Umpan Mancing Ikan Air Tawar Paling Jitu


Umpan Mancing Ikan Air Tawar Paling Jitu - Umpan Merupakan faktor paling penting disaat kalian memutuskan pergi memancing. Ada bermacam-macam jenis ikan air tawar yang hidup di sungai, rawa, danau maupun waduk. Begitu pula umpan yang dipakaipun bermacam-macam juga. Maka dari itu kalian harus pintar pintar memilih jenis umpan yang pas untuk memancing ikan air tawar.

Setiap ikan air tawar memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda-beda. Mulai dari pemakan tumbuhan, serangga dan ikan-ikan kecil serta pemakan segala. Dalam memilih umpan kalian juga harus memperhitungkan spot/tempat memancing dan cuaca.

Selain umpan pemilihan piranti/peralatan memancing juga menjadi faktor penentu keberhasilan memancing. Namun kali mimin akan bahas tentang umpan memancing di air tawar. Kalian bisa menggunakan umpan alami maupun umpan racikan.


Umpan Memancing Ikan Air Tawar Paling Ampuh :

1. Lumut

Lumut merupakan umpan alami yang menjadi favorit buat beberapa jenis ikan. Lumut banyak ditemukan di sungai, sawah, rawa maupun danau yang merupakan habitat ikan. Adapun ikan target dengan menggunakan umpan lumut : Ikan Mujair, Ikan Nila, Ikan Wader, Ikan Betok, Ikan Sepat.

2. Kroto

Bentuknya kecil dan berwarna putih membuat ikan target berhasrat menyambar umpan ini. Memang kroto sudah terkenal sangat ampuh untuk memancing ikan air tawar. Tidak perlu repot-repot mencarinya, kalian bisa membeli kroto di toko toko pakan burung. Jenis ikan yang bisa dipancing menggunakan umpan kroto yaitu Ikan Sepat, Ikan Betok, Ikan Mas, Ikan Wader dan masih banyak lainnya.

3. Cacing Tanah

Tidak perlu dibahas terlalu dalam untuk umpan ini. Cacing merupakan umpan yang paling favorit untuk berbagai jenis ikan air tawar. Hampir semua jenis ikan air tawar menyukai umpan cacing. Untuk mendapatkannya juga tidak susah, kalian bisa mencarinya dipekarangan rumah atau bisa juga membeli di toko umpan pancing. Untuk ikan target menggunakan umpan cacing seperti Ikan Patin, Ikan Lele, Ikan Mujair, Ikan Nila, Ikan Betok, Ikan Wader, Ikan Gabus, Ikan Kething, Belut dan Ikan Sepat.

4. Jangkrik

Serangga satu ini juga tergolong ampuh untuk umpan memancing. Namun sebaiknya gunakan jangkrik yang masih muda agar lebih mudah dalam pemasangan ke kail, sehingga ikan target lebih mudah menyantapnya. Ikan target dengan umpan jangkrik adalah Ikan Gabus, Ikan Patin, Ikan Lele, Ikan Bawal.

5. Ulat Daun Pisang

Umpan satu ini juga bisa menjadi alternatif untuk memancing ikan air tawar. Ulat daun juga sangat mudah didapatkan. Kalian bisa mencarinya di pekarangan sekitar rumah. Ikan target dengan umpan ini seperti Ikan Lele, Ikan Patin, Ikan Gabus dan Ikan Bawal.

Selain umpan alami kalian juga bisa menggunakan umpan racikan sendiri. Dan tentunya tidak kalah ampuh dengan umpan alami.


Racikan Umpan Mancing Ikan Air Tawar

1. Racikan Umpan Amis

Bahan-bahan:

  • 10 ekor Udang
  • 1 bungkus Mie instant
  • 1/2 bungkus Susu Dancow putih
  • Keju secukupnya
  • 2 butir telur bebek (ambil putihnya saja)
  • Kinoy susu secukupnya.

Cara Membuat :

Masukan semua bahan kecuali kinoy susu kedalam blender. Lalu blender adonan sampai tercampur rata. Tuangkan adonan kedalam wadah, bila adonan kurang kenyal tambahkan kinoy susu secukupnya. Umpan siap digunakan.

facebook image

2. Racikan Umpan Berbahan Keju

Bahan-bahan :

  • Keju parut sesuai kebutuhan
  • 200 gram Kroto
  • 5 butir Telur Ayam
  • 1 bungkus Santan Kara
  • Essen tenggiri secukupnya.

Cara Membuat :

Masukan semua bahan kedalam wadah kecuali essen tenggiri. Aduk adonan sampai merata setelah itu masukan adonan kedalam plastik kiloan lalu kukus kuarang lebih 15 menit. Setelah matang dinginkan adonan kemudian campurkan essen tenggiri secukupnya.

Penting ! ! Saat menggunakan essen harus sesuai takaran. Usahakan tidak terlalu banyak agar bau umpan tidak terlalu menyengat yang justru akan membuat ikan target kabur. 


3. Racikan Umpan berbahan Jagung

Bahan-bahan :

  • Jagung Parut sesuai kebutuhan
  • Mentega
  • Essen nangka/durian
  • Telur bebek
  • Mie Instant.

Cara Membuat :

Masukan Jagung, mentega dan telur bebek lalu aduk sampau tercampur rata. Kemudian masukan adonan kedalam plastik kiloan lalu kukus sampai matang, tapi ingat jangan sampai gosong. Setelah matang dinginkan adonan kudian tambahkan essen secukupnya  lalu aduk hungga rata. Campurkan mie instant sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai adonan cukup kenyal. Umpan siap digunakan.

4. Racikan Umpan berbahan Ubi/Ketela rambat

Bahan-bahan :

  • Ketela rambat sesuai kebutuhan
  • Pelet Ikan secukupnya
  • Air panas secukupnya.

Cara Membuat :

Rebus terlebih dahulu ketela atau ubi, setelah matang kupas dan tambahkan pelet ikan. Aduk adonan sampai merata, bila adonan kurang encer atau kenyal tambahkan air panas secukupnya. Selesai dan umpan siap digunakan.

Umpan racikan tersebut bisa digunakan untuk memancing di alam liar maupun di kolam pemancingan. 

Itulan beberapa umpan yang perlu kalian coba saat akan memancing ikan air tawar. Semoga bermanfaat.





0 Response to "Umpan Mancing Ikan Air Tawar Paling Jitu"

Post a Comment