Umpan Pengumpul Ikan Mas Jitu Dan Ampuh


Umpan Pengumpul Ikan Mas Jitu Dan Ampuh - Memancing Ikan Mas memang terkenal sulit sulit gampang. Selain umpan yang jitu faktor hoki juga ikut berperan dalam hasil tangkapan. Ikan mas memang tergolong ikan yang susah dan sulit dipancing. Namun kalian tidak boleh langsung mencap faktor utama kegagalannya adalan umpan. Terkadang umpan kita sudah bagus namun ikan mas tetap tak kunjung datang menyambar umpan. Sebaiknya teliti lagi faktor apa yang masih kurang atau perlu kalian perbaiki.

Misalnya jam makan ikan, kalian juga harus tahu jam makan ikan mas. Percuma kalian memakai umpan jitu terbaik namun memancing diwaktu yang tidak pas, hasilnya pasti akan boncos/gagal strike. Sebagai contoh kita mancing di kolam harian, kalian harus datang awal saat lomba dimulai misalnya jam 8 pagi. Sebelum disiram atau ikan mas lomba diturunkan kalian bisa memancing ikan sisa lomba kemarin, dan jam awal seperti ini saat yang paling pas untuk memancing ikan sisa kemarin setelah semalaman tidak makan. Setelah disiram ikan mas akan makan hingga sekitar jam 12. Setelah jam 12 biasanya ikan mas sudah mabok alias tidak mau makan lagi. Ikan mas baru akan makan kembali pada sore hari antara jam 4-5 sore.


Sebenarnya ada hal yang tak kalah penting selain harus mengetahui jam makan ikan yakni bagaimana caranya mengumpulkan ikan mas agar ada dilapak kita. Ada celotehan dari para pemancing "sebenarnya gampang mendapatkan ikan mas namun susah untuk mendatangkan ikan mas ke lapak kita". Para pemancing biasanya menggunakan halco serta biang susu, namun perlu diingat saat menggunakan halco tidak boleh berlebihan karena nanti ikan akan berkumpul dilapak kita namun tidak mau makan umpan. Kecuali umpan kita lebih amis atau lebih tajam baunya dari pada halco. Selain halco kalian juga bisa menggunakan biang susu untuk mengumpulkan umpan. Cara pemakaiannya juga sama tidak boleh berlebihan.

Selain halco dan biang susu, ada satu lagi ramuan pengumpul ikan mas yang lebih manjur dan juga lebih ramah lingkungan.

Berikut ini bahan-bahan umpan pengumpul ikan mas :

Bahan-bahan :

  1. 1 ons kroto
  2. 4-5 sdm tepung ketan (atau bisa disesuaikan dengan banyaknya kroto)
  3. Essen seafood/vanila/daun pandan(pilih salah satu)


Cara Membuatnya :

Pertama tama rendam kroto dengan air panas lalu tiriskan. Siapkan wadah lalu masukan kroto kemudian tepung ketan, aduk perlahan hingga kroto terlapisi tepung semua. Jika ada gumpalan tepung, ayak dengan saringan kecil sampai gumpalan terpisah. Kemudian beri (4-5 tetes essen seafood atau 1 bungkus vanili atau 2 cm halco atau 1 helai daun pandan) aduk hingga merata. Lalu siapkan daun pisang (kalau tidak ada bisa menggunakan plastik kiloan). Masukan adonan kedalam daun pisang lalu gulung kemudian kukus adonan (saat mengukus jangan terlalu lama, mengukus dimaksudkan agar kroto lengket dengan tepung). Setelah dirasa cukup angkat adonan dan dinginkan. Umpan pengumpul ikanpun siap digunakan.

