Umpan Mancing Ikan Gurame Ampuh Di Kolam Dan Sungai


Umpan Mancing Ikan Gurame Ampuh Di Kolam Dan Sungai - Sebelum mulai memancing ikan gurame, kalian harus tau umpan apa yang ampuh dan jitu untuk mancing ikan gurame. Selain itu kenali dulu karakteristik dan habitat ikan gurame. Ikan gurame biasanya sering ditemukan di sungai-sungai. Selain itu di kolam pemancingan juga banyak yang menyediakan ikan tersebut untuk lomba.

Karakteristik Ikan Gurame

Satu dari beberapa jenis ikan air tawar ini merupakan ikan yang cukup ganas dan agresif saat dipancing. Tak jarang ikan ini memutuskan tali pancing bahkan kail sekalipun. Ikan gurame merupakan ikan predator air tawar yang mirip dengan ikan bawal.

Ikan gurame mempunyai ciri khusus, yakni tubuhnya pipih dengan 2 buah sirip menyerupai cambuk dibagian dubur. Serta sirip dibagian punggung yang cukup keras dan berbahaya ketika terkena sirip ini. Sementara sirip dibagian dubur dan perutnya lebih lunak dan tidak berbahaya.


Cara Mancing dan Sifat Ikan Gurame yang perlu Kalian Ketahui :

1. Habitat ikan gurame berada di perairan yang sedikit keruh seperti rawa dengan kondisi yang teduh serta ditumbuhi tanaman air disekitarnya.

2. Ikan gurame termasuk hewan nokturnal yaitu lebih aktif mencari makan pada senja dan malam hari.

3. Ikan gurame sangat peka tergadap suara dan getaran, jadi saat memancing ikan gurame sebaiknya jangan berisik agar ikan tidak kabur.

4. Dalam mencari makan ikan gurame mempunyai daerah teritorial yang akan selalu menjaga wilayah kekuasaannya. Jika ada ikan lain yang mendekat mereka akan nengusirnya dan melukainya.

Ikan yang memiliki nama latin Osphronemus goramy ini memakan tanaman dan tumbuhan-tumbuhan air, namun tak jarang ikan gurame memangsa serangga kecil yang melintas didekatnya. Meski demikian ikan gurame juga menyukai umpan jenis pelet.

Umpan pelet memang bisa digunakan sebagai umpan untuk memancing hampir semua jenis ikan, terutama ikan air tawar. Hal itu dikarenakan pelet mempunyai bau yang menyengat sehingga menggoda ikan-ikan untuk menyambarnya.

Hebatnya umpan pelet bisa digunakan untuk memancing ikan gurame di kolam, tambak, sungai, waduk dan rawa. Pelet sangat ampuh digunakan disegala medan. Terlebih lagi dicampur bahan tertentu dan juga esense khusus. Untuk ampuh tidaknya kembali lagi ke sipembuat umpan. Berbeda racikan tentu beda pula keampuhannya.
Pilihlah spot/tempat yang teduh seperti di Sekitar pohon tumbang atau pohon yang melengkung ke sungai. 
Saat akan memancing ikan gurame tentu diperlukan umpan yang jitu agar ikan mau melirik umpan kalian. Terlebih lagi memancing dilakukan saat perlombaan dimana ikan dalam kondisi kenyang yang tentunya engga untuk makan umpan. Untuk itu diperlukan umpan khusus agar ikan gurame bisa tergoda untuk menyambar umpan.


Berikut ini beberapa Racikan Umpan Ikan Gurame yang Ampuh dan Jitu :

1. Racikan Umpan Ikan Gurame Ampuh pertama 

Bahan-bahan :

  • 1/2 bungkus Pelet
  • 1 butir Kuning Telur (sudah direbus) 
  • 2 sendok teh Madu
  • Air hangat secukupnya

Cara Membuat :

Campurkan semua bahan menjadi satu lalu aduk adonan sampai menyatu dan merata. Bentuk adonan bulat bulat atau sesuai keinginan. Umpan siap digunakan.

2. Racikan Umpan Ikan Gurame Ampuh Kedua

Bahan-bahan :

  • 1 buah Ubi jalar
  • 1/4 bungkus pelet
  • 2 butir kuning Telur (sudah direbus)
  • 2 sendok teh madu
  • Air panas secukupnya

Cara Membuat :

Sama seperti racikan umpan pertama yaitu campurkan semua bahan kemudian aduk dan uleni samapai merata. Bila adonan kurang kenyal tambahkan air panas secukupnya. Lalu bentuk adonan sesuai selera.


Selain umpan racikan diatas kalian juga bisa menggunkan umpan alami. Selain serangga, umpan berupa buah atau tumbuhan juga bisa jadi alternatif.

1. Capung

2. Orong-orong

3. Kecoa

4. Kroto

5. Belalang

6. Cacing

Gunakan 2-3 ekor cacing dalam satu kail dengan cara disangkutkan kekail dengan diberi jarak saat mengkaitkan cacing.

7. Jangkrik

Sangkutkan kail pada badan jangkrik sehingga jangkrik masih bisa bergerak gerak saat berada didalam air. Dan menarik ikan gutamr untuk menyambar.

8. Ulat pisang

Sangkutkan ulat pada bagian kepalanya saja agar ulat tetap menggantung dan bisa bergerak gerak.

9. Anggur hijau

10. Nangka

Gunakan nangka yang matang di iris kotak kecil lecil kaya dadu.

11. Batang singkong

Gunakan batang singkong muda yang dalamnya masih berwarna putih. Atau bisa hanya menggunkan putihnya saja.

Itulah beberapa umpan racikan serta umpan alami yang tidak kalah jitu dan ampuh. Semoga bisa bermanfaat.





0 Response to "Umpan Mancing Ikan Gurame Ampuh Di Kolam Dan Sungai"

Post a Comment