Tips Dan Cara Memancing Belut Paling Ampuh Di Sawah Sungai


Tips Dan Cara Memancing Belut Paling Ampuh Di Sawah Sungai - Belut mempunyai bentuk yang mirip dengan ular. Hal itu yang membuat sebagian orang enggan untuk menyantap belut.  Permukaannya yang licin membuat belut sulit ditangkap dengan tangan kosong. Tapi jangan salah meski bentuknya menyeramkan belut punya banyak kandungan gizi yang penting buat tubuh.

Menurut mimin belut juga jenis ikan air tawar yang mempunyai rasa paling enak dan gurih. Namun sangat disayangkan harga perkilonya cukup tinggi. Harga perkilonya bisa mencapai 30 - 50 ribu rupiah. Tapi tenang kali ini mimin akan berbagi tips dan cara memancing belut.

cara memancing belut

A. Habitat Belut

Sebelum mulai memancing belut paatinya kalian harus tahu karaktetistik dan tempat hidup belut itu sendiri. Belut sangat menyukai daerah yang berlumpur seperti sawah, rawa maupun sungai. Belut akan membuat lubang dipinggiran perairan sebagai tempat persembunyian mereka.

Mereka akan keluar dari lubang untuk mencari makan. Belut hanya akan keluar lubang pada malam hari sedangkan siang hari belut akan bersembunyi di dalam lubang. Belut dengan ukuran kecil sampai sedang biasanya banyak ditemukan di area persawahan. Sedangkan belut ukuran besar biasanya mencari tempat yang lebih luas seperti saluran irigasi atau parit. Pada saat berkembangbiak belut akan mencari tempat yang lebih dangkal.

B. Peralatan Yang Harus Dipersiapkan

1. Benang / Senar

Memancing belut sangatlah berbeda dengan memancing jenis ikan pada umumnya. Memancing belut tidak memerlukan reel maupun joran cukup bermodalkan senar atau benang serta kail yang pas. Meskipun terlihat sangat sederhana namun sensasi mancing belut perlu kalian coba.

Memancing belut tak kalah menegangkan dengan strike ikan lainnya. Bahkan bisa mimin katakan lebih menguji adrenalin kita. Dengan hanya bermodal senar dan kail secara langsung saat strike terjadi kita akan langsung menariknya manual. Disitulah andrenalin kita akan lebih terpacu. Rasa deg deggan serta was was dengan apa hasil tangkapan.

Untuk pemiihan senar gunakan senar ukuran sedang lalu lilit 2 benang menjadi satu. Namun perlu diingat belut mempunyai gigi yang cukup tajam untuk mematahkan benang dengan mudah. Bila ingin lebih kuat kalian bisa menambahkan kawat neklin pada ujun lilitan.


2. Kail

Pemilihan kail yang tepat memang harus dilakukan. Fungsi kail memang sangatlah penting kail akan langsung bersentuhan dengan belut saat strike. Kail harus berbahan dasar stainless steel selain itu kail juga harus punya ketajaman yang bagus. Ukuran kail bisa menggunakan nomor 4 - 7 tergantung belut target kalian.

3. Umpan Jitu Mancing Belut

a. Anakan Katak(percil)

Belut merupakan jenis ikan pemakan daging atau karnivora namun sangat mimin rekomendasikan anakan katak atau percil sebagai umpan. Umpan ini tergolong sangat jitu, penggunaannya cukup kaitkan percil ke kail lalu masukan kedalam lubang belut.

b. Cacing Tanah

Cacing juga umpan yang tidak kalah jitu dengan percil. Untuk mencari cacing tanah juga tidaklah sulit, cacing tanah banyak ditemukan di tanah yang gembur seperti di sekitar pohon pisang atau dibawah pohon yang tumbang. Jenis cacing tanah yang ampuh yaitu cacing merah. Umpan cacing ini juga umpan yang wajib mimin bawa ketika memancing belut.

c. Keong Sawah

Baunya yang amis akan sangat menggoda belut untuk memakannya. Keong sawah banyak ditemukan di area persawahan maupun di sungai. Pecahkan cangkang keong lalu potong keong seukuran kail kalian lalu kaitkan keong kekail. Umpan ini bisa dijadikan alternatif saat kalian kehabisan umpan.

d. Telur

Jangan salah meskipun terlihat aneh umpan menggunakan telur juga tak kalah ampuh dengan ketiga umpan lainnya. Cukup sediakan satu butir telur ayam atau bebek (bila ada telur busuk). Masukan telur kedalam wadah atau botol lalu kaitkan kapas pada kail secukupnya kemudian celupkan kail yang sudah dililiti kapas kedalam telur tadi. Umpanpun siap digunakan untuk mendapatkan strike belut.


C. Cara Memancing Dan Mencari Keberadaan Belut


Tips Memilih dan Mencari Lubang Belut

  • Lubang belut biasanya terdapat dipinggiran perairan namun ada juga yang berada ditengah sawah. 
  • Lubang belut berbentuk bulat dan curam kedalam dan permukaan atas sedikit becek dan berlumpur.
  • Lubang belut yang masih dihuni berbentuk rata dan terlihat bersih. 
  • Belut terkadang sering muncul dan masuk kedalam lubang.

Tips Dan Cara Memancing Belut

1. Siapkan peralatan seperti alat pancing yang sudah dirakit, sarung tangan, tang kecil.
2. Carilah lubang dengan kondisi sekitar lubang masih rapi dan sedikit becek serta tidak ada kandungan pasir.
3. Belut biasanya membuat lubang disekitar tanaman air seperti padi,  kangkung atau tumbuhan air lainnya.
4. Perlu diingat jangan sampai salah memilih lubang. Lubang belut tidak berbeda jauh dengan lubang ular. Bedanya lubang belut lebih bersih dan rapi sedangkan lubang ular biasanya terdapat genangan air.
5. Jika sudah menemukan lubang belut, bersihkan area sekitar lubang agar mempermudah saat memancing.
6. Pasang umpan pada mata kail lalu masukan umpan dan senar dengan cara diplintir.
7. Usahakan umpan dibuat gerakan alami seolah olah umpan bergerak naik turun serta diputar-putar.
8. Setelah umpan disambar tahan dan tarik senar agar tidak terbawa masuk. Usahakan senar tidak kendor agar belut tidak punya celah untuk meloloskan diri.
9. Tarik perlahan senar sampai keatas, bila belut sudah terlihat pegang belut dengan bantuan tang dan sarung tangan.

Selamat mencoba sensasi strike yang berbeda. Salam satu hobi. Mantaaap. 





Related Posts:

0 Response to "Tips Dan Cara Memancing Belut Paling Ampuh Di Sawah Sungai"

Post a Comment