Umpan Mancing Malam Hari Di Sungai Dan Rawa


Umpan Mancing Malam Hari Di Sungai Dan Rawa - Buat para pemancing tidak ada batasan waktu saat memancing, baik itu pagi hari, siang hari maupun malam hari sekalipun. Memancing tetap bisa dilakukan tanpa perlu takut boncos. Selera makan ikan sangat dipengaruhi temperatur air, dimana ikan akan lebih ganas saat kondisi air lebih hangat.

Terus . . Apa malam hari Ikan Mau makan??

Tentu saja mau. Bahkan saat petang datang ikan-ikan predator besar penghuni sungai atau rawa lebih aktif dalam mencari makan. Seperti ikan Patin, ikan lele, ikan bawal, ikan gabus, ikan sidat dan masih banyak lainnya. Selain itu memancing di malam hari punya suasana yang tenang dan sepi tanpa harus mengeluh kepanasan akibat sengatan matahari pada siang hari.

Lalu apa sih umpan mancing malam hari di sungai, rawa maupun danau ??

Sabar kawan nanti mimin bahas secara tuntas untuk kalian.

Memang target utama memancing di sungai pada malam hari adalah ikan predator. Oleh karena itu perlu disiapkan piranti/peralatan yang mendukung. Perlatan tersebut harus lebih dalam kondisi baik seperti reel, joran, kenur, kail serta pelampung. Karena ikan target babon gunakanlah kenur PE yang kuat serta kail yang lebih besar. Satu lagi yang tidak penting yaitu star light (agar pelampung bisa terlihat dengan jelas).


Tidak hanya itu, Agar acara memancing bisa lebih nyaman sebaiknya gunakan jaket tebal (agar tidak menggigil karena suhu dingin), celana panjang, kalau perlu pakai sepatu. penerangan yang cukup (seperti lampu emergency bila perlu). Jangan lupa juga bawa bekal dan juga kopi hitam agar lebih santai saat menunggu umpan disambar.

Banyak pertanyaan yang mencuat dari para pemancing tentang memancing di malam hari ?.?.!.?

1. Apa ikan bisa melihat umpan di malah hari .??

Sebenarnya pertanyaan seperti ini cuma celotehan dan becandaan saja. Namun tidak ada salahnya kalo kita jelaskan saja agar lebih detil. Biarpun kondisi malam hari yang gelap gulita tanpa penerangan sedikitpun ikan masih akan bisa melihat dengan jelas. Itu anugrah yang diberikan tuhan untuk ikan. Selain itu ikan juga mengandalkan indra penciumannya untuk mencari makan.

2. Terus kenapa pabrik pembuat umpan tiruan membuat umpan yang menyala .?.?

Menyala disini bukan berarti agar ikan bisa melihat dengan jalas. Namun umpan yang terlihat menyala di dalam air akan lebih menarik ikan untuk mendekati umpan, terutama ikan yang cukup jauh dari umpan.

3. Apa bisa menggunakan umpan tiruan di malam hari ?

Tentu bisa, baik umpan buatan berupa minnow, jig maupun popper. Seperti yang mimin jelaskan diatas bahwa kegelapan tidak mempengaruhi penglihatan ikan. Selain penciuman dan penglihatan, ikan juga mengandalkan indra pendegaran untuk memburu mangsanya.

4. Lalu bagaimana dengan umpan hidup atau livebait? 

Umpan yang bagus untuk memancing di malam hari adalah umpan yang berbau amis. Udang, Ati ayam, Ikan-ikan kecil, jangkrik, cacing tanah dan lain lain. Bau amis yang dikeluarkan umpan akan merangsang indra penciuman ikan untuk mendekati dan menyambar umpan.


Selain umpan diatas kalian juga bisa menggunakan umpan racikan seperti umpan berbahan dasar pelet. Bicara soal umpan berbau amis pasti kalian tidak lupa dengan umpan yang khas dengan baunya yaitu umpan kucur.

Umpan kucur adalah umpan racikan yang dibuat dengan beberapa bahan lalu dipendam di dalam tanah beberapa hari. Umpan kucur sudah sangat dikenal ampuh untuk memancing malam hari. Umpan ini biasa dipakai untuk memancing ikan baung. Tapi tidak menutup kemungkinan ampuh juga untuk jenis ikan lainnya karena baunya yang khas itu.


Umpan kucur biasanya dibuat dari bahan seperti usus ayam mentah, lemak kambing atau sapi dan kuning telur bebek. Setelah bahan terkumpul campur semua bahan kemuadoan aduk jadi satu lalu masukan adonan kedalam toples. Tutup rapat toples kemudian pendam selama 3 hari. 

Dari bahan-bahannya saja sudah terlihat baunya amisnya seperti apa. Ditambah lagi proses fermentasi dalam tanah yang akan menambah bau dari adonan tadi. Buat kalian yang tidak kuat dengan baunya sebaiknya jagan menggunakan umpan yang satu ini, karena akan membuat kepala kalian pusing. Namun dari sisi lain umpan kucur sangatlah ampuh untuk memancing ikan predator di malam hari.

Sebagai tambahan agar pelampung anda tetap terlihat di malam hari sebaiknya gunakan star light. Sehingg pelampung bisa terlihat jelas saat umpan disambar.






0 Response to "Umpan Mancing Malam Hari Di Sungai Dan Rawa"

Post a Comment