Tips Dan Umpan Mancing Black Bass/Kakap Hitam


Tips Dan Umpan Mancing Black Bass/Kakap Hitam - Ikan Black Bass atau ikan kakap hitam dan sebagian masyarakat indonesia menyebutnya Ikan Bale Raja (bahasa bugis) serta Ikan Tembiring di berberapa daerah lainnya. Black bass termasuk ikan yang sangat diincar oleh para angler karena sensasi fight yang sangat mantap. Namun black bass sangat sulit didapat, baik karena spot ataupun teknik mancingnya.

Ikan black bass termasuk kedalam jenis manggrove jack. Karena habitat Black bass memang di hutan manggrove namun meskipun disuatu daerah terdapat hutan manggrove yang luas belum tentu ada black bass didalamnya terutama saat cuaca ekstrim. Black bass juga sulit ditemui pada daerah yang punya curah hujan tinggi, black bass sangat sensitif terhadap perubahan cuaca.

Chintya Tengens Kastanya ( @chintyatengens )

Black bass termasuk jenis ikan yang sangat lambat dalam hal berkembang biak. Ikan ini hanya berkembang sekitar satu kilogram saja selama setahun. Terlebih lagi banyak sekali permintaan akan ikan ini. Para petani juga belum banyak yang mengembangbiakannya. Hal ini menyebabkan ikan kakap hitam atau black bass semakin langka. Untuk itu mimin sangat menyarankan bila angler semua dapat black bass ukuran kecil sebaiknya release kembali agar populasinya tetap terjaga.

Waktu Yang Tepat Memancing Ikan Black Bass atau Kakap Hitam

Memang benar habitat black bass di daerah hutan bakau atau manggrove atau perairan payau namun belum tentu didaerah tersebut terdapat black bass. Yang perlu kalian perhatikan saat akan mancing ikan black bass adalah :

1. Anak sungai atau sungai yang jarang dipancing(biasanya terdapat didalam hutan). 2. Pilih daerah yang curah hujannya relatif normal.
2. Ikan ini tidak menyukai kondisi air yang jernih seperti air laut dan tidak juga keruh seperti air tawar.
3. Black bass paling suka perairan dengan percampuran air laut dan air sungai sehingga berwarna kecokelatan namun jernih.
4. Sebaiknya pastikan 2 atau 3 hari sebelum memancing didaerah tersebut tidak ada hujan.
5. Selain itu usahakan tidak memancing pada saat air pasang tinggi atau terlalu surut. Karena hal tersebut bisa mempengaruhi kondisi dan warna air.



Tips Dan Trik Saat Memancing Ikan Black Bass/Kakap Hitam, antar lain:

1. Untuk memancing black bass ada beberapa teknik yang bisa di aplikasikan. Sebelum memancing kalian terlebih dahulu harus merencanakan teknik yang akan digunakan. Ketiga teknik tersebut adalah merawai, ngoncer dan slow trolling. Dari ketiga teknik teknik tersebut teknik slow trolling yang mimin anggap paling efektif.
2. Black bass merupakan predator yang hanya menunggu mangsa bukan mencari mangsa (sama seperti ikan kerapu).
3. Umpan paling jitu untuk memancing black bass adalah anakan ikan atau udang putih besar. Selain itu kalian juga bisa mengggunakan umpan tiruan atau lures.

Itulah tips dan cara memancing ikan kakap hitan atau black bass. Semoga bisa menambah prngetahuan angler semua. 





Related Posts:

0 Response to "Tips Dan Umpan Mancing Black Bass/Kakap Hitam"

Post a Comment