Umpan Mancing Ikan Mujair Paling Galak Di Rawa dan Danau


Umpan Mancing Ikan Mujair Paling Galak Di Rawa , Danau dan Tambak - Ikan Mujair merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang hidup di rawa, sungai, danau dan juga muara. Namun tak jarang juga ikan mujair banyak ditemukan di tambak-tambak sekitar pantai. Di indonesia ikan mujair menyebar hampir diseluruh daerah. Namun sebenarnya ikan mujair bukanlah ikan asli Indonesia tetapi berasal dari benua Afrika. Ikan Mujair ditemukan pertama kali di Indonesia oleh bapak mujair. Dan alasan itulah ikan tersebut diberinama ikan mujair.

Ikan ini sangat mirip dengan ikan betok bedanya ikan mujair mempunyai corak abu-abu kehitaman. Dengan duri yang ada dipunggung yang berfungsi sebagai pertahanan diri. Ikan mujair dewasa hanya akan tumbuh hingga 5 - 10 jari saja. Ikan ini mempunyai pertumbuhan yang relatif cepat. Ikan mujair akan mulai berkembangbiak pada umur 3 bulan dan akan berkembangbiak kembali 1 1/2 bulan kedepan.

Setiap bertelur induk ikan mujair betina akan bertelur dan mengerami hingga puluhan telur dalam mulutnya. Maka dari itu tak aneh lagi bila populasi ikan mujair dalam suatu kolam akan meningkat sangat pesat pada bulan ketiga saja. Ditambah lagi ikan mujair termasuk ikan yang mudah beradaptasi. Ok kembali lagi ke topik utama tentang tips dan umpan memancing ikan mujair. Kali ini mimin akan bagikan tips memancing ikan mujair di rawa,  waduk maupun bendungan.

mancing ikan mujair rawa dan danau

Sebelum memancing Ikan Mujair sebaiknya persiapkan dahulu piranti yang pendukung seperti :

1. Joran

Untuk memancing ikan mujair sebaiknya menggunakan joran tegek saja. Tidak perlu reel dan joran lipat, penggunaan reel malah akan merepotkan kalian. Tegek disini bisa kalian sesuaikan panjangnya dengan spot yang kalian tuju. Semakin sulit dan luas spot berarti kalian juga memerlukan joran yang lebih panjang. Namun saran mimin sebaiknya cukup gunakan joran ukuran 3 sampai 5 meter. Pilih joran yang tingkat kelenturan dan kekuatannya bagus agar tidak terjadi gagal strike atau putus joran saat strike babon.

2. Senar atau Kenur

Dalam pemilihan senar juga tidak kalah penting. Fungsinya sebagai penahan beban saat terjadi strike mengharuskan senar punya kekuatan yang cukup agar tidak putus.  Tapi perlu diingat jangan menggunakan senar yang terlalu tebal, meskipun tebal berarti punya tingkat kekuatan yang lebih namun malah akan menyulitkan kalian karena senar terlalu kaku. Untuk pengunaan senar kalian bisa menggunakan ukuran 0.50 mm/40 lbs dengan kekuatan 2 kg.

3. Pelampung

Pelampung merupakan piranti yang berfungsi sebagai indikator apabila umpan dimakan. Sebelum memilih pelampung kalian harus tahu terlebih dahulu sifat ikan target. Salah dalam penggunaan pelampung akan sangat mempengaruhi hasil pancingan kalian. Misalnya ikan muajir/nila, cara makan ikan ini tergolong pelan dan hati-hati. Ikan muajir/nila tidak akan menyambar umapan namun hanya memakan dan menariknya sangat pelan. Jadi pelampung yang tepat untuk ikan nila ialah pelampung yang mempunyai tingkat sensifitas tinggi. Pelampung tersebut biasanya ringan dan berbentuk memanjang. Untuk pemansangan pelampung saya rasa kalian semua juga sudah tahu bukan. Pasang pelampung diatas kail dan pemberat dengan jarak kira-kira 50 cm atau bisa menyesuaikan kedalaman danau atau rawa.

4. Kail

Kail merupakan piranti yang bersentuhan langsung dengan ikan target. Pemilihan kail juga harus tepat dan jangan salah pilih. Unkuran yang pas untuk memancing ikan mujair atau nila bisa memakai ukuran 3, 4 atau 5. Minin rasa ukuran tersebut cukup untuk memancing mujair anakan sampai babon.