Berikut ini Cara Penggunaan Umpan Pengumpul Ikan Mas :

1. Ambil segenggam umpan pengumpul lalu bom atau lempar ke lapak anda, usahakan anda melempar hanya ke satu titik saja.

2. Usahakan jangan melempar Bom terlalu jauh yang nantinya malah akan merepotkan anda saat memancing.

3. Setelah itu anda siap mulai memancing sambil menunggu ikan mas mendekat ke lapak kita.

4. Kalian bisa kembali menebar umpan pengumpul atau bom setelah kalian menarik ikan. Atau setelah dirasa ikan dilapak kalian sudah sedikit.

5. Perlu kalian ketahui ikan mas suka berkumpul saat makan jadi penebaran umpan bom ini sangat diperlukan.

6. Bila ikan belum juga ada atau berkumpul sebaiknya jangan buru-buru berpindah lapak karena kita tidak tahu kapan ikan akan mendekat dan berkumpul dilapak kita.

7. Sebenarnya umpan pengumpul ini juga bisa dijadikan umpan untuk memancing ikan mas. Jadi bila kalian kehabisan umpan bisa menggunakan umpan pengumpul ini.

8. Pada siang hari biasanya ikan mas cenderung susah makan atau mabok. Hal ini disebabkan karena umpan sudah banyak bertebaran didasar kolam dan ikan mas akan naik ke permukaan.

Untuk mensiasati ikan mas yang sulit makan dan ikan terlihat di permukaan air, kalian bisa melirik tips dibawah ini :



Tips Mengatasi Ikan Mas Susah Makan/Mabuk Umpan :

1. Lahkah pertama siapkan Garam dapur secukupnya serta Glitter. Mungkin kalian masih bingung apa itu Glitter?? Glitter adalah bahan untuk pembuatan sablon yang warnanya mengkilap bila terkena cahaya.

2. Glitter berfungsi sebagai penarik perhatian ikan mas karena warnanya yang mengkilap. Saat ikan mas sudah mulai malas makan karena sudah banyak umpan bertebaran didasar kolam, ikan mas akan naik kepermukaan air. Disilah fungsi glitter diperlukan.

"Kan Ikan Mas sudah malas makan, emang masih bisa dipancing?? "

3. Perlu kalian ketahui saat ikan mas mencari makan dia tidak hanya menggunakan indra penciumannya saja namun dengan indra penglihatan juga. Artinya saat ikan mas sudah ogah makan inilah trik kalian untuk memancing ikan dengan indra penglihatannya yakni menggunakan glitter untuk mengelabui indra penglihatannya.

4. Ok langsung saja berikut cara pakainya : campurkan garam dengan air secukupnya lalu aduk hingga merata.

5. Lemparkan larutan garam ke spot atau lapak kalian lalu taburkan glitter kekail kemudian lemparkan umpan tepat disekitar larutan garam tadi.

6. Sebaiknya gunakan pelampung ukuran yang lebih besar agar umpan tidak tenggelam kedasar kolam. Disaat seperti ini usahakan umpan berada dekat dengan permukaan air.

Berikut tips membuat umpan pengumpul ikan mas dan cara mengatasi ikan mas yang susah makan. Selamat mencoba dan semoga keberuntungan ada dipihak kalian. Salam Joran Melengkung.






3 Responses to "Umpan Pengumpul Ikan Mas Jitu Dan Ampuh"

  1. umpan nyimas untuk mlm hari yg gacor apa ea..mohon bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini gan bisa dicoba buat malam hari http://www.reelmancing.com/2018/02/umpan-mancing-ikan-mas-galatama-malam.html?m=1

      Delete
    2. Kalau buat harian malam hari pake ini :
      1 kg kroto
      2 butir telur ayam
      Tepung ketan
      500 gram tepung ketan
      Daun pandan
      Air panas secukupnya
      5 tetes Essen aroma tenggiri

      *kukus umpan biar aroma daun pandan menyatu.
      *saat akan digunakan baru campur essen(ga pake essen juga gpp)
      *intinya saat malam bau umpan harus lebih tajam (wangi atau amis)

      Delete