Teknik Dan Umpan Mancing Di Pinggir Laut


Teknik Dan Umpan Mancing Di Pinggir Laut / Pantai - Laut merupakan tempat dimana berbagai macam jenis ikan hidup didalamnya. Ada ribuan jenis ikan bahkan lebih yang hidup disana. Mulai dari ikan dengan ukuran sangat kecil hingga ratusan kilogram. Karena itu banyak pemancing yang memilih laut sebagai spot yang sangat potensial. Untuk menaklukan predator tersebut dibutuhkan teknik dan umpan mancing yang  cocok digunakan dipinggir laut.

Spot laut lepas atau di tengah lautlah biasanya menjadi spot favorit. Hal itu dikarenakan ikan-ikan predator banyak yang bermukim di sana. Banyaknya karang karang yang menjadi rumah ikan-ikan kecil. Dan secara tidak langsung ikan predator juga mencari mangsa di spot seperti itu.

Sebenarnya tidak hanya di tengah laut saja, di pinggiran lautpun banyak dijumapai ikan ikan bahkan predator sekalipun. Seperti ikan surung/kuro, luthok, barramundi, gatho, pari, GT/giant travely dan masih banyak lainnya. Memancing di pinggir laut, dermaga, tebing, pantai atau biasanya disebut mancing pasiran.


Umpan untuk mancing pasiran bisa menggunakan umpan hidup maupun umpan buatan/lure. Di bawah ini beberapa umpan yang bisa kalian gunakan untuk memancing pasiran baik siang maupun malam hari .

Umpan Alami/Hidup untuk Mancing Pasiran :

1. Udang

Udang merupakan santapan favorit predator air asin. Terutama ikan ikan yang berada di pinggiran laut. Umpan udang yang dipakai sebaiknya ukuran sedang sehingga kalian tidak perlu repot memotong bagian udang. Udang yang masih hidup dan utuh akan lebih menarik ikan untuk menyambarnya.

2. Cumi-Cumi

Cumi-cumi juga tidak kalah ampuh dengan udang, baunya yang amis akan menggoda ikan predator untuk menyambarnya. Sebaiknya potong cumi-cumi menjadi beberapa bagian agar ikan predator bisa dengan mudah menyambar. Umpan berupa cumi-cumi paling efektif digunakan pada siang hari. Disaat ikan ikan sedang mencari makan.

3. Ikan Ikan Kecil

Di habitatnya predator air asin sangat menyukai ikan ikan yang ukurannya lebih kecil. Namun jika sulit mendapatkan ikan kecil kalian bisa membelinya di pasar ikan. Potong ikan sesuai kebutuhan dan ukuran kail. Lempar umpan ke spot tujuan dan tunggu sampai umpan disambar.

Sebaiknya gunakan umpan alami yang masih segar sehingga bau amis yang keluar lebih menggoda sang predator. 

Umpan Buatan/Lure untuk Mancing Pasiran :

1. Popper

Popper merupakan umpan tiruan/lure yang terbuat dari fiber maupun kayu. Bentuk popper seperi mangkuk dibagian depan yang berfungsi untuk menahan air sehingga pada saat reel digulung menyemprotkan air dan menghasilkan bunyi dan akan menarik ikan predator untuk menyambar.

Umpan popper sangat cocok digunakan untuk memancing dengan teknik popping atau casting. Selain itu ada juga umpan yang bisa digunakan untuk teknik popping yaitu umpan pencil atau stick bait.

2. Metal Jig

Metal jig terbuat dari bahan berupa timah maupun besi dengan bentuk mirip ikan serta warna dan berat yang berbeda beda. Berdasarkan titik berat metal jig dibagi menjadi 3 yaitu Jig Head, Center Weighted Jig, Tail Weighted Jig. Untuk metal jig dengan berat dibawah 40 gram disebut Mikro Jig.

Lure Metal Jig bisa digunakan untuk memancing dengan teknik Vertikal jig, Cast Jig, Mikro jigging atau Slow Pitch jigging. Target utama teknik ini berupa ikan ikan karang.

3. Minnow

Minnow merupakan umpan buatan yang terbuat dari plastik agar mengambang di permukaan air. Bentuk dan coraknya dibuat sangat mirip dengan ikan asli sehingga ikan target akan lebih mudah tertipu. Minnow juga dibedakan beberapa jenis yaitu Sinking, Floating, Swallow. Umpan minnow digunakan untuk memancing dengan teknik Casting dan bisa dipakai untuk memancing di air asin, air tawar dan air payau.

4. Spoon

Spoon merupakan umpan yang bentuknya mirip sendok dan terbuat dari logam. Spoon dibuat dengan warna yang cerah dan mencolok serta lebih cenderung menggunakan warna chrom. Saat meluncur di permukaan air spoon akan memantulkan warna tersebut sehingga mudah terlihat oleh ikan target.


5. Vibration / Swim bait

Umpan jenis ini terbuat dari bahan logam maupun tumah, umpan ini digunakan untuk memancing di pertengahan air jadi seperti menyelam. Uniknya vinbration bisa menghasilkan getaran seperti ikan yang berenang di dalam air.

6.Soft Lure

Soft lure adalah umpan tiruan yang terbuat dari karet serta diberi aroma amis. Aroma amis ikan yang dihasilkan akan membuat ikam target mendekat.

7. Flies

Files merupakan umaon yang terbuat dari bahan bulu, Bentuknya mirip dengan serangga. Umpan ini cocok digunakan unyuk memancing trknik fly fishing.

8. Konahead

Umpan ini terbuat dari bahan plastik dan bentuknya menyerupai cumi-cumi dengan rumbai sebagai ekornya. Target umpan ini yaitu ikan Tuna, sedangkan telnik yang cocok yaitu teknik trolling.






0 Response to "Teknik Dan Umpan Mancing Di Pinggir Laut"

Post a Comment