5. Umpan

Inilah bagian terpenting saat memancing yakni umpan. Umpan merupakan kunci kesuksesan saat memancing, salah memilih umpan tentunya akan fatal akibatnya alias ZONK. Sebenarnya banyak sekali umpan yang bisa kalian pakai untuk mancing ikan mujair seperti ,cacing, udang, laron, ulat serta lumut. Ok kita bahas satu persatu umpan tersebut.

a.  Cacing
Umpan satu ini juga termasuk ampuh untuk memancing ikan nila/mujair. Jenis cacing yang bagus yaitu cacing kristal,  cacing susu,  cacing kalung dan cacing merah. Dari beberapa jenis cacing cacing merahlah yang paling jitu  untuk memancing ikan mujair. Pilih cacing ukuran kecil sampai sedang. Satu ekor cacing bisa digunakan untuk satu atau dua mata kail tergantung ukuran cacing tersebut.

b. Udang
Ikan mujair juga sangat menyukai udang, terutama udang-udang kecil. Buang kepala dan kulit udang  lalu ambil dagingnya saja lalu kaitkan kekail. Plus jangan lupa pakai udang yang masih segar atau masih hidup.

c. Laron
Hampir semua jenis ikan air tawar terutama di rawa dan sungai menyukai laron tak terkecuali ikan mujair. Laron memang terkenal sebagai umpan jitu buat memancing ikan mujair. Namun laron jarang ditemukan, hanya musim-musim tertentu laron akan muncul seperti musim penghujan.

d. Ulat
Ulat disini bukanlah ulat daun ataupun ulat kayu yang besar. Ulat yang bisa kalian pakai seperti ulat beras atau ulat buah yang bentuknya cenderung lebig kecil. Cara pakainya cukup kaitkan satu ulat untuk satu mata kail.

e. Lumut
Inilah umpan yang menurut mimin paling jitu diantara umpan yang lain. Di alam liar ikan mujair biasa mencari lumut sebagai makanannya.

f. Sebagai Tambahan Umpan Racikan
Bahan-bahan :

  • 1/4 kg tepung ketan rose brand
  • 1/2 bks tepung jagung maizena
  • 1 sdm vanili bubuk
  • Lumut sawah secukupnya.


cara meracik:
Masukan semua bahan menjadi satu, aduk hingga rata lalu kukus +/- 5 menit. Saat mengkukus usahakan jangan terlalu lama agar lumut tidak hancur.



Tips Memancing Ikan Mujair Menggunakan Umpan Lumut di Alam Liar

1. Pertama tama pastinya kalian harus menyiapkan joran untuk memancing. Sebaiknya gunakan joran tegek dengan panjang yang kalian inginkan atau sesuaikan dengan spot tujuan. Sebaiknya gunakan 2 joran atau lebih agar hasilnya lebih maksimal.

2. Tambahkan senar, pelampung, stopper, pemberat serta kail. Cara pemasangannya : Ikat senar ke joran lalu pasang stopper paling atas diikuti pelapung lalu pasang pemberat. Ikan pemberat agar tidak bergerak naik turun, bisa juga menahannya dengan stopper. Kemudian pasang kail diujung senar.

3. Siapkan umpan lumut, kalian bisa mencarinya disawah atau beli penjual unpan. Siapkan wadah untuk lumut, kalian bisa menggunakan ember kecil. Tambahkan sedikit garam dapur lalu aduk hingga rata, garam berfungsi agar lumut tidak mudah pudar saat dimasukan kedalam air. Tapi perlu diingat jangan terlalu banyak menambahkan garam alhasil lumut akan cepat membusuk.


4. Tambahkan vanili agar aroma lumut wangi, ikan mujair sangat menyukai aroma seperti tersebut.

5. Saat akan menentukan spot mancing, pilih perairan yang banyak ditumbuhi enceng gondok dan airnya tenang serta kondisi air tidak terlalu bening dan tidak terlalu keruh juga. Ikan mujair sangat menyukai tempat seperti itu.

