6 Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina


Cara Mudah Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina - Buat para pecinta ikan louhan tentu sudah tidak asing lagi dengan ikan louhan. Di tahun 2000-an ikan louhan sangatlah di cari para pecinta ikan hias. Di tahun itu harga ikan ini sangat fantastis dan memang banyak diburu. Namun seiring waktu berjalan popularitas ikan ini semakin meredup.

Namun buat pecinta ikan louhan tentu tidak peduli popularitas. Karakter yang beda dari ikan lainnya yakni jenong menjadikan ikan ini tetap di cari. Warnanya yang indah akan menyejukan mata pemiliknya. Selain itu ikan louhan cukup agresif saat diberi makan. Tapi tahukan anda cara membedakan ikan louhan jantan dan betina ??

play.google.com image

Bagi kalian yang ingin memelihara dan membeli ikan louhan, hal pertama yang kalian lakukan pasti menanyakan jenis kelaminnya bukan. Jangan sampai kalian tertipu para penjual atau oknum nakal dengan ikan louhan yang kalian beli.

Lalu bagaimana Cara membedakan jenis kelaminnya ?

Sebenarnya mudah kawan. Namun kalian harus lebih jeli agar tidak salah memilih ikan.

Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina Bagi Pemula

Cara paling mudah untuk membedakannya adalah dengan melihat ciri fisiknya. Namun untuk membandingkan ikan louhan anakan tidak semudak ketika sudah dewasa. Baikalah lagsung saja, apa saja sih perbedaannya ? ?

1. Jenong pada Ikan Louhan Jantan dan Betina



Nonong atau jenong merupakan hal paling dasar yang bisa kalian lihat. Pada umumnya jenong ikan louhan jantan lebih besar dari pada betina. Namun ikan louhan tersebut harus seunuran agar lebih mudah membandingkannya.

2. Dari Bentuk Tubuh Ikan Louhan


Yang kedua dengan cara melihat bentuk tubuh ikan louhan. Bila kalian memilih beberapa ikan louhan seumuran dalam satu akuarium pasti ada perpedaan dengan ukuran tubuhnya. Ikan louhan jantan meliliki ukuran yang lebih besar dibandingkan yang betina. Dengna catatan ikan tersebut sama-sama sehat/tidak sakit.

3. Bentuk Perut Ikan Louhan

Hampir semua jenis ikan bisa dibedakan dengan melihat bentuk perut ikan tersebut tak terkecuali ikan louhan. Bila ikan tersebut meiliki bentuk perut yang lebih ramping berarti ikan tersebut berjenis kelamin jantan, begitu sebaliknya ikan ikan louhan mempunyai perut yang besar dan gemuk berarti betina.

4. Membedakan dari Alat Kelamin
anekacaradaninfo.com image
Perbedaan ini mungkin yang paling efektif dibandingkan yang lain. Perbedaan antara jantan dan betina sangat terlihat jelas. Untuk membedakannyapun sangatlah mudah. Ikan louhan jantan mempunyai bentuk kelamin yang menonjol keluar dan lancip, sedangkan louhan betina mempunyai bentuk yang cekung dengan ujung bulat dan tidak meninjol.

5. Cairan yang keluar dari Organ Kelamin

Bila kalian masih belum yakin untuk membedakan louhan jantan dan betina kalian bisa menggunakan cara ini. Namun cara ini ditukukan untuk lohan dewasa Ya !!. Caranya pijit perut louhan (tapi tetap harus perlahan agar tidak menyikasanya).


Bila cairan yang keluar dari alat kelaminnya berwarna putih berarti louhan tersebut jantan, namun bila cairan yang keluar berwarna kuning atau orange maka berkelamin betina.

6. Membedakan dari Sifat Ikan Louhan

Ini cara terakhir dan tentu juga efektif kawan. Hanya dengan melihat sifat ikan tersebut kalian bisa menyimpulkan jantan atau betina. Ikan louhan jantan bersifat lebih agresif di banfingkan louhan betina.

Cukup mudah Kan ??

Bila semua langkah diatas sudah diterapkan pasti kalian bisa dengan mudah membedakannya. Pastikan anda sudah mengerti perbedaan diatas agar tidak salah saat memilih. Ok sampai disini saja kawan, sampai bertemu lagi di artikel mimin selanjutnya. 





0 Response to "6 Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina "

Post a Comment