5 Cara Membuat Essen Alami Untuk Semua Ikan


5 Cara Membuat Essen Alami Untuk Semua Ikan - Bagi penghobi mancing memancing, kegiatan memancing memang sangat mengasikan. Seperti mimin yang mulai hobi memancing sekitar 7 tahun yang lalu. Meski hanya memancing di perairan tawar seperti sungai, danau, rawa, muara maupun kolam pemancingan.

Dan belum kesampaian memancing di laut lepas.

Pengin sih . ? ! ?

Tapi ga punya modal buat kesana. heeee.  Selain itu ga punya piranti memancing yang memadai buat memancing di laut. Semoga aja bisa kesampaian mencoba strike predator air asin itu.

Ngenes yah  ! ! ! hahaaa

Namun inti dari memancing sebenarnya bukan itu kawan. Memancing adalah kesenangan, aktifitas yang dilalukan untuk menyalurkan hobi dan menghilangkan penat setelah menjalankan rutinitas sehari hari. Hanya memancing di air tawar juga sudah seneng kok.


Terlebih lagi STRIKE ikan air tawar juga tidak kalah kok dengan air asin. Yang penting mah mancing, mau dimana tempatnya yang penting bisa strike juga sudah puas. Sebenarnya sih mimin juga sering banget boncos alias tidak ada hasil / strike sama sekali.

Namun bagi mimin hanya datang ke spot tertentu dan melihat air juga sudah happy kok. Selain itu kita juga bisa dapat banyak teman dan saudara satu hobi di sana. Salam Boncos. hehehe.

Malah curhat jadinya . . .

Maaf hanya mencurahkan sedikit unek unek di kepala. Heheee.

Ya sudah lah kita kembali lagi ke topik utama.

Waduh . . ? ! ? * / ?

Tadi topiknya apa ya ? ?. Lagi ngebahas apa Ya?  Sory sob jadi lupa. Kebanyakan curhat sih.

Oh iy . . Kayaknya Cara Membuat Essen Alami untuk memancing ikan air tawar kan?

Baikalah langsung saja menuju KTP. Ehh TKP. maaf kalau mimin hari ini sedikit lebay dan alay, lagi banyak pikiran kawan.

Sekilas Tentang Essen

Sebelum mulai cara membuat essen sebaiknya kalian harus tahu terlebih dahulu apa itu dan fungsi essen itu sendiri.

Eseen adalah pelengkap umpan untuk memancing agar ikan lebih tergiur untuk menyambar umpan kalian. Dan semua essen mempunyai bau dan aroma lebih menyengat dari pada umpan. Ya karena fungsinya agar ikan mau melirik umpan kalian jadi harus lebih menyengat baunya kan.

Kalian pasti sudah tahu semua jenis ikan lebih dominan menggunakan indra penciumannya saat mencari makan. Selain itu mereka juga menggunakan indra penglihatan juga.

Essen bisa digunakan untuk memancing semua jenis ikan, terutama ikan air tawar. Sebenarnya sudah banyak sekali penjual essen di luaran sana baik secara online maupun di toko toko pakan ikan.




Namun tidak ada salahnya kita membuat sendiri essen tersebut dan tentunya dari bahan alami yang lebih murah dan ramah lingkungan. Tapi untuk masalah ampuh tidaknya tidak perlu diragukan lagi sob. Essen alami bisa dibilang lebih ampuh dari pada essen pabrikan.

Essen alami mempunyai bau atau aroma yang pas dan tidak terlalu menyengat. Tidak seperti essen pabrikan yang baunya sangat menyengat. Memang bagus sih namun bila terlalu banyak mencampurkan essen pabrikan ke umpan dampaknya bakal fatal kawan. Bau umpan terlalu menyengat justru akan membuat ikan ikan akan kabur ketakutan.

Liat setan kali makanya kabur. hahaha. kocak

Itulah kelebihan Essen Alami di bandingkan essen pabrikan. Bau essen alami lebih bersahabat. Dan Essen Alami bisa dipakai untuk memancing semua jenis ikan misalnya essen untuk Ikan Mas, Ikan Lele,  Ikan Patin,  Ikan Bawal,  Ikan Tawes, Ikan Hampala, Ikan Wader, Ikan Mujair, Ikan Nila, Ikan Belanak, Ikan Nilem dan masih banyak jenis ikan kainnya.

Berikut ini Bahan - bahan Alami yang bisa dijadikan untuk pembuatan Essen :

1. Buah - Buahan



Seperti yang kalian tahu banyak sekali jenis essen pabrikan dengan berbagai macam aroma buah. seperti essen aroma buah naga, essen aroma buah durian, essen aroma sawo, eseen nangka, essen strawbery, essen jambu, essen mangga dan lain lain namun bila kalian mencari essen dengan rasa buah tertentu kalian bisa membuatnya sendiri.

