Umpan Dan Teknik Mancing Ikan Kakap Putih / Barramundi


Umpan Dan Teknik Mancing Ikan Kakap Putih / Barramundi - Lautan Indonesia memang sangat kaya dan melimpah terutama untuk jenis ikan yang hidup didalamnya. Banyak sekali jenis ikan yang hidup disana, dari yang ukurannya sangat kecil sampai ukurannya lebih dari 5 meter. Itulah alasan kenapa para pemancing memilih lautan sebagai spot yang sangat potensial. Dan kali ini mimin akan bahas tentang ikan barramundi.

Ikan Kakap putih mempunyai sebutan yang berbeda-beda seperti ikan cukil/cabikan/barramundi. Ikan barramundi termasuk kedalam keluarga kakap. Barramundi atau sering dibilang kakap putih punya ukuran lebih besar dari jenis kakap merah. Ukurannya yang lumayan besar serta perlawanannya yang mantap saat kail sudah menancap dimulut ikan. Hal inilah alasan ikan barramundi sebagai target pemancing.


Habitat ikan Barramundi/Kakap Putih

Ikan barramundi lebih menyukai perairan pantai untuk mencari makan. Saat bertelur ikan barramundi akan mendatangi pantai dan membesarkan anaknya disana karena dipantai banyak terdapat nutrisi. Ikan barramundi akan mendatangi pinggiran pantai yang ditumbuhi bakau, muara sungai atau area tambak bandeng.

Di area pertambakan ikan barramundi dianggap hama karena akan merusak bibit ikan bandeng. Ikan kakap putih atau barramundi sangat rakus saat makan. Maka dari itu petani ikan sangat waspada akan keberadaan ini.

Macam-macam Umpan Jitu Ikan barramundi

Umpan berupa udang rasanya memang sudah menjadi keharusan atau menu wajib saat memancing ikan barramundi.

Jenis-Jenis Udang Umpan Memancing Ikan Barramundi/Kakap Putih :

1. Udang Putih



Udang putih hidup di sungai-sungai atau air tawar, umpan satu ini tergolong sangat efektif untuk mendaratkan ikan barramundi. Kalian bisa membelinya di pasar-pasar atau penjual khusus di daerah anda.

Namun udang yang satu ini sudah sangat jarang sekali ditemukan. Mungkin memang habitatnya yang sudah mulai tercemar.



2. Udang Vaname atau Udang Tambak



Udang vaname hidup didaerah muara, hutan bakau dan air payau. Udang vaname yang masih segar juga bisa dijadikan umpan alternatif untuk mancing ikan barramundi. Untuk mendapatkan udang vaname pun tidak susah, banyak dijual dipasar-pasar tradisional.

3. Udang Air Payau



Udang biasa atau udang air payau juga sering dijadikan umpan untuk mancing ikan barramundi. Kelebihan udang ini lebih kuat dan tahan lama di dalam air laut maupun air payau. Udang ini juga sering dipakai untuk mancing berbagai jenis ikan laut lainnya seperti ikan kerapu, ikan kue dan jenis lainnya.

Namun pada saat udang ini sekarat atau akan mati warna tubuhnya akan berubab kecoklatan. Berbeda saat udang ini masih segar akan berwarna putih bening. Sebaiknya pakai udang yang masih segar agar pemangsa lebih tertarik menyambar.

Dari ketiga jenis udang diatas udang putih yang paling favorit bagi pemancing untuk mendaratkan ikan barramundi. Udang putih juga sangat ampuh untuk memancing ikan laut lainnya. Namun kita harus merogoh kantong lebih dalam untuk mendapatkan udang ini. Maklum harga udang putih dipasaran cukup mahal.

Bicara soal umpan ikan barramundi pasti tidak akan jauh dengan udang. Udang hidup memang sangat jitu untuk mendaratkan ikan barramundi. Namun sebenarnya masih ada umpan jitu selain udang. Tahukan anda? ikan keting atau ikan lundu termasuk umpan yang tergolong jitu. Hal ini sudah dibuktikan oleh warga sekitaran pantai anyer.

Pemancing pantai anyer biasa menggunakan ikan keting atau lundu sebagai umpan. Dan hasilnya ternyata tidak mengecewakan. Ikan barramundi ukuran babon bisa didaratkan.

Sebenarnya umpan ikan barramundi sangat bervariasi, namun umpan alami lebih populer dan jitu untuk mancing ikan ini. Sebenarnya umpan buatan juga ampuh loh.! . Selain udang dan ikan lundu masih banyak sekali umpan hidup yang juga ampuh.

Berikut ini jenis jenis umpan ikan hidup untuk memancing ikan barramundi :
  • Udang putih besar dan segar
  • Ikan keting/lundu
  • Ikan betok
  • Anakan ikan bandeng
  • Anakan ikan belanak
  • Cumi-cumi kecil

Itulah beberapa umpan yang menurut saya jitu. Untuk mendapatkannyapun saya rasa tidak susah. Di pasar-pasar atau di toko ikan banyak yang menjualnya. Pada musim bertelur ikan barramundi umpan akan cepat sekali habis jadi sebaiknya sediakan umpan lebih banyak dari biasa.






Related Posts:

0 Response to "Umpan Dan Teknik Mancing Ikan Kakap Putih / Barramundi"

Post a Comment