Cara Membuat Jump Frog/Tiruan Kodok Dari Kayu


Cara Membuat Jump Frog/Tiruan Kodok Dari Kayu - Sebenarnya banyak sekali pilihan umpan untuk memancing ikan gabus mulai dari umpan alami yang bermacam-macam dan juga umpan tiruan/lure yang juga bervariasi jenisnya. Maka dari itu kalian wajib pintar-puntar memilih umpan agar hasilnya tidak mengecewakan. Salah satu umpan yang sudah terkenal jitu adalah jump frog. Sesuai dengan namanya jump frog adalah kodok loncat bila diterjemahkan ke bahasa indonesia. Jump Frog merupakan umpan tiruan/buatan yang bentuknya menyerupai kodok dan terlihat seperti meloncat-loncat saat digunakan.

Jump Frog pertama di gunakan oleh pemancing asal thailand namun sekarang sudah menyebar ke penjuru dunia. Jump Frog sudah banyak diperjual belikan di toko-toko alat pancing. Namun harganya lumayan mahal buat pemancing seperti mimin. Dan alangkah baiknya kita membuat sendiri umpan Jump Frog agar bisa lebih hemat. Heeeee. Lumayan bugetnya bisa buat beli rokok ma kopi. wkwkw.

Bentuknya yang unik serta rumit, seakan terlihat susah untuk membuatnya. Namun sebenarnya gampang kokk. Dengan alat seadanya pun kalian bisa membuat jump frog sendiri dirumah. Baiklah langsung saja kita simak cara membuat Jump Frog. Sebelum mulai membuat Jump Frog siapkan dahulu bahan serta alat-alat pendukungnya:

cara membuat jump frog/froggy

Bahan-Bahan Serta Alat Untuk Membuat Umpan Tiruan Jump Frog :

Alat-alat :

  1. Gunting
  2. Cutter/Pisau
  3. Gergaji
  4. 2 Buah Tang
  5. Amplas kasar dan halus
  6. Kertas
  7. Spidol
  8. Lem Korea/Lem Super. 


Bahan-bahan :

  1. Kayu
  2. Kawat
  3. Timah Kecil (untuk pemberat) 
  4. Cat.


Cara membuat Jump Frog :


1. Langkah pertama buatlah seketsa dari bentuk jump frog menggunakan spidol dan kertas. Kita harus membuat desain yang simetris dan usahakan antara bagian kanan dan kiri seimbang. Simetris tidaknya jump frog akan sangat berpengaruh agar bisa mengapung dan melompat-lompat dan bukan guling-guling.

2. Gunting kertas seketsa tadi lalu lalu tempelkan dan buat pola tersebut di atas kayu (Namun bila kalian sudah mahir menggambar sketsa, kalian bisa langsung menggambarnya di kayu tanpa bantuan kertas).

3. Setelah itu bentuk dengan cutter/pisau mengikuti sketsa tadi. Proses ini harus dikerjakan secara hati-hati agar hasilnya bisa maksimal.

4. Setelah kayu terbentuk amplas menggunakan amplas kasar sampai rapi kemudian haluskan menggunakan amplas halus.

5. Belah jump frog setengah jadi menjadi 2 bagian. Belah tepat ditengah bahan menggunkan gergaji.

6. Sayat bagian tengah bahan untuk menempatkan kawat dan pemberat.

7. Pasangkan kawat serta pemberat ditempat yang tadi kalian sayat menggunakan tang.

8. Satukan kembali bagian tersebut menggunakan lem super (bila celah-celah kawat masih renggang kalian bisa menambahkan serbuk kayu sampai tertutup rapat.

9. Diamkan jump frog beberapa saat sampai benar-benar kering. Bila ada sisa lem kalian bisa amplas menggunakan amplas halus.


10. Sebelum mulai pengecatan periksa kembali bahan agar benar benar halus. Bila kurang halus kalian bisa mengamplas lagi sampai dirasa cukup.

11. Gunakan cat dasar berwarna putih sampai merata, kemudian jemur bahan sampai cat kering (saat proses pengecatan usahakan tidak ada angin kencang agar tidak ada debu yang menempel/bisa dilakukan didalam ruangan).


12. Setelah kering kalian bisa mulai finishing menggunakan cat warna yang kalian inginkan. Jemur kembali bahan hingga benar-benar kering.

13. Selesai. Jump Frog sudah bisa kalian gunakan, kalian bisa menambahkan hiasan agar lebih mirip dengan kodok aslinya. Umpan jenis ini sangat cocok untuk casting ikan gabus atau ikan toman.

Semoga artikel diatas bisa bermanfaat. Salam Casting Mania.






0 Response to "Cara Membuat Jump Frog/Tiruan Kodok Dari Kayu"

Post a Comment