6. Buat pemancing pemula pasti bingung bagaimana cara memasang lumut agar menempel dikail. Dulu mimin juga berpikir seperti itu, namun sebenarnya mudah kok. Cukup pegang bagian atas kail lalu putar putar kail kedalam wadah berisi umpan lumut.

7. Taruh kail berisi umpan kedalam rawa atau sungai secara perlahan dan jangan sampai dilempar karena lumut bisa pudar.

8. Tunggu sampai pelampung bergerak turun lalu hentakan joran secara perlahan. Perlu kalian ketahui saat menggunakan umpan berupa lumut ikan mujair tidak akan menarik dan membawa umpan hingga kedalam. Karena tekstuk lumut yang lembut dan mudah pudar saat terkena sentuhan. Jadi segera hentakan joran saat pelampung bergerak turun, terlambat sedikit pastinya ikan akan kabur menjauh.

Memancing ikan mujair menggunakan lumut memang hasil tangkapannya jauh lebih banyak dibandingkan umpan yang lain. Namun kalian juga harus lebih bersabar untuk saat menggunakan umpan ini.


Tips Memancing Ikan Mujair Menggunakan Umpan Udang Kecil :

1. Tentunya paling utama kita siapkan joran tegek terlebih dahulu beserta piranti yang lain seperti senar, pelampung, pemberat serta kail.

2. Untuk mata kail sebaiknya gunakan ukuran kecil, caranya kaitkan kail keudang dibagian ekor agar udang bisa tetap hidup.

3. Untuk mencari lokasi sama seperti penjelasan diatas. Setelah menemukan lokasi yang tepat lempar umpan kespot tersebut, berbeda dengan umpan lumut yang gampang pudar.

4. Biasanya umpan udang lebih agresif dibandingkan umpan lumut, Namun terkadang hasilnya malah lebih sedikit.

5. Umpan berupa udang akan lebih awet saat disambar ikan. Karena bentuk mulut ikab mujair kecil, ikan mujair akan makan umpan secara perlahan. Saat pelampung bergerak-gerak namun tidak dibawa dan turun kedalam sebaiknya diamkan terlebih dahulu. Tunggu hingga benar-benar agresif memakan umpan, jika pelampung dibawa turun segera hentakan joran agar kail menancap di mulut ikan.

Biasanya ikan mujair atau nila air payau lebih mudah dipancing dengan umpan udang sedangkan umpan berupa lumut lebih cocok digunakan di rawa, danau, sungai atau perairan tawar lainnya.


Tips Memancing Lobang/Ikan Mujair Babon(besar)

1. Istilah lobang disebut karena ikan mujair dewasa selalu berada didalam lobang atau sarang. Sarang tersebut berfungsi sebagai tempat memijah atau perkawinan. Ikan mujair jantan akan selalu membersihkan sarang dari kotoran sehingga lama kelamaan sarang tersebut membentuk sebuah lobang.

2. Terlebih dahulu kalian cari lobang-lobang tersebut, biasanya ikan mujair membuat sarang atau lobang di tepian yang ditimbuhi tanaman air.

3. Sebaiknya gunakan joran tegek tanpa reel, pelampung ukuran sedang serta pemberat. Untuk mata kail bisa dirangkai 2 atau 3 mata kail.

4. Bisa juga anda menggunakan mata kail berbentuk jangkar seperti untuk memancing ikan baronang. Mata kail seperti ini tidak memerlukan umpan, rangkai mata kail sebanyak 4 rangkaian dengan jarak kira-kira 20 cm. Pertama-tama setel pelampung dengan kedalam air lalu tenggelamkan perlahan dan geser kekanan dan kekiri, ikan mujair akan merasa terusik dengan keberadaan kail dan berusaha menyingkirkan kail sehingga pelampung akan bergerak. Disinilah kecerdikan pemancing untuk segera menghentakan joran.

5. Bila kalian memakai kail rangkaian bisa menggunakan umpan berupa lumut maupun udang. Untuk caranya sudah mimin bahas diatas.

Itulah beberapa tips memancing ikan mujair. Mimin rasa sudah cukup lengkap dan jelas, semoga bisa menambah kesiapan saat akan memancing ikan mujair atau nila.





0 Response to "Umpan Mancing Ikan Mujair Paling Galak Di Rawa dan Danau"

Post a Comment