar ikan. Usahakan sabar menunggu dan jangan tergesa-gesa menarik umpan bila tidak disambar. Umpan kroto tidak gampang lepas seperti umpan pelet. Jadi tunggulah sampai ikan mulai mendekat dan menyambar.

Bila disekitar situ banyak terdapat ikan sepat bisa dipastikan tidak membutuhkan waktu lama umpan akan disambar. Ikan sepat biasanya akan langsung menyambar dan menelan umpan. Jadi saat pelampung bergerak dan tertarik kedalam air segera hentakan joran agar kail menacap di bibir ikan.





0 Response to "Umpan Jitu Ikan Sepat Paling Galak"

Post a Comment