Merawat Senar Pancing Agar Tidak Keriting/Kusut


Merawat Senar Pancing Agar Tidak Keriting/Kusut -  Selama memancing pasti kalian punya pengalaman tak menyenangkan dengan piranti mancing kalian. Misalnya senar kriting, senar putus, kail patah, reel berat/keras dan masih banyak lainnya. Pengalaman seperti itu tentu sangat tidak mengenakan bukan?? Maka dari itu kalian wajib cek piranti mancing sebelum mulai memancing, apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Agar pengalaman yang tidak mengenakan itu tidak terulang sebaiknya rawat piranti mancing kalian agar bisa lebih awet lagi.

Kali ini mimin akan coba share cara merawat senar agar tidak kusut/kriting. Untuk piranti lain akan mimin  share di lain waktu. Dengan kita merawat senar tentunya kita tidak perlu membeli senar baru dan tentu saja akan lebih menghemat pengeluaran juga. Sebenarnya tidak susah untuk merawat senar agar tidak kusut/kriting, cukup dengan merebus senar menggunakan air teh masalah senar kusut dijamin beres.


Berikut ini Tips dan Cara Merawat Senar Pancing Dengan Cara Merebus Di Air Teh :

1. Langkah pertama rebus air secukupnya dengan menggunakan panci.

2. Tunggu beberapa saat hingga air mendidih kemudian masukan satu bungkus teh tubruk sambil tetap direbus di dalam panci.

3. Aduk teh sampai airnya berubah warna.

4. Matikan kompor lalu tuangkan air teh kedalam baskom yang cukup besar sambil disaring agar daun teh terpisah.

5. Segera masukan senar/kenur sewaktu air masih panas. Tapi perlu diingat saat merendam hanya senar/kenurnya saja JANGAN bersama spol atau reel.

6. Rendam senar/kenur sampai air menjadi hangat dan jangan sampai terlalu dingin.

7. Setelah senar/kenur direndam, senar akan menjadi lemas, mudah tenggelam namun tetap kuat

8. Segera gulung senar/kenur menggunakan spool saat kondisi air masih hangat, sehingga senar bisa lebih lurus dan tidak kusut.

9. Terakhir kalian bisa menggulung senar/kenur kedalam reel. Dan senarpun sudah bisa digunakan, tentunya seperti awal saat baru membeli senar.

* jangan merendam senar/kenur menggunakan botol, spool atau benda lainnya karena akan mencetak senar melingkar mengikuti botol. Namun perlu diingat warna senar akan berubah menjadi seperti warna air teh. 





Agar senar bisa lebih awet setelah memancing sebaiknya langsung dibersihkan, berikut Tips Merawat Senar Agar Lebih Awet :

1. Siapkan kain bersih dan shampo

2. Buka pengunci reel lalu ulurkan senar/kenur (tidak usah semua, cukup sepanjang yang tadi kita pakai).

3. Gulung kembali senar/kenur dengan satu tangan memegang kain bersih yang telah diolesi shampo sambil memegang senar/kenur yang sedang digulung.

4. Saat menggulung senar sambil memeriksa apakah senar dalam kondisi bagus atau ada cacat, jika senar dalam kondisi cacat sebaiknya potong agar tidak putus saat strike.

5. Setelah bersih anda bisa membuka spool dan menyimpannya di tempat yang aman.

Mungkin itu saja tips yang bisa mimin bagikan. Semoga bisa bermanfaat.






Related Posts:

0 Response to "Merawat Senar Pancing Agar Tidak Keriting/Kusut"

Post a Comment