Umpan Mancing Ikan Tawes Di Sungai Ampuh


Umpan Mancing Ikan Tawes Di Sungai Ampuh - Ikan Tawes merupakan jenis ikan air tawar yang mempunyai rasa lezat dan gurih. Ikan ini merupakan ikan asli perairan indonesia yang tersebar dan banyak ditemukan di pulau jawa. Habitat ikan tawes berada di perairan yang bersih seperti sungai dan rawa-rawa.

Di alam liar ikan tawes bisa tumbuh mencapai panjang 50 cm dengan berat 2 kg. Ikan tawes merupakan herbivora yang memakan tumbuh-tumbuhan seperti fitoplankton dan beberapa jenia tumbuhan air lainnya. Selain itu ikan ini sering memakan lumut yang menempel di bebatuan di dasar sungai.


Umpan Mancing Ikan Tawes Alami Paling Ampuh dan Jitu di Sungai

Jenis ikan ini sangatlah peka dengan lingkungan, ikan tawes tidak akan bisa bertahan hidup jika habitatnya tercemar yang mengkibatkan kadar oksigen di suatu perairan rendah. Saat akan memancing ikan tawes juga sangat dipengaruhi kondisi air tersebut. Kondisi air yang berbeda tentunya memerlukan umpan yang berbeda pula.
Saat musim kemarau tiba sebaiknya gunakan umpan berupa pelet tenggiri atau pelet belut.
Barulah saat musim penghujan tiba gunakan umpan berupa lumut.
Pada dasarnya ikan tawes sangat menyukai umpan berupa lumut namun pada musim kemarau tiba umpan berupa lumut tidaklah efektif.

Berikut ini beberapa Umpan untuk memancing Ikan Tawes di rawa, sungai maupun danau. 

1. Lumut

Umpan berupa lumut memang sangat jitu untuk memancing berbagai jenis ikan air tawar, salah satunya ikan tawes ini. Sebelum digunakan campurkan lumut dengan vanili agar lebih wangi dan kuat. Gunakan kail ukuran kecil agar lebih mudah memasang lumut ke kail serta lumut tidak gampang buyar di arus air yang deras.

Seperti yang kalian tahu ikan tawes menyukai arus air yang deras. umpan lumut bisa digunakan di perairan seperti sungai, rawa, danau maupun waduk.

2. Daun Sawi Hijau

Karena ikan tawes hervora, daun sawi bisa dijadikan umpan yang ampuh juga. Umpan ini bisa dijadikan alternatif bila kalian susah mendapatkan lumut disekitar anda. Daun sawi juga tergolong jitu untuk memancing namun sebaiknya digunakan pada kondisi air yang keruh seperti habis hujan atau banjir.

Cara pemakaiannya sangat mudah, kalian tinggal potong kecil-kecil lalu kaitkan umpan ke kail. Sebaiknya tamabhkan pemberat agar umpan tidak terbawa arus.

3. Laron

Umpan alami yang satu ini tidak kalah jitu, laron merupakan umpan yang disukai beberapa jenis ikan seperti ikan lele, ikan mas, ikan betok, ikan nila, ikan wader maupun ikan tawes. Warnanya yang putih serta ukurannya yang pas akan lebih menggoda ikan untuk menyambarnya. Saat menggunakan laron umpan tidak akan mudah lepas terbawa arus yang deras.

Namun laron jarang kita temui, laron akan muncul bila pergantian musim tiba atau saat musim penghujan datang. Tapi kalian tetap bisa mencarinya disekitaran kebun atau pekarangan rumah. Sarang laron biasanay berupan gundukan kecil yang menggelembung seperti bukit.


4. Kroto

Tidak usah dipertanyakan lagi untuk keampuhan umpan ini. Kroto merupakan makanan favorit buat beberapa jenis ikan air tawar. Untuk mendapatkan umpan inipun sangat mudah selain mencarinya dipekarangan kroto banyak dijual di pasar burung atau toko umpan burung.
Sedangkan waktu mancing paling tepat adalah setelah banjir datang. Tepatnya 2 atau 3 hari setelah banjir datang. Pada saat banjir datang ikan tawes akan stres dan tentu ogan dan mogok makan. Dan setelah 2 / 3 hari kemudian ikan tawes akan merasa lapar dan pastinya agresif saat mencari makan. 
Cara Dan Tips Mancing Ikan Tawes Di Sungai



1. Siapkan peralatan/piranti mancing berupa Joran Tegek (panjangnya bisa menyesuaikan spot/lokasi). Untuk ukuran standar bisa menggunakan joran dengan panjang 3 meter.

2. Selain joran kalian juga wajib menggunakan kenur atau senar yang berbahan lentur.
Cara makan ikan tawes tergolong unik yakni dia akan menyedot umpan dan baru akan memakannya. Jadi bila senar/kenur kalian tidak lentur akan tidak efektif saat ikan menyedot umpan dan kail sulit menancap. 
3. Gunakan pelampung ukuran sedang namun harus yang sangat sensitif (bisa menggunakan pelampung untuk ikan mas harian).

4. Sedangkan kail bisa menggunakan ukuran kecil dan tidak kalah penting gunakan pemberat agar umpan tidak mudah terseret arus.

5. Gunakan rangkaian pancing tunggal.

6. Pasang umpan pada kail dengan posisi dibawah timah dan telah diberi pelampung.

7. Carilah spot yang potensial dan diperkirakan banyak ikan tawes.

8. Lempar umpan ke spot tersebut lalu tunggu hingga umpan disambar.

Itulah beberapa umpan tawes alami beserta cara mancing ikan tawes yang perlu kalian coba. Semoga bisa dijadikan rekomendasi ketika akan memancing ikan tawes. Semoga bermanfaat.






0 Response to "Umpan Mancing Ikan Tawes Di Sungai Ampuh"

Post a Comment