Umpan Mancing Di Sungai Air Keruh Ampuh


Umpan Mancing Di Sungai Air Keruh Ampuh - Untuk membuat umpan memancing di sungai air keruh sebenarnya tidak susah. Yang terpenting, kalian perlu memilih umpan mancing di sungai yang jitu untuk ikan target. 

Memancing di sungai memang sangat mengasikan dan tak kalah menantang di bandingkan memancing di laut. Di sungai juga banyak varian ikan yang bisa dijadikan target memancing, seperti ikan gabus, ikan patin, ikan lele, ikan tawes dan masih banyak ikan predator lainnya.

Saat kalian memutuskan memancing di sungai ada beberapa faktor yang harus diperhitungkan. Misalnya kedalaman perairan, besar kecilnya arus sungai, cuaca (mendung, panas, gerimis atau saat hujan turun), dan juga tingkat kekeruhan air (tingkat kekeruhan akan mempengaruhi kadar oksigen pada suatu periran).

Umumnya spot favorit di sungai yaitu sungai yang berarus deras ataupun tenang. Dari beberapa faktor tersebut tentu umpan yang digunakanpun berbeda pula. Misalnya pada saat kondisi air jernih ikan dapat melihat dengan jelas umpan yang kalian lempar.


Namun akan sangat berbeda jika kondisi air keruh bahkan cenderung gelap seperti setelah hujan lebat atau setelah banjir.

Cara Memancing Di Sungai Air Keruh

Seperti yang mimin jelaskan di atas berbeda kondisi beda juga umpannya. Seperti pepatah bada tempat beda juga rasanya. Secara logika saat kondisi air keruh ikan tidak akan mudah melihat unpan kalian karena pandangannya terhalang.

Biasanya ikan akan lebih mengandalkan indra penciuman dari pada indra penglihatannya. Untuk itu langkah awal dalam menyiapkan umpan untuk memancing di air keruh kalian harus membuat umpan yang berbau tajam agar dengan mudah ikan mendeteksi umpan tersebut. Bau tajam bisa berupa bau wangi maupun bau amis.

Warna umpan juga berperan akan keberhasilan dalam memancing. Gunakan umpan yang memiliki warna yang berbeda dengan warna air. Sehingga ikan akan mudah melihat umpan kalian.
Ketika kondisi air keruh ikan akan lebih suka bermain di pinggiran sungai atau di permukaan air.
1. Racikan Umpan Wangi Memancing Di Sungai Air Keruh

Bahan-bahan :
  • 1 butir Telur Ayam rebus
  • Kroto secukupnya
  • 1 helai Daun Pandan
  • 1 buah Jagung Manis (sudah dikukus)
  • 1/2 bungkus Susu Dancow
  • Air panas secukupnya.

Cara Membuat :

Siapkan wadah plastik lalu masukan telur rebus(ambil kuningnya saja), jagung manis (yang sudah dikukus), susu dancow bubuk. Tumbuk dan aduk adonan sampai menyatu serta tambahkan air panas agar adonan kenyal. Setelah itu masukan adonan kedalam plastik kiloan beserta daun pandan lalu kukus hingga matang dan bau wangi tercium. Setelah matang angkat adonan dan diamkan sampai dingin kemudian campurkan kroto serta bentuk adonan bulat bulat kecil. Selesai umpan siap digunakan.


2. Racikan Umpan Amis Memancing Di Sungai Air Keruh

Bahan-bahan :
  • Ikan Pindang
  • Tepung Ikan
  • Pelet Babi
  • Keju
  • Kuning Telur rebus
  • Madu
  • Air panas secukupnya.

Cara Membuat :

Pertama-tama siapkan wadah plastik lalu masukan semua bahan (takaran bahan bisa kalian sesuaikan sendiri). Kemudian campur dan aduk adonan sampai merata. Bila adonan kurang kenyal bisa tambahkan air panas secukupnya. Bentuk adonan sesuai selera. Umpan siap digunakan.
Dibeberapa daerah di Sumatera dan kalimantan ada umpan yang berbau sangat tajam dan sudah terkenal keampuhannya untuk memancing di sungai. Umpan tersebut dikenal dengan sebutan umpan kucur. 
Selain umpan racikan kalian juga bisa menggunakan umpan alami yang tidak kalah ampuh dengan umpan kucur dan racikan yang lain. Karena pada dasarnya ikan air tawar suka dengan serangga dan hewan kecil lainnya.


Berikut ini beberapa umpan alami yang mimin rekomendasikan untuk memancing ikan air tawar saat kondisi air keruh.

1. Ulat Daun Pisang

Ulat daun pisang atau gendong cukup ampuh untuk memancing ikan sidat atau pelus. Warnanya yang putih akan terlihat jelas di perairan yang keruh, terlebih lagi disaat air sungai keruh ikan sidat/pelus keluar dari sarang untuk mencari makan.

2. Cacing 

Cacing memang umpan semua jenis ikan air tawar. Tak terkecuali ikan predator yang juga gemar menyantap cacing ini. Untuk jenis cacing yang ampuh bisa menggunakan cacing merah atau cacing unthel. Jadi tidak perlu diragukan lagi, cacing bisa menjadi umpan wajib saat akan memancing di sungai.

3. Usus Ayam

Baunya yang amis menjadikan usus menjadi umpan yang tak perlu diragukan lagi keampuhannya. Baunya yang amis akan menarik ikan untuk mendekat dan menyambar umpan. Jenis ikan yang didapat biasa jenis predator seperti ikan lele, ikan patin, ikan bawal ataupun ikan baung. Usus juga menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk membuat umpan kucur.

4. Tempe Busuk

Tempe busuk juga tidak kalah dengan umpan yang lainnya. Umpan tempe mempunyai bau yang khas yang akan menggoda ikan. Umpan ini lebih ampuh bila digunakan di sungai/rawa air keruh yang berarus tenang.

Sekian tips dan informasi seputar umpan untuk memancing di sungai air keruh. Semoga bermanfaat.






0 Response to "Umpan Mancing Di Sungai Air Keruh Ampuh"

Post a Comment