Cara Membuat Essen Aroma buah - buahan :

1. Untuk membuatnyapun sangat gampang. Kalian tinggal mengambil sari buahnya saja dengan cara menghaluskan buah tertentu lalu diperas dengan bantuan saringan dan ambil sari buahnya saja.

2. Setelah itu campurkan sari buah tadi kedalam umpan racikan kalian.

3. Aduk adonan umpan sampai essen tercampur merata.

4. Umpan aroam essen buah siap digunakan.

2. Daun Pandan



Daun pandan merupakan daun yang mempunyai bau yang sangat wangi. Oleh karena itu daun pandan sangat cocok digunakan untuk pembuatan essen. Buat kalain yang sudah sering memancing ikan mas pasti sudah tidak asing lagi dengan daun pandan.

Daun pandan sering digunakan sebagai campuran untuk pembuatan umpan memancing ikan mas seperti umpan putih yang sangat terkenal itu. Dan diketahui cukup ampun untuk menaklukan ikan mas.

Cara Membuat Essen Aroma Daun Pandan :

1. Ambil beberapa lembar daun pandan, cuci dan bersihkan agar tidak ada kotoran yang menempel.

2. Tumbuk daun pandan sampai keluar airnya.

3. Campurkan Tumbukan tadi ke umpan racikan kalian lalu aduk hingga merata.

3. Umpan siap digunakan.

3. Daun Walang Sangit / Walang Geni


Untuk tanaman yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Daun walang sangit mempunyai bau yang khas dan biasanya daun walang sangit digunakan untuk memancing ikan nila. Daun ini biasa digunakan sebagai campuran lumut.

Bila kalian hendak memancing ikan nila babon sebaiknya campurkan daun walang sangit kedalam umpan kalian. Untuk lebih jelasnya tentang daun walang sangit bisa lihat disini.

Cara Membuat Essen Daun Walang Sangit/Walang Geni :

1. Siapkan beberapa lembar daun walang sangit.

2. Bersihkan daun walang sangit dengan menggunakan air.

3. Remas-remas daun walang sangit sampai keluar airnya.

4. Tambahkan air remasan kedalam umpan seperti lumut.

5. Essen siap digunakan.

4. Minuman Instant


Minuman instant dengan rasa buah mempunyai aroma yang kuat sehingga bisa digunakan sebagai Essen. Sebaiknya hindari minuman instant yang mengandung soda. Essen jenis ini sering digunakan untuk memancing ikan belanak.

Cara Membuat Essen Minuman Instant :

1. Siapkan minuman instant aroma buah yang kuat. Seperti rasa durian, nanas dan sirsak.

2. Campurkan secukupnya minuman instant kedalam umpan.

3. Aduk adonan hingga merata dan umpan siap digunakan.

5. Garam


Kaget ya ?

Ko Garam ? ? ! ?

Iy sob garam juga bisa digunakan sebagai campuran umpan loh. Meski rasanya asin namun bila garam dicampurkan dengan lumut bisa mengeluarkan bau wangi. Garam sering dipakai sebagai campuran lumut untuk memancing ikan nila/mujair.

Bila ingin lebih ampuh kalian bisa menkombinasikan dengan daun walang sangit dan vanili. Untuk lebih jelasnya dalam menyiapkan umpan lumut silakan baca ini sob.

Cara Membuat Essen dengan Garam :

1. Siapakan Garam Dapur secukupnya.

2. Lalu campurakan kedalam umpan lumut dan aduk.

3. Setelah dicampuri garam, tekstur lumut akan lebih halus dan berbau menyengat.

Sekian Tips dan Cara Membuat Essen dengan bahan alami. Semoga bermanfaat. Salam Joran Melengkung. Mantaaaap.






Related Posts:

4 Responses to "5 Cara Membuat Essen Alami Untuk Semua Ikan"

  1. Lumut pake garam mati tuh,saya dah coba...trus kalo walang sangit bukannya dgan cra di suling untk mendapatkn essen walang

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang bener gan, lumut campur garam jadi cepet busuk/mati tapi campuran garam cukup ampuh untuk ikan nila. Selain itu fungsi garam juga membuat tekstur lumut lebih halus. Untuk itu jangan langsung mencampur semua lumut. Cukup 1/2 atau 1/3 dulu, setelah habis baru buat campuran garam lagi.

      Trus untuk membuat essen walang sangit tidak harus disuling juga gan. cukup diremas+air atau diblender dengan menambahkan air secukupnya lalu saring air remasan tadi

      Delete
  2. Heheheh.. klw di ikutin pasti malah "boncos... koz miminya bilang sering boncos kga dpt ikan... salam boncos min... ckckkckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. boncos itu pilihan bro.. ckckcck 😅

      